E-MARKETPLACE MEDIA PENGEMBANGAN PROMOSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DINAS KOPERASI UMKM KOTA PEKANBARU

Tengku Khairil Ahsyar, Syaifullah Syaifullah, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang lebih dikenal dengan istilah UMKM adalah suatu badan usaha yang tidak memiliki kaitan dengan perusahaan tertentu. UMKM berkembang dengan sangat pesat dan memiliki peranan penting bagi perekenomian. Kendala utama yang di hadapi pelaku UMKM adalah sulitnya melakukan promosi produk secara luas dan hal ini terjadi hampir diseluruh UMKM termasuk UMKM kota Pekanbaru. Mengatasi hal ini, Berbagai strategi telah diterapkan oleh pihak dinas Koperasi dan UMKM kota Pekanbaru diantaranya: mengadakan pameran keberbagai daerah, melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dan memberikan layanan konsultasi bisnis. Namun, strategi-startegi ini di nilai kurang efektif karena masih banyak terdapat kelemahan seperti besarnya biaya yang dibutuhkan, terbatasnya UMKM yang bisa ikut serta, singkatnya waktu  serta kecilnya ruang lingkup promosi. Tujuan penelitian ini melakukan pengembangan sistem e-Marketplace berbasis web sebagai media promosi produk UMKM. Dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall dan menggunakan Object Oriented Analysis Design sebagai metode analisis dan disain sistem. Sedangkan untuk analisis biaya dan manfaat menggunakan metode payback periode dan Return on Investment (ROI). Hasil dari penelitian ini berupa sistem e-Marketplace berbasis web. Hasil uji yang dilakukan terhadap fitur-fitur yang terdapat pada e-Marketplace yang telah dibuat berjalan 100% pada beberapa web browser populer. Sedangkan hasil pengujian dengan menggunakan User Acceptance Test terkait tingkat penerimaan user serta fitur-fitur sistem adalah 100%. Berdasarkan hasil pengujian sistem yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem e-Marketplace yang di buat dapat berjalan dengan baik dan tingkat penerimaan sistem juga sangat baik. Sehingga sistem dapat mempermudah pihak pelaku UMKM dalam mempromosikan produk mereka secara luas.

Full Text:

PDF

References


UU 20 Tahun 2008 Tentang UMKM [Online] available www.bi.go.id/id/tentang-bi/uubi/Documents/UU20Tahun2008UMKM.pdf, diakses 23 Agsutus2016.

Bank Indonesia dan LPPI “Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)” [Online] Available https://www.bi.go.id/id /umkm/.../Profil%20Bisnis%20UMKM.pdf di akses 12 Januari 2018.

Prasetyo, Eko. P. “Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Dan Pengangguran” AKMENIKA UPY, Vol. 2, 2008.

Kodong, dkk. “Model Aplikasi E-market sebagai Sarana Promosi dan Tukar menukar Informasi antara Penjual dan Pembeli,” Telematika Vol. 2, No. 2, hal. 75-84, 2012.

Sadgotra, Y.W dan Erik, H.S. “Perancangan Online Marketplace Untuk Usaha kecil danMenengah (UKM) di kabupaten Purworejo,” Jurnal Ilmiah DASI Vol. 14, hal. 54-58, 2013

Hartono, Jugiyanto. ”Analisis dan desain sistem informasi pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis”. Andi,

Yogyakarta: 1999.

Zarnelly, dan Adelia, D. “Rancang Bangun Media Pelayanan Umum Desk Info Di Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru”. Jurnal

Informatika. ISSN 2502-8995, Vol.14, No.1. Juni 2014.

Ahsyar, Tengku Khairil. Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Pada Smk Labor




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.