KLASTERISASI CLV DENGAN MODEL LRFM MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS (Studi Kasus: Pangeran Gym Pekanbaru)

Eghi Ditendra, Siti Monalisa, Stedico Anderjovi, Surya Lesmana

Abstract


Kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi setiap perusahaan maka dari itu Perusahaan perlu mempelajari perilaku konsumen yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami berbagai aspek yang ada pada konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan nilai Customer Lifetime Value (CLV) setiap segmen pelanggan pada Pangeran Gym Pekanbaru dan menentukan segmentasi pelanggan berdasarkan jenis kelamin serta umur dengan menggunakan algoritma fuzzy c-means. Klasterisasi pelanggan menggunakan model Length Recency Frequency Monetary (LRFM) dan pembentukan kluster dibagi atas 3 kluster.Nilai CLV akan dihasilkan dengan mengalikan nilai normalisasi LRFM dengan nilai bobot LRFM dan selanjutnya dijumlahkan.Penjumlahan CLV dilakukan pada masing-masing kluster yang telah terbentuk.Hasil dari penjumlahan tersebut maka dicari hasil rangking CLV. Rangking CLV tertinggi dihasilkan dari nilai CLV terbsesar diantara 3 kluster tersebut. Rangking CLV tertinggi pada penelitian ini adalah kluster pertama  yaitu dengan nilai CLV 0,504 dengan simbol LRFM L↑R↑F↑M↑ dengan arti bahwa kluster ini memiliki segmen pelanggan dengan nilai loyalitas yang tinggi. Ranking CLV ke 2 adalah kluster ketiga dengan nilai CLV 0,341 dan selanjutnya kluster kedua dengan nilai CLV 0,225. Dari 100 data transaksi pada Pangeran Gym Pekanbaru terdapat 83 transaksi oleh jenis kelamin laki-laki dan 17 transaksi dilakukan oleh jenis kelamin perempuan. Kemudian dari 100 data transaksi pada Pangeran Gym Pekanbaru terdapat 82 transaksi dilakukan oleh remaja umur 12 – 25 tahun dan 18 transaksi dilakukan oleh dewasa umur 26 – 45 tahun.


Full Text:

PDF

References


D. A. Apriyani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo),” Vol. 51, No. 2, Pp. 1–7, 2017.

N. Surbakti And M. Widyarini, “Pengaruh Service Recovery Pada Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Auto2000 Bandung,” Vol. 6, No. 1, Pp. 26–46, 2010.

R. A. Tjahyadi, “Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek : Peran Karakteristik Merek , Karakteristik Perusahaan , Dan Karakteristik Hubungan-Merek,” Vol. 6, No. 1, Pp. 65–78, 2006.

A. Q. G. Fajri, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Relationship Quality Dan Customer Lifetime Value,” 2019.

T. Hardiani, S. Sulistyo, And R. Hartanto, “Pada Lembaga Keuangan Mikro,” Vol. 03, Pp. 181–187, 2014.

M. Alvandi, S. Fazli, And F. S. Abdoli, “K-Mean Clustering Method For Analysis Customer Lifetime Value With Lrfm Relationship Model In Banking Services,” Vol. 3, No. 11, Pp. 2294–2302, 2012.

Y. Wicaksono, “Segmentasi Pelanggan Bisnis Dengan Multi Kriteria Menggunakan K-Means,” Vol. 1, No. 2, Pp. 45–53, 2018.

H. Nanang Khoirul Ahmadi, “Analisis Segmentasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Bandar Lampung,” Vol. 03, No. 01, Pp. 75–95, 2017.

E. Y. Anggita Putri Iriandini And M. Kholid Mawardi, “Pengaruh Customer Relationship Management ( Crm ) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survey Pada Pelanggan Pt . Gemilang Libra Logistics , Kota Surabaya ),” Vol. 23, No. 2, Pp. 1–8, 2015.

F. Kamal, Y. T. Mursityo, And A. D. Herlambang, “Pengembangan Sistem Informasi Pemetaan Perilaku Pelanggan Dengan Prediktor Length , Recency , Frequency Dan Monetary ( Studi Pada Bagian Marketing Radio Kalimaya Bhaskara ),” Vol. 2, No. 5, Pp. 1849–1855, 2018.

A. N. Fitroh Amaluddin, M. Aziz Muslim, “Klasifikasi Kendaraan Menggunakan Gaussian Mixture Model ( Gmm ) Dan Fuzzy Cluster,” Vol. 9, No. 1, Pp. 19–24, 2015.

S. Monalisa, “Klasterisasi Customer Lifetime Value Dengan Model Lrfm Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Of Customer Lifetime Value Based On Lrfm Model Using K-Means Algorithm,” Vol. 5, No. 2, Pp. 247–252, 2018.

S. L. Prasetyo, Larasati Dwi, Silcyljeova Moniharapon, “Pengaruh Faktor-Faktor Segmentasi Demografis Dan Segmentasi Psikografis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Mtc Manado,” Vol. 5, No. 2, Pp. 1337–1347, 2017.

M. Al Amin, “Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny,” Vol. 2, No. 6, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.