ANALISIS KUALITAS LAYANAN INTEGRATED LIBRARY SISTEM (INLIS) LITE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

Zarnelly Zarnelly, Hasta Mayas, Megawati Megawati

Abstract


Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Kampar menerapkan Sistem Informasi Integrated Library System (INLIS) Lite sejak tahun 2014. Pada sistem OPAC masih terdapat kesalahan dan keluhan dari pemustaka. Untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi pada penerapan layanan OPAC maka digunakan metode Libqual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan OPAC. Subjek penelitian ini  adalah pengunjung yang  datang langsung ke  perpustakaan yang  menggunakan OPAC pada Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kampar dengan jumlah sampel 100 orang. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis perhitungan libqual. Data diperoleh dengan melakukan   wawancara, menyebarkan kuesioner dan kembangkan mengikuti metode libqual. Berdasarkan analisis skor Adequacy Gap (AG) menunjukkan skor  positif  0,1,  berarti  bahwa  layanan  yang  diberikan  telah  memenuhi  harapan  minimum pengunjung "cukup puas" terhadap layanan yang diterimanya. Sedangkan skor Superiority Gap (SG) menunjukkan skor menunjukkan skor negatif -2,48, berarti menunjukkan bahwa kualitas layanan sistem informasi Integrated Library system (INLIS) Lite dinilai "Baik", berada pada "batas toleransi/zone of tolerance", dimana kualitas layanan berada diantara tingkat harapan ideal.

 

Kata Kunci: Analisis Kepuasan Pemustaka, Libqual, Perpustakaan

 


Full Text:

PDF

References


. Ardiansyah, I. (2018). Pengaruh kualitas website traveloka terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode webqual. Dalam National conference of creative industry.

. Arifah, F. N., Rosidi, A., dan Al Fatta, H. (2013). Evaluasi kepuasan pelayanan pengguna aplikasi opac perpustakaan stmik amikom yogyakarta. Creative Information Technology Journal, 1(1), 46–56.

. Dalimunthe, N., dan Sartika, D. (2016). Analisis kualitas layanan sistem informasi inlis lite menggunakan metode libqual (studi kasus: Badan perpustakaan dan arsip kota pekanbaru). Jurnal Sains dan Teknologi Industri, 13(2), 211–217.

. Dewa, C. K. (2010). Aplikasi manajemen portfolio menggunakan model mean absolute deviation (mad) dan algoritma titik interior. KATA PENGANTAR, 1.

. Dewi, A. O. P. (2018). Pencarian katalog dalam online public access catalog menggunakan boolean logic. Anuva, 2(3), 291–298.

. Fatmawati, E. (2012). Evaluasi kualitas layanan perpustakaan feb undip berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka dengan metode libqual. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 1–18.

. Fatmawati, E. (2013). Mata baru penelitian perpustakaan dari servqual ke libqual+. Sagung Seto.

. Haryanto, R., Winoto, Y., dan Rohman, A. (2012). Kualitas layanan perpustakaan fakultas teknologi industri pertanian (ftip) unpad berdasarkan harapan dan persepsi mahasiswa. Students e-Journal, 1(1), 24.

. Manik, A., Salamah, I., dan Susanti, E. (2017). Metode webqual 4.0 untuk evaluasi kualitas website politeknik negeri sriwijaya. Prosiding SNATIF, 355–361

. Primadani, L., dan Ati, S. (2014). Studi kelayakan pengadaan layanan readers’advisory for fiction di upt perpustakaan daerah jawa tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 3(2), 131–140.

. Rohman, F., dan Kurniawan, D. (2017). Pengukuran kualitas website badan nasional penanggulangan bencana menggunakan metode webqual 4.0. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(1),31–38.

. Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif kuantitatif dan rd. Alfabeta..




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i1.16246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.