Manfaat Sistem Akademik (SIAKAD) Dalam Perguruan Tinggi

Fikhani Hikmawati, julianto julianto

Abstract


Kemajuan teknologi informasi di segala bidang mendorong perguruan tinggi mengambil langkah-langkah strategis agar tetap unggul di segala bidang. Dampak teknologi informasi pada pendidikan tinggi dapat dilihat pada kegiatan dan proses akademik. Beberapa perguruan tinggi baik swasta maupun negeri telah menggunakan sistem informasi yang merupakan bagian dari teknologi informasi. Sistem informasi akademik sangat bermanfaat dan berperan aktif dalam sebuah perguruan tinggi, terbukti dengan diterapkannya sistem informasi dalam hal proses belajar mengajar, mengatur jadwal ruangan, perkuliahan, dan jadwal ujian, yang semuanya merupakan tugas dari dosen. departemen pengajaran, yang diklasifikasikan sebagai bagian internal perguruan tinggi. Penggunaan sistem informasi untuk setiap kegiatan internal di perguruan tinggi juga akan menjadi faktor dalam kesuksesan dan kemajuan perguruan tinggi.


Full Text:

PDF

References


Hartono, Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi, 2005, Yogyakarta, Andi Offset.

Karsidi, Ravik, 2000, Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Mutu.

Oetomo, Budi Sutedjo Darma, Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi, 2006, Yogyakarta, Andi Publisher.

Riyana, Cepi, 2004, Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran.

Resnick, M, 2002, Rethinking Learning in the Digital Age – Chapter 3.

Taufiq, Muhammad, Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dalam Profesi Akuntan dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan, Halaman : 1.

Sutanta, Edhy, 2011, Basis Data dalam Tinjauan Konseptual, Yogyakarta , Andi Offset.

hairil Anwar, Sistem Informasi Akademik Online Sebagai Penunjang Sistem Perkuliahan Sistem Informasi (157-160), Universitas Islam Indonesia, Yoyakarta, 2009.

Eko Wahyudiharto, "Analisis Pengaruh Efektifitas Sistem Kualitas Alat Taksir terhadap Resiko Operasional", Tesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta, 2010.

Julianto, J. ANALISIS INVESTASI DALAM MEMPREDIKSI PERGERAKAN HARGA BITCOIN DENGAN MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK PADA PLATFORM INDODAX. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 8(2), 136-147.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v9i1.22276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.