APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA AWAL PENYAKIT MENULAR PADA BALITA BERBASIS ANDROID

Muhammad Afdal, Delicia Generis Humani

Abstract


Masalah kesehatan yang paling banyak dan sering terjadi hampir di seluruh negara berkembang seperti Indonesia salah satunya adalah penyakit menular. Penyakit menular menjadi begitu penting kedudukannya dalam dunia kesehatan dan menjadi fokus bagi masyarakat global karena menimbulkan angka kematian yang relatif tinggi dalam kurun waktu yang relatif singkat. Penyakit sangat rentan dan cepat terhadap anak sehingga membuat orang tua sulit mengetahui atau mendiagnosa penyakit yang diderita oleh anak tersebut, dikarenakan balita belum dapat berbicara apa yang sedang ia rasakan. Keterbatasan tenaga paramedik khususnya dokter ahli anak dapat diatasi dengan mengadopsi kepakaran dokter ahli anak ke dalam suatu sistem berbasis komputer atau android yang mampu melakukan diagnosa layaknya seorang dokter ahli anak. Oleh sebab itu, penelitian ini membuat sistem pakar berbasis android. Menggunakan Metode inferensi Forward Chaining dengan 7 jenis penyakit pada balita dan 41 gejala, serta dilengkapi dengan solusi atau penanganan masing-masing penyakit menular pada anak balita. Pengujian sistem menggunakan 3 pengujian yaitu unit testing, blackbox test, dan user acceptance test. Hasil unit testing menunjukkan aplikasi berhasil menjalankan inferensi terhadap rule-rule yang dipilih dengan benar. Hasil blackbox yang dilakukan pada 10 smarthphone berjalan dengan tingkat keberhasilan 100%. Hasil user acceptance test menunjukkan tingkat penerimaan aplikasi oleh pengguna sebesar 91%.  


Full Text:

PDF

References


Achmadi, U. F. “Dasar-Dasar Penyakit Berbasis Lingkungan,” Jakarta: PT. Rajagrafindo, 2011.

Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan Indonesia. “Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015,” Jakarta: 2015.

Widoyono.2008. “Penyakit Tropis: Epidemiologi, Penularan, Pencegahan, dan Pemberantasannya,” Jakarta:Erlangga.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesi Tahun 2018., [Online] Available http://www.depkes.go.id/article/view/18082400002/fatwa-mui-bolehkan-imunisasi-campak-dan-rubella-kemenkes-fokus-turunkan-beban-dan-dampak-penyakit-te.html

Latamukalita, Luther A. “Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Anak Menggunakan Certainty Factor (CF),” Jurnal Ilmiah Sains. Vol. 12 No. 2 Oktober 2012.

www.republika.co.id [Online] Available https://www.republika.co.id/ berita/nasional/jabodetabek-nasional/14/10/01/ncr7ix-idi-sebut-ju%20lah-dokter-spesialis-masih-minim.

Turban E. Decision Support System an Intelligent Systems Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Yogyakarta. Andi, Yogyakarta. 2005.

Sutojo, T.; Mulyanto, Edy; Suhartono, Vincent.Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: ANDI. 2011.

Listiyono, Hersatoto. “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Volume XIII, No.2, Juli 2008, hal. 115-124. ISSN : 0854-9524.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.