IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN GPS BASED TRACKING UNTUK MENCARI RUMAH KONTRAKAN DAN KOS BERBASIS ANDROID KOTA PEKANBARU

Muhammad Afdal, Ifvo Deky Wirawan

Abstract


Kota Pekanbaru mengalami peningkatan dalam jumlah penduduk setiap tahunnya, dilihat dari data sensus penduduk yaitu pada tahun 2019 telah mencapai 954.373 jiwa. Data tersebut belum termasuk dari jumlah masyarakat pendatang yang hilir mudik mencari pekerjaan atau berada dalam masa pendidikan. Dikarenakan adanya mobilitas yang tinggi tersebut, maka keberadaan rumah kontrakan dan kos mampu memudahkan masyarakat pendatang yang membutuhkan tempat tinggal sementara. Hasil dari observasi dan wawancara kepada pemilik rumah kontrakan dan kos di kota Pekanbaru, bahwasannya rumah kontrakan dan kos memang diminati oleh masyarakat pendatang. Berdasarkan hasil dari kuisioner yang disebarkan kepada masyarakat pendatang di kota Pekanbaru melalui google form, sebanyak 46 tanggapan menyatakan bahwa 73,9% responden pernah mengalami kendala saat mencari rumah kontrakan dan kos. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dikembangkan aplikasi android yang memudahkan masyarakat mencari rumah kontrakan dengan memanfaatkan fitur augmented reality menggunakan GPS based tracking berdasarkan titik koordinat lokasi. Metode pengembangan yang digunakan yaitu rapid application development. Berdasarkan hasil uji black box yang dilakukan pada lima jenis smartphone, fitur-fitur yang dibuat berjalan 100%. Sedangkan hasil user acceptance test yang dilakukan oleh lima orang pendatang, menunjukkan tingkat penerimaan aplikasi yaitu 89,5%. Adapun kesimpulan dari hasil pengujian blackbox testing dan user acceptance test menunjukkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat pendatang mencari rumah kontrakan dan kos di kota Pekanbaru.


Full Text:

PDF

References


https://pekanbaru.tribunnews.com/2019/11/04/bps-pekanbaru-akan-sensus-penduduk-tahun-2020-penduduk-pekanbaru-tahun-2019-capai-954373-jiwa?page=4. Diakses pada tanggal 1 Mei 2020, pukul 20.30 WIB.

https://www.idc.com/promo/smartphone-market-share/os. Diakses pada tanggal 22 April 2019, pukul 13.00 WIB.

Kosasi, Sandy. 2015. Penerapan Rapid Application Development Dalam Sistem Perniagaan Elektronik Furniture, Creative Information Technology Journal, 2(4), 265–276.

Antara, I Putu Henry, dkk. 2015. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Keris dan Proses Pembuatan Keris. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika – 4 (5).

Riyanti, F., Fadhli, M., dan Ananda, A. 2017. Implementasi augmented reality dalam bentuk location based service (lbs) pada rumah sakit di kota pekanbaru dengan teknik gps based tracking di android. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 6(2)

.Hermawan S, Stephanus. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Abidin H. Z. 2007. Penentuan Posisi GPS dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit PT Pradnya Paramita.

Aswati, Safrian, dkk. 2017. Studi Analisis Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Matrik. – 16(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v6i2.9759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.