EVALUASI WEBSITE PEMKO PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION

Nurmaini Dalimunthe, Arabiatul dawiyah, Faris Nazari, Khairunsyah Purba

Abstract


Kota Pekanbaru merupakan salah satu Kota di Provinsi Riau dan telah menggunakan website sebagai tempat untuk mendapatkan informasi. Tujuan dibangunya website ini ialah untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi seputa Kota Pekanbaru. Dalam penerapan website ini masih terdapat beberapa permasalahan yaitu informasi yang kurang update dan lengkap serta tidak adanya menu untuk membalas kritik atau saran dari masyarakat, sehingga dapat mempengaruhi kualitas dari website tesebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan mengukur tingkat keberhasilan website Pemko Pekanbaru menggunakan metode heuristic evaluation dan untuk memberikan rekomendasi kepada pihak Pemko Pekanbaru agar dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kepuasan pengguna berdasarkan tingkat keberhasilan website. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Slovin dan Simple Random Sampling. Untuk metode analisis data menggunakan usability testing serta alat pengolahan data menggunakan IMB Software Statistical Product Solution (SPSS) Statistics 23. Berdasarkan hasil penelitian terhadap data yang diperoleh dari Pemko Pekanbaru, maka dapat disimpulkan bahwa didapatkan nilai persentase dari Usability Testing total ditemukan mendapatkan nilai 63,18% yang berarti menunjukkan bahwa website cukup baik bagi penggunanya, untuk total tidak ditemukan mendapatkan nilai 36,81% yang berarti menunjukkan bahwa website kurang baik bagi penggunanya.

Kata kunci: Heuristic Evaluation, Pemko Pekanbaru, Usability Testing, website.


Full Text:

PDF

References


Yohana, Nova, dkk. “Pemanfaatan Website Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Mewujudkan Good Governance”. Jurnal Mayarakat Telematika dan Informasi Vol. 5 No. 2 November 2014 Hal: 153-168. 2014.

Anggrahini, M. D., Rochayanti, C., dan Sosiawan, E. A. (2008). Peran Humas Pemerintah Kabupaten Sragen dalam Pengelolaan ISI Informasi Website PEMDA Sebagai Media Communications Relations dengan Masyarakat. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 2, 145-151.

Masyhur, Firdaus. 2014. Kinerja Website Resmi Pemerintah Provinsi di Indonesia Official Website Performance Local Government in Indonesia. Jurnal Pekomnas Volume 17 Nomor 1. Dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar.

Suyanto, Asep Herman. “Web Design Theory and Practices”. Andi,Yogyakarta. 2007.

Sahid. (2006). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Yudhistira.

Dipanegara, Arya. (2011). Langsung jago bikin website. Jakarta: PT. Niaga Swadaya.

Nielsen, Jakob, Robert L Mack. 1994. Usability Inspection Methods. New York : John Wiley and Son.

Candra, Irawan. “Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual”. Ogan Ilir. 2011.

Kadir, Abdul dkk. “Dasar Pemograman Web Perpustakaan”. Jurnal Teknologi Informasi 2011.

Delone, William H. dan Ephraim R. Mclean. (2003). The Delone and Mclean Model of Information System Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems / Spring 2003.

Maslan, Andi. “Pengukuran Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batam Menggunakan Webqual 4.0”. Jurnal Ilmiah Informatika, Vol 1, No. 3, ISSN: 2337-8379, 2014.

Sari, Kamala Dewi.“Evaluasi Pemanfaatan Situs Chem-Is-Try.Org dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Oleh Mahasiswa Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USU”.Tesis Fakultas Sastra. Tidak diterbitkan”. Medan. 2010

Krisnayani, Putu, dkk “Analisa Usability Pada Website UNDIKSHA Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation”. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Volume 5 Nomor 2, 2016.

Hidayat, Wahyu, dkk “Penerapan Metode Usability Testing Pada Evaluasi Situs Web Pemerintahan Kota Prabumulih”. Jurnal Teknik Informatika Universitas Bina Darma Palembang, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v5i2.7538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.