DETEKSI DAN SEGMENTASI OTOMATIS DERET PADA CITRA METERAN AIR

Naser Jawas

Abstract


Meter air adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mencatat penggunaan air di masing-masing pelanggan PDAM. Catatan penggunaan air pelanggan dipantau oleh petugas PDAM dengan cara mencatat perbedaan meter air di setiap bulan. Para petugas tersebut mencatat angka yang tertera pada digit meter air di masing-masing pelanggan untuk dilaporkan ke kantor PDAM. Pembacaan dari meter air tersebut masih dilakukan secara manual. Sehingga hal ini masih memakan waktu yang cukup lama dan juga rentan terjadi kesalahan pembacaan karena human error. Sehingga diusulkanlah pembuatan aplikasi pembacaan meter otomatis dengan menggunakan pengolahan citra digital. Dari penelitian-penelitian pembacaan digit otomatis, ditemukan salah satu bagian yang menentukan keberhasilan dari pembacaan secara signifikan adalah segmentasi bagian deret. Apabila hasil segmentasi tidak akurat maka pembacaan berikutnya juga otomatis akan salah. Oleh karena itu, pada penelitian ini diusulkan sebuah sistem deteksi dan segmentasi otomatis dari deret digit dari citra meter air. Proses segmentasi memanfaatkan perhitungan integral dari citra hasil deteksi tepi. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa metode ini cukup baik dalam mendeteksi deret digit dan melakukan pemecahan digit.

Full Text:

PDF

References


Vanetti, Marco, Gallo, Ignazio, dan Nodari, Angelo. 2013. GAS meter reading from real world images using a multi-net system. Pattern Recognition Letters, 34(5): 519–526.

Ye, Qixiang dan Doermann, David. 2015. Text Detection and Recognition in Imagery: A Survey. IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence. 37(7):1480–1500.

Gallo, Ignazio, Zamberletti, Alessandro dan Noce, Lucia. 2015. Robust Angle Invariant GAS meter reading. Dalam International Conference on Digital Image Computing: Techniques and Applications (DICTA) 2015. 1–7.

Canny, John. 1986. A Computational Approach to Edge Detection. IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence. 8(6): 679 – 698.

Lewis, John P. 1995. Fast template matching. Vision interface. 95(120123), 15-19.

Bradley, Derek dan Roth, Gerhard. 2011. Adaptive Thresholding using the Integral Image. Journal of Graphics Tools. 12(2): 13-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.