Perancangan Pengelolaan Data Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pelabuhan Ratu Menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD)

Ratih Nurmasari, Syahrana Pinem, Uswah Nurkhalifah

Abstract


Indonesia dikenal dengan negara yang hasil kekayaan laut yang sangat berlimpah, lautan indonesia sudah banyak yang mengenal atas keindahan laut-lautnya, tidak hanya laut bahkan perikanan dan sumber daya dari laut banyak manfaat nya. Seperti dari Pelabuhanratu yang terletak di Jawa Barat, Sukabumi menjadi tempat dimana dikenalnya laut Indonesia bagian selatan yang ramai dikunjungi, tidak hanya pengunjung bahkan kapal dan nelayan pun mencari sumber daya disana. Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) untuk kegiatan pekerjaan nelayan, kapal di dalam Pelabuhan harus ada tujuan apa yang harus dilakukan dalam kegiatan tersebut. PPN Pelabuhanratu sangat penting untuk fasilitas dengan kinerja yang sangat baik maka dari itu diadakanlah koperasi yang menghubungkan beberapa entitas relasi yang terhubung dengan dibuatnya semua atributatribut untuk menggunakan basis data perancangan fisik maupun konseptual pada Pelabuhan perikanan nusantara (PPN) dengan mengimplementasikan pada CDM (Conceptual Database Design), PDM (Physical Data Design), Metode perancangan dan alur penelitian.

Kata kunci : pelabuhan, pelabuhan ratu, Entity Relationship Diagram, arsitektur data


Full Text:

PDF

References


Gultom, E. (2017). Pelabuhan Indonesia sebagai Penyumbang Devisa Negara dalam Perspektif Hukum Bisnis. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 19(3), 419-444.A. Hadi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Covid-19 dengan Metode Dempster Shafer Menggunakan Bahasa Pemograman PHP Dan Mysql”, TEMATIK, vol. 8, no. 2, pp. 308-317, Jan. 2022.

Suherman, A., Boesono, H., Kurohman, F., & Kohar Muzakir, A. (2020). Kinerja Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu-Banten, Indonesia.

Putra, M. I. J., & Akbar, F. (2019, Februari). ANALISIS PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN KOTA PELABUHANRATU DENGAN METODE WEIGHTED OF EVIDENCE (WOFE). In Seminar Nasional Geomatika, Vol. 3, 565-574.

Sitanggang, A. S. (2013). PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE INTERKONEKSI JARINGAN KOPP DI PELABUHAN MERAK MENGGUNAKAN EAP (ENTERPRISE ARCHITURE PLANNING) (STUDI KASUS KOPP PELABUHAN MERAK). Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 3(2).

EVAN, F. (2013). ANALISIS DAN PERANCANGAN BASIS DATA ADMINISTRASI PERCETAKAN PADA CV ALFETRA. SKRIPSI MAHASISWA TI S1.

Indrajani, S. K. M. M. (2015). Database Design. Elex Media Komputindo.

Hardiansyah, A. D., & Dewi, C. N. P. (2020). Perancangan Basis Data Sistem Informasi Perwira Tugas Belajar (Sipatubel) Pada Kementerian Pertahanan. Senamika, 1(2), 222-233.

Gat, G. (2015). Perancangan Basis Data Perpustakaan Sekolah dengan Menerapkan Model Data Relasional. Creative Information Technology Journal, 2(4), 304- 315.

Abdullah, D. (2015, April 30). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KAPAL DI PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) CABANG LHOKSEUMAWE, Volume 1, 21-26.

Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan. (2013). Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan | Profil Pelabuhan. Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan | Profil Pelabuhan. Retrieved June 10, 2022, from https://pipp.djpt.kkp.go.id/profil_pelabuhan/1174/informasi




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v9i1.22024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.