PERANCANGAN SISTEM INFORMASI WEBSITE GEOFISHERY MENGGUNAKAN METODE SCRUM
Abstract
Ketahanan pangan merupakan isu strategis dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi dan kesejahteraan masyarakat karena akan menentukan kestabilan ekonomi, sosial, dan politik dalam suatu Negara. Penurunan tingkat produksi ikan budidaya di Indonesia merupakan salah satu permasalahan yang tidak bisa dianggap remeh. Industri perikanan dan budidaya ikan memiliki peran yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan pangan global. Oleh karena itu, Geofishery hadir sebagai platform inovatif berbasis website yang bertujuan untuk mendukung peternak ikan dalam memperoleh informasi yang mereka butuhkan. Tujuan dari pembuatan website GeoFishery supaya masyarakat dapat memahami dan dapat tertarik pada bidang budidaya perikanan. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode scrum yang terdiri dari 17 product backlog dengan tahapan sprint sebanyak 4 iterasi. Metode scrum menggambarkan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak. Pengujian website GeoFishery dilakukan oleh 3 responden dengan menggunakan metode black box testing memperoleh hasil akhir sebesar 97%. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa website GeoFishery ini sudah layak digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Nikawanti, G. (2021). Ecoliteracy: Membangun Ketahanan Pangan Dari Kekayaan Maritim Indonesia. Jurnal Kemaritiman: Indonesian Journal of Maritime, 2(2), 149-166.
Dwinafiah, R., & Hasan, S. A. Z. (2023). OPTIMALISASI PRODUKSI PERIKANAN BERKUALITAS BERBASIS DIGITAL YANG AMAN, DAN RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR. SENSISTEK: Riset Sains dan Teknologi Kelautan, 141-146.
Batubara, J., & Laila, K. (2022). Dampak Covid-19 Terhadap Pembudidaya Ikan di Pantai Timur Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, 2(2), 115-124.
Ardiansyah, A., Yahya, F. Y., Irawati, A. R., & Yusman, M. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Terpadu Fmipa Universitas Lampung (Simipa) Menggunakan Metode Scrum. Jurnal Teknoinfo, 15(2), 112-120.
Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified modelling language (uml) dalam perancangan sistem informasi permohonan pembayaran restitusi sppd. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 7(1), 32-39.
Febriyadi, F. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYURATAN UNIT KEPEGAWAIAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI RIAU. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 8(2), 180-188.
Aliman, W. (2021). Perancangan perangkat lunak untuk menggambar diagram berbasis android. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 3091-3098.
Syarif, M., & Nugraha, W. (2020). Pemodelan diagram uml sistem pembayaran tunai pada transaksi e-commerce. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 4(1), 64-70.
Setiyani, L. (2019). Pengujian Sistem Informasi Inventory Pada Perusahaan Distributor Farmasi Menggunakan Metode Black Box Testing. Techno Xplore: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 20-27.
Pujianto, P., Mujito, M., Prabowo, D., & Prasetyo, B. H. (2020). Pemilihan Warga Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan User Acceptance Testing (UAT). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(3), 379-386.
Musthofa, N., & Adiguna, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 1(03), 199-207.
Widyatmoko, W., & Pamungkas, N. (2022). Pemodelan Unified Modeling Language pada Sistem Aplikasi Pariwisata (SiAP). Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 4(1), 73-84.
Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2021). Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1), 22-26.
Destiarini, D., Rahman, A., & Sumartayasa, K. (2023). Analisa Kualitas Website BPJS Kesehatan Dengan Metode WebQual 4.0 Dan User Acceptance Testing Di Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Media Infotama, 19(2), 237-243.
Siahaan, M. (2023). Pengembangan Helpdesk Ticketing System berbasis Website dengan menggunakan metode SDLC, XP, dan Scrum. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4(3), 1399-1410.
Aulia, S. C. I. (2022). Pemanfaatan Uml (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Sederhana Pada Kegiatan Posbindu Ptm. Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 6(1), 38-44.
Rahadi, N. W., & Vikasari, C. (2020). Pengujian Software Aplikasi Perawatan Barang Miliki Negara Menggunakan Metode Black Box Testing Equivalence Partitions. Jurnal Infotekmesin, 11(01), 57-61.
Ardiansyah, A., Yahya, F. Y., Irawati, A. R., & Yusman, M. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Terpadu Fmipa Universitas Lampung (Simipa) Menggunakan Metode Scrum. Jurnal Teknoinfo, 15(2), 112-120.
Pratama, S., Ibrahim, S., & Reybaharsyah, M. A. (2022). Jurnal Penggunaan Metode Scrum Dalam Membentuk Sistem Informasi Penyimpanan Gudang Berbasis Web. INTECH (Informatika dan Teknologi), 3(1), 27-35.
Bantun, S., Sari, J. Y., Noorhasanah, Z., Syahrul, S., & Budiman, A. (2021). Digitalisasi Pelayanan Publik Desa Palewai Dengan Sistem Informasi Desa. Informal: Informatics Journal, 6(3), 160-169.
Chrisdianto, W., & Putri, S. A. (2022). Pengembangan Sistem Manajemen Tema Website Berbasis Metode Agile Scrum. J. Ilm. Betrik, 13(2), 139-151.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v11i1.28158
Refbacks
- There are currently no refbacks.