SISTEM INFORMASI ALUMNI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Trisda Ningsih, Mustakim Mustakim

Abstract


Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Sultan Sarif Kasim Riau yang beralamat di jalan H. R. Soebrantas No. 155 Km. 15 Panam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, merupakan Peogram Studi yang bergerak dibidang keilmuan IT khususnya manajemen, bisnis dan rekayasa. Proses pendataan dan trecking Alumni pada saat ini dilakukan dengan cara menginfokan menggunakan sosial media. Sangat sulit bagi Program Studi dalam melakukan pendataan karena tidak semua Alumni aktif pada sosial media. Tujuan dibangun Sistem Informasi Alumni ini diharapkan dapat memaksimalkan proses pendataan dan tracking Alumni dengan menggunakan notifikasi via email dapat menjadi pengingat Alumni memperbaruhi data. Sistem yang dibangun berbasis web dan menggunakan model perancangan dengan Unified Modelling Languange (UML) yang merupakan model dari metode perancangan berbasis objek yaitu Object Oriented Analysis Design (OOAD). Berdasarkan pengujian dari Blackbox Testing dengan hasil 100% dan pengujian User Acceptance Test (UAT) dengan hasil 89% menujukkan bahwa Sistem Informasi Alumni pada Program Studi Sistem Informasi UIN Suska Riau yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan pada rancangan yang dibuat sebelumnya. Sistem Informasi Alumni berbasis web ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja petugas dalam melakukan pengelolaan data Alumni dan dapat meningkatkan akreditasi Program Studi kedepannya.


Full Text:

PDF

References


Sumardi, S., dan Murdowo, S. (2016). Rancang bangun sistem mobile tracking untuk penelusuran Alumni dengan menggunakan media google map api dan sms tracing. INFOKAM, 12(2).

Bakhtiar, M. I., dan Latif, S. (2017). Tracer study Alumni: Upaya pengembangan prodi bimbingan konseling universitas negeri makassar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 32–40.

Nursubiyantoro, E., dan Puryani, P. (2016). Perancangan sistem penelusuran Alumni (tracer study) berbasis web. JURNAL OPSI-Optimasi Sistem Industri, 9(2), 85–92.

Ariansyah, A., Fajriyah, F., dan Prasetyo, F. S. (2017). Rancang bangun Sistem Informasi pendataan Alumni pada stie prabumulih berbasis website dengan menggunakan bootstrap. Jurnal Mantik Penusa, 1(2).

Juansyah, A. (2015). Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted–global positioning system (a-gps) dengan platform android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1).

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa perangkat lunak: Pendekatan praktisi. Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v5i2.7641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.