SISTEM INFORMASI RESERVASI LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID PADA LAPANGAN FUTSAL

Roni Ameldi, Tengku Khairil Ahsyar

Abstract


Olahraga futsal merupakan olahraga sepakbola mini yang dilakukan dalam ruangan dengan tingkat peminat yang cukup tinggi. Di area Pekanbaru, futsal berkembang cukup pesat. Penyedia lapangan futsal berlomba-lomba menawarkan jasanya mulai dari penawaran harga yang menarik sampai menawarkan kualitas lapangan yang paling bagus. Namun ada beberapa kelemahan cara reservasi yang ditawarkan, yakni harus melakukan pengecekan langsung ke lapangan futsal untuk mengetahui kondisi lapangan yang kosong untuk dipesan, hal ini dapat memakan waktu yang cukup lama. Kelemahan lain juga dirasakan oleh penyedia jasa penyewaan lapangan futsal, seperti promosi dan waktu penyewaan yang tidak maksimal, serta sering terjadi jadwal pemesanan yang bentrok. Hal lain yang juga menjadi permasalahan selama ini yakni media penyimpanan data member dan pembuatan laporan masih menggunakan buku besar sehingga berpotensi terjadi kehilangan data, lamanya melakukan pencarian data, menyulitkan proses perhitungan pendapatan dan juga berpotensi terjadi manipulasi data oleh pegawai futsal. Fokus penelitian ini membangun sistem informasi berbasis mobile dengan menggunakan metode Object-Oriented Analysis and Design (OOAD). Adapun penelitian ini dilakukan pada 5 buah lapangan futsal yakni: (1) Premier Futsal 2; (2) Andi’s Futsal; (3) Zoom Futsal; (4) Elang Futsal dan (5) Viva Futsal. Hasil dari penelitian ini adalah  sebuah sistem informasi reservasi lapangan futsal berbasis android. Hasil uji black box yang dilakukan terhadap fitur-fitur aplikasi reservasi futsal Pekanbaru yang dibuat berjalan 100%,  fitur-fitur sistem administrator yang dibuat berjalan 100%, fitur-fitur sistem admin lapangan dan pimpinan yang dibuat berjalan 100%. Sedangkan berdasarkan hasil UAT, tingkat penerimaan aplikasi reservasi futsal Pekanbaru yang dibuat adalah 87,5%, fitur-fitur sistem administrator yang dibuat berjalan 100%, fitur-fitur sistem admin lapangan dan pimpinan yang dibuat berjalan 100% dan dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat diterapkan.

Full Text:

PDF

References


[KBBI]. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. http://badan bahasa.kemdikbud.go.id/ kbbi/index.php. Diakses pada tanggal 17 Mei 2016, pukul 20:00 WIB.

Lhaksana, Justinus. 2011. Taktik dan Strategi Futsal Modern. Be Champion, Jakarta.

[FWR]. Futsal World Rangking. 2018. https://www.futsalworldranking.be/rank.htm. Diakses pada tanggal 2 Januari, pukul 13:30 WIB.

Nugroho, A. 2004. Pemrograman Berorientasi Objek. Informatika Bandung, Bandung.

Lhaksana, J, Pardosi, Ishak H. 2008. Inspirasi dan Spirit Futsal. Raih Asa Sukses, Jakarta.

Irwansyah, E. 2014. “Pengantar Teknologi Informasi”. Deepublish. Yogyakarta.

Mukherjea, Sougata. 2017. Mobile Application Development, Usability, and Security. IGI Global,USA. ISSN: 2327-929X eISSN: 2327-9303.

Suartana. 1987. Reservation Hotel. Yogyakarta: Gava Media

Mario. 2010. Hebatnya Google Maps dan Pintarnya Google Street. Andi, Yogyakarta.

Hermawan S, Stephanus. 2011. “Mudah Membuat Aplikasi Android”. Andi Offset. Yogyakarta.

Agrarian, Rizki Putra., Suprayogi, Andri dan Huda, M. 2014. “Pengenalan dan cara kerja Google Maps”. Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v4i1.5619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.