ANALISIS TINGKAT KONSUMSI IKAN PERKAPITA BERDASARKAN DATA IKAN AIR LAUT MENGGUNAKAN ALGORITMA REGRESI NON LINEAR DI PROVINSI JAWA BARAT

Fayzah Aprilia, Fariha Rahimah, Izra Aliyya Ed-har, Nisrina Huwaida

Abstract


Indonesia sebagai negara kepulauan menyimpan ekosistem perairan tropis yang memiliki sumberdaya perairan yang kaya akan bermacam ikan, Namun demikian, konsumsi ikan Indonesia masih relatif rendah dibandingkan potensi sumber daya ikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis ikan apa yang banyak dikonsumsi dan untuk mengetahui daerah dengan tingkat konsumsi ikan tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur serta algoritma data mining regresi non linear untuk melakukan pengolahan data. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ikan kembung menjadi jenis ikan yang banyak dikonsumsi dari tahun 2018 sampai tahun 2020, dan Bekasi menjadi daerah di Provinsi Jawa Barat dengan tingkat konsumsi ikan tertinggi selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2018 hingga 2020. Kesimpulannya ialah dapat diprediksi untuk beberapa tahun kedepan kota atau kabupaten yang mengkonsumsi ikan tertinggi akan diraih oleh Bekasi. Sedangkan jenis ikan yang akan menempati posisi pertama sebagai jenis ikan yang banyak dikonsumsi adalah ikan tuna, tongkol, cakalang dan kembung

Full Text:

PDF

References


A. N. Anugrah dan A. Alfarizi, “Literature Review Potensi dan Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Laut di Indonesia,” Jurnal Sains Edukatika Indonesia., vol. 3, no. 2, 2021.

“Ensiklopedia Dunia,” Universitas Stekom Indonesia, Maret 2022. [Online]. Available: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Laut_Jawa. [Diakses 29 Mei 2023].

Latuconsina, H. (2019). Ekologi perairan tropis: prinsip dasar pengelolaan sumber daya hayati perairan. UGM PRESS.

Palilah, I. R. Analisis Pengaruh Produksi Perikanan, Kesejahteraan Pembudidaya, dan Angka Konsumsi Ikan terhadap PDRB sektor perikanan (Studi Kasus: Perikanan Budidaya di Enam Provinsi Pulau Sulawesi Periode 2014-2018) (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta).

Surya, I. D., & Intyas, C. A. (2022). Analisis Profitabilitas Usaha Tahu Tuna Krispi “Tatuchi” di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 3(2), 1-9.

S. Koeshendrajana, F. Y. Arthatiani dan F. Virgantari, “Price and income elasticities of selected fish commodities in Indonesia: a multi stage budgeting framework,” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science., vol. 860, no. 1, 2021.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2019). Peta konsumsi dan kebutuhan ikan berdasarkan preferensi konsumen rumah tangga tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pemasaran, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan.

Berliani, K. (2021). Pengaruh Tingkat Pengangguran, Tingkat Pendidikan dan Laju Pertumbuhan Penduduk Terhadap Tingkat Kemiskinan Penduduk Provinsi Jawa Barat Tahun 2015-2020. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 872.

Alifah, N. (2019). Analisis Potensi Dan Tingkat Pengusahaan Sumberdaya Ikan tenggiri (Scomberomorus Commerson Lacepede, 1800) Di Perairan Utara Jawa Barat (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Dinas Kelautan dan Perikanan. 2017. Laporan Tahunan Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat.

Utami NW, Paramitha AI. Penerapan Data Mining Untuk Mengetahui Pola Pemilihan Program Studi Di Stmik Primakara Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer. 2021 Oct 8;7(4).

Romli I, Putra BM. Evaluasi Penilaian Kinerja Dalam Klasifikasi Data Mining Dengan Metode Naive Bayes. JURNAL TEKNIK INDUSTRI. 2020;1(2):36-45.

Mujahid W, Tiro MA, Ruliana R. PEMODELAN LAJU INFLASI DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI NON-LINEAR BERBASIS ALGORITMA GENETIKA (Kasus: Kota-Kota di Pulau Jawa). VARIANSI: Journal of Statistics and Its application on Teaching and Research. 2022 Jun 6;4(1):20-99




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v9i2.23675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.