PERANCANGAN DATABASE KESEHATAN TERUMBU KARANG DI SELAT BUNGA LAUT

Fayzah Aprilia, Marcella Grace Angelique Lubis, Rizki Muhammad Izzah

Abstract


Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati yang sangat besar, ditandai oleh berbagai ragam ekosistem, keanekaragaman jenis, dan genetik. Hal ini menjadikan Indonesia disebut sebagai negara megabiodiversity. Salah satu ekosistem yang mempunyai keanekaragaman hayati yang besar adalah ekosistem perairan dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Jumlah terumbu karang pada tahun 2018 terus mengalami perkembangan hingga mencapai 284.300 km². Hal tersebut menunjukkan bahwa ekosistem terumbu karang di Indonesia masih terus berkembang. Hal tersebut menjadi salah satu tolak ukur bagi masyarakat agar terus mengembangkan terumbu karang, khususnya pada zona konservasi terumbu karang. dapat diketahui bahwa database dari terumbu karang sendiri sangatlah penting dan dibutuhkan. Adanya database tersebut akan mempermudah dalam mengetahui kondisi nyata dari terumbu karang. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu database yang mencakup laporan dari kondisi kesehatan terumbu karang di Selat Bunga Laut. Metode yang digunakan adalah dengan DBLC (Database Life Cycle) yang mana akan menghasilkan gambaran berupa database. Database tersebut akan memudahkan dalam mencari informasi mengenai kesehatan terumbu karang serta mengetahui langkah-langkah dalam perancangan database.


Full Text:

PDF

References


A. Andaru, Pengertian Database Secara Umum, 2018.

S. A. Harahap, M. L. Syamsuddin dan N. P. Purba, “Penanaman Terumbu Karang dalam Upaya Peningkatan Nilai Tambah Lingkungan dengan Metode Transplantasi Rangka Kubah di Pangandaran,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 68-71, 2017.

K. Muttakin, “Penerapan Normalisasi Database Untuk Pengolahan Data Nilai Siswa Pada Madrasah Ibtidaiyah Yaspi Balak,” dalam Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018.

I. N. A. Arsana dan A. S. Lestari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Laporan Keuangan Pada SMP Nasional Berbasis Web.,” Jurnal Krisnadana, vol. 1, no. 1, pp. 47-56, 2021.

S. Suryono, M. Munasik, R. Ario dan G. Handoyo, “Inventarisasi Bio-Ekologi Terumbu Karang Di Pulau Panjang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah,” Jurnal Kelautan Tropis, , vol. 20, no. 1, pp. 60-64, 2017.

K. P. Nana dan L. Junaedi, “Penerapan Association Rule Pada Sistem Rekomendasi Produk Properti Berdasarkan Pola Interaksi Pengguna,” Antivirus: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 15, no. 1, pp. 30-43, 2021.

S. S. Wibagso dan E. Lia, “Desain model database layanan Panti Werdha dengan menerapkan metode Database Life Cycle.,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi (JUTISI), vol. 6, no. 3, pp. 573-588, 2020.

R. Umar, A. Hadi, P. Widiandana, F. Anwar, M. Jundullah dan A. Ikrom, “Perancangan Database Point of Sales Apotek Dengan Menerapkan Model Data Relasional,” Query: Journal of Information Systems, vol. 3, no. 2, 2019.

S. Mukaromah, A. B. Putra dan A. A. Arifiyanti, “Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi berbasis Desktop dengan Pendekatan Perancangan Terstruktur.,” In Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, vol. 1, pp. 160-163, 2020.

E. I. Rahman dan N. Azis, “Mengelola Data Barang Dengan Perancangan Sistem Informasi Mobile Berbasis Android.,” ikraith-informatika , vol. 5, no. 3, pp. 109-120, 2021.

P. F. Rachmawati, R. F. Anggawangsa, R. Puspasari, R. Rachmawati dan A. Zulfikar, “Perkembangan Kondisi Sumberdaya Ikan Karang dan Ekosistem Terumbu Karang di Perairan Sumatera Barat sebagai Dampak Pembentukan Kawasan Konservasi Perairan TWP P. Pieh.,” BAWAL Widya Riset Perikanan Tangkap, vol. 13, no. 2, pp. 95-109, 2022.

Indarjani, Pengantar Ilmu Lingkungan, Bandung: Widina Bhakti Persada, 2020.

I. M. Putra, Dirgayusa dan E. Faiqoh, “Keanekaragaman dan Biomassa Ikan Karang serta Keterkaitannya dengan Tutupan Karang Hidup di Perairan Manggis Kabupaten Karangasem Bali.,” Journal of Marine and Aquatic Sciences, vol. 5, no. 2, pp. 164-176, 2019.

W. S. Prasetya, “Perancangan model basis data relasional dengan metode Database Life Cycle,” Seminar Nasional Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 91-98, 2017.

K. Surbakti, “Kajian mengenai pentingnya basis data bagi sekolah saat ini,” Jurnal Curere, vol. 2, no. 2, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i2.17527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.