PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN UIN SUSKA RIAU

Arif Marsal, Fitri Hidayati

Abstract


Penelitian ini melakukan suatu kajian tentang pengaruh Media Sosial terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pegawai dilingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau jumlah sampel sebanyak 83 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 0,096 atau 9,6% dengan signifikan 0,004 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa Penggunaan Media Sosial berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai sebesar 9,6% dan sisanya sebesar 90,4% dipengaruhi faktor lain yang dapat mempengaruhi Kinerja Pegawai. Untuk meningkatkan Kinerja Pegawai maka diperlukan dukungan oleh pihak Universitas untuk menyediakan fasilitas jaringan internet sehingga penyampaian informasi baik yang terkait bidang akademik maupun administrasi umum dapat disampaikan dengan mudah dan dengan waktu yang cepat. Perbaikan-perbaikan jaringan sebaiknya dapat dilakukan dengan waktu yang cepat sehingga tidak menjadi hambatan dalam penyampaian informasi oleh pegawai kepada stakeholder.

Full Text:

PDF

References


Hassan, Fuad. Teknologi dan Dampak Penggunaannya: Tantangan Dalam Laju Teknologi. Orasi Ilmiah dies Natalia Institut Pertanian Bogor sepuluh November k3-39. Surabaya, 11 November 1999.

Gary B. Shelly., Thomas J. Cashman, dan Misty E. Vermaat, 2007. Dicovering Computer: Fundamentals, 3rd. Jakarta: Selemba Infotek.

Firsan Nova 2013. Pengaruh Media Terhadap Perilaku Sosial, Fakulas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Kampus B Jakarta Pusat

Ari Yandita. Media sosial: Pengertian dan Dampak, Artikel SI 2012.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2014. Organizational Behavioral. Edisi 5. Boston : McGraw-Hill.

Kaplan, Andreas M., Michael Haenlein, 2010. “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media”. Business Horizons 53(1): 59–68.

Mangkunegara, A.A.Anwar Prabu, 2007. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Simanjuntak, Payaman J, 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Mathis, Robert L. dan Jackson, John H., 2006. Human Resources Management. Edisi sepuluh, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Wibisono, Chablullah, 2002. Pengaruh Motivasi Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Industri Manufaktur di Batamindo, Disertasi: Universitas Airlangga Surabaya.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Bungin, Burhan, 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Penerbit Prenada Media.

Santoso, Singgih, 2006. Menggunakan SPSS untuk Statistik Non Parametrik. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang. BP. UNDIP.

Joccom, Nekie. 2013. Peran Smartphone Dalam Menunjang Kinerja Karyawan Bank Prismadana (Studi Pada Karyawan Bank Prismadana Cabang Airmadidi). Jurnal Acta Diurna. Manado.

Azis, Anharudin. 2013. Pengaruh Remunerasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tuban. Publika. 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v4i1.5630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.