ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSHOP UNIQLO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 & IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

Johanes Fernandes Andry, Edric Suryady, Malvin Adrianus, Kevin Samuel Ariyanto, Honni Honni

Abstract


Uniqlo merupakan sebuah webshop E-commerce Business-to-Customer (B2C) di Indonesia dalam bidang lifestyle. Akhir-akhir tahun ini pertumbuhan industri 4.0 makin pesat dikarenakan pertumbuhan digital semakin berkembang pesat di Indonesia, masing-masing Web-Shop mulai terus melakukan inovasi untuk memastikan bahwa bisnis yang mereka jalankan dapat masih diminati tiap tahun yang akan datang sesuai dengan keinginan pasar. Dengan meng-aplikasikan melalui Website, maka pihak perusahaan harus dapat menjalankan industry E-commerce dalam bidang LifeStyle ini dengan kualitas dan keandalan suatu sistem yang harus diperhatikan dengan seksama .Penelitian yang melatar belakangi permasalahan ini yaitu “Bagaimana pelayanan yang diberikan website uniqlo untuk pelanggan yang masih baru atau kurang paham cara belanja di website tersebut” dan Bagaimana service interaction terhadap pengguna baru “apakah ke website uniqlo sudah memenuhi kriteria dalam standar suatu website yang baik berdasarkan metode webqual 4.0”. Uniqlo Co., Ltd. adalah perusahaan Jepang yang bergerak di bidang desain produk, produksi dan distribusi pakaian kasual. Konsep tokonya adalah "gudang raksasa dengan pilihan permanen". Uniqlo menyebut model bisnisnya SPA (Specialty Retailer of Private Label Clothing) atau toko pakaian private label. Perusahaan ini mengelola semua fase bisnis mulai dari desain, manufaktur, hingga ritel. Dalam persaingan industri ini perusahaan ini harus bersaing dengan kompetitor lainnya seperti Zalora, Hush Puppies, H&M, Matahari Mall. Pada penelitian ini penulis ingin meneliti seberapa kualitas webshop uniqlo menurut pandangan Customer , dengan menggunakan metode Webqual 4.0 & Performance Analysis yang dikelola dengan SPSS berdasarkan data yang diterima penulis. Penelitian ini memperhatikan attribute yang dibutuhkan yang dimana penulis mengambil variabel menurut pelanggan yang harus diperhatikan agar dapat memenuhi kebutuhan atau ekspektasi kita dalam pengembangan penelitian tersebut.

Full Text:

PDF

References


Hidayatullah, R. A. (2017). LKP: Pembuatan Desain Website Sebagai Penunjang Company Profile CV. Hensindo.

Susanto, S. (2017). Perancangan Student Self Service Berbasis Web pada SMA Budi Mulia.

Agustina, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Etnosentris Terhadap keputusan Pembelian Produk Emina.

Yu, C. J., Chiao, Y.-C., Tai, H., & Wu, L. (2017). Perceived quality, customer satisfaction, and customer loyalty: The case of Lexus in Taiwan. Total Quality Management and Business Excellence, 16(6).

Park, H., & Baek, S. (2017). Measuring Service Quality of Online Bookstores with WebQual.

Andry, J. F., Juliawan, G., Hosea, & Wijaya, J. (2019). Pengukuran Kualitas Website Elevenia Menggunakan Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), 4(1).

Andry, J. F., Yuda, Y., Pratama, H., & Veru, A. (2018). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Pada E-Commerce JD.ID. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 4(3).

Danthya, E. P., & Nurcaya, I. N. (2017). Pengaruh Kualitas Website E-commerce Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Persepsi Risiko Konsumen (Studi Pada Konsumen E-commerce di Kabupaten Bandung).

Rehatalanit, Y. L. R. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis.

Rahadi, D. R. (2017). Pengaruh Karateristik Website Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Teknologi Informasi Politeknik Telkom, 1(1).

Rahmawanti, W. (2017). Pengaruh Kualitas Website E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 21(2).

Padmowati, R. d. L. E., & Buditama, A. T. (2019). Aplikasi Perangkat WebQual 4.0 Untuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Student Portal Unpar.

Purwanto, S. K., & Pawirosumarto, S. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Penggunaan Sistem E-Learning Di Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana. Jurnal Manajemen, 21(2).

Fitanto, Y. R., Wijoyo, S. H., & Herlambang, A. D. (2019). Evaluasi Kualitas Website Jawa Pos menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi pada PT. Jawa Pos). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9).

Umam, R. K., & Hariastuti, N. P. (2018). Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA).

Suryani, A. R. (2019). Analisis Kualitas Website Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Menggunakan Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Febi Semester 6 IAIN Bengkulu.

Budi, R. F. (2021). Pengaruh Kualitas Web Terhadap Tingkat Kepuasan Penggunaan Google Scholar.

Frasiska, K. (2017). Perencanaan Tugas Dalam Pelaksanaan Kursus Calon Pengantin (Suscatin) Di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukarame Bandar Lampung.

Hastanti, R. P., Purnama, B. E., & Wardati, I. U. (2017). Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jurnal Bianglala Informatika, 3(2).

Fauji, M., & Sabri, M. (2021). Perancangan Company Profile Berbasis Website Sebagai Media Promosi YV Decoration Medan. Jurnal FSD, 2(1).

Wahono, R. S. (2017). Literature Review: Pengantar Dan Metode.

Cahyono, E. A. (2019). Literature Review; Panduan Penulisan Dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2).

Sanjaya, I. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. 14(1).

Dewi, N. P. S. P., Dantes, G. R., & Indrawan, G. (2018). Evaluasi Usability Pada Aspek Satisfaction Menggunakan Teknik Kuesioner Pada Sistem Lms Program Keahlian Ganda. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(1).

Wirahutama, G. (2017). Ambiguitas Peran Sebagai Variabel Moderator Terhadap Hubungan Antara Kualitas Sistem Informasi Dan Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi Pada DPKAD Kota Semarang.

Ruswanti, E. (2018). Pengaruh Service Quality Dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v9i1.21984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.