IMPLEMENTASI SISTEM KEHADIRAN PRAKTIKUM BERBASIS QR-CODE DENGAN WHATSAPP GATEWAY MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)

Sultan Aditia, Muhammad Najamuddin Dwi Miharja, Ahmad Aguswin

Abstract


Absensi pada kegiatan praktikum di Laboratorium Komputer Universitas Pelita Bangsa masih menggunakan cara manual, dimana mahasiswa peserta praktikum wajib membawa kartu kendali berisikan data diri berupa nama, nim dan praktikum yang dijalani untuk kemudian ditandatangani dan diberi stempel oleh Asisten Lab yang menjadi pengawas praktikum lalu kemudian pengawas praktikum menginput data kehadiran peserta praktikum ke file microsoft excel untuk dijadikan laporan. Mengingat jumlah mahasiswa yang mengikuti praktikum tidaklah sedikit, tentu sangat merepotkan bagi pengawas untuk menginput daftar kehadiran satu persatu, apalagi ini juga bisa menjadi masalah apabila suatu saat file arsip hilang, belum lagi adanya masalah kartu kendali hilang, rusak atau tertinggal, maka dibutuhkan adanya sistem absensi yang dapat mencatat kehadiran secara efektif dan efisien. Sistem Kehadiran Praktikum ini dibuat dengan framework Laravel versi 10 dan MySql sebagai basis data, dan dikembangkan dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi Absensi dapat menginput data absensi secara cepat dengan cara menscan Qr-Code yang dibuat berdasarkan nim mahasiswa yang sudah terdata, kemudian sistem akan mengirim pesan whatsapp secara otomatis sebagai tanda bukti kehadiran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan Aplikasi Absensi ini pencatatan kehadiran pada praktikum jadi lebih cepat dan menghemat waktu, efektif dan efisien serta mengurangi resiko hilangnya data serta mengurangi penggunaan kertas dengan tidak lagi mencetak kartu kendali kegiatan praktikum.

Full Text:

PDF

References


D. S. Saputra, “Pengantar Sistem Informasi,” Igarss 2017, vol. 150, no. 1, pp. 1–5, 2017, [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Sistem_Informasi/8VNLDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

G. Prasetyo, Sistem Presensi Menggunakan Qr Code Di Smk Nasional Pati Berbasis Web, vol. 3, no. 2. 2021.

L. Affandi, P. P. Arhandi, and D. W. Wibowo, “Aplikasi Whatsapp Gateway Untuk Notifikasi Surat Peringatan Mahasiswa Menggunakan Metode Mesin Turing Dan Rest,” Din. DOtcom, vol. 10, no. ISSN 2086-2652, pp. 49–58, 2019.

Nirsal, Rusmala, and Syafriadi, “Desain Dan Implementasi Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakue Tengah,” J. Ilm. d’Computare, vol. 10, pp. 30–37, 2020, [Online]. Available: http://www.elsevier.com/locate/scp

D. Aipina and H. Witriyono, “Pemanfaatan Framework Laravel dan Framework Bootstrap Pada Pembangunan Aplikasi Penjulan Hijab Berbasis Web,” J. Media Infotama, vol. 18, no. 1, p. 2022, 2022.

K. Aulia Haldi, “Perancangan aplikasi point of sale (pos) berbasis web dengan php dan mysqli untuk cv. multi citra kimia,” Univ. Pelita Bangsa Kabupaten Bekasi, pp. 1–261, 2019.

Y. D. Wijaya, “Penerapan Metode Rapid Application Development (Rad) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Data Toko,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 95–102, 2021, doi: 10.24176/sitech.v3i2.5141.

I. Rafidah, “SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DI KECAMATAN NGEMPLAK YOGYAKARTA,” Yogyakarta, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v9i2.23693

Refbacks