Analisa Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Strategi Pengembangan Menggunakan Pendekatan Swot Analysis dan Business Model Canvas

Zafirah Fira, Syaifullah, SE., M.Sc

Abstract


Bisnis kuliner memiliki prospek yang bagus termasuk dibidang usaha kue dan roti. Takadeli Cake Boutique Pekanbaru merupakan salah satu dari sekian banyak Toko Cake yang ada di Kota Pekanbaru sehingga ia dihadapkan pada situasi persaingan dan tantangan yang dinamis. Persaingan bisnis yang dihadapi tidak hanya bersifat lokal, dengan peningkatan kemajuan teknologi sehingga meningkatkan daya saing yang kuat Masalah yang dihadapi Takadeli Kue saat ini adalah harga kue yang disajikan relatif lebih mahal dari harga kue di pasaran, banyaknya pesaing yang menjual kue di sekitar wilayah Takadeli, dan promosi produk yang belum efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi bisnis dan model bisnis yang tepat bagi Takadeli Cake Pekanbaru dalam menghadapi persaingan di pasar.Analisa SWOT yang digunakan untuk mengetahui kondisi internal dan ekstenal serta mengetahui posisi Takadeli di pasar dan di kombinasikan dengan menggunakan model kanvas bisnis untuk membuat model bisnis yang dapat dijadikan pedoman dalam upaya pengembangan bisnis Takadeli Cake Pekanbaru. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Takadeli Cake Pekanbaru terletak pada posisi Kuadran I dengan nilai faktor internal sebesar 0,928 dan nilai pada faktor eksternal sebesar 0,623. Ini merupakan posisi yang terbaik, karena perusahaan berada di daerah yang kuat dan tangguh.Maka ada beberapa alternatif strategi yang tepat untuk Takadeli Cake Pekanbaru, yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk untuk menarik pelanggan baru, meningkatkan layanan untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru, serta memanfaatkan kemajuan teknologi dengan promosi menggunakan aplikasi atau media sosial. Maka dari beberapa alternatif strategi tersebut, rumuskan model bisnis Takadeli Cake Pekanbaru melalui kanvas model bisnis yang terdiri dari 9 blok komponen dalam meningkatkan bisnis. Kata kunci: Analisa SWOT, Business Model Canvas, Strategi Bisnis

Full Text:

PDF

References


Hartatik, Teguh Baroto. Strategi Pengembangan

Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas.

Jurnal Teknik Industri. 2017; 18(18); 113 – 120.

Freddy. Rangkuti, Editors. Analisa SWOT:

Teknik Membedah Kasus: PT. Gramedia Pustaka

Utama. 2016.

Kanal Informasi. Pengertian Busana

Muslim.https://www.kanalinfo.web.id/pengertianbusana-muslim; accessed: 28.09.2019.

Pearce, John A; Robinson, Richard B.

(2013). Manajemen Strategis. Jakarta

Selatan: Penerbit Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. (2016). Analisis SWOT:

Teknik Membedah Kasus Bisnis.Jakarta:

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Syaifullah, Tengku Khairil Ahsyar,

Ardiansyah. 2020. E-Marketplace Media

Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil

dan Menengah Dinas Koperasi UMKM Kota

Pekanbaru. Jurnal Sistem Informasi.

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif

Kasim Riau. Vol.6 No.1 E-ISSN 2502-8995

Setyawan, Anpi dkk. 2018. Analisis

Finansial Dan Strategi Pengembangan

Usaha Industri Kue Baytat “Adn” Di

Kota Bengkulu. ISSN : 20885369

Ugih Rizqi Zakka dkk. 2019.

Penentuan Strategi

Pengembangan

Bisnis Menggunakan Analisa SWOT

dan Business Model Canvas. Jurnal

Teknik Industri. Universitas Islam

Indonesia Yogyakarta

David, F R. 2004. Manajemen Strategis

Konsep-Konsep. PT. Indeks Kelompok

Gramedia. Jakarta.

Dian Jingga Permana. 2013. Analisis

Peluang Bisnis Media Cetak Melalui

Pendekatan Bisnis Model Canvas

Untuk Menentukan Strategi Bisnis

Baru. Jurnal Teknik Industri. ISSN :

-276X

Elvitriadi Z.A.R. (2020). Strategi

Pengembangan Agribisnis PT Mitra

Kerinci.Universitas Andalas Padang.

Vol.6 No.1 E-ISSN 2597-4084

Harianto, Eric. Implementasi Lean

Canvas Pada Entrepreneurial Project

Startup Bisnis. Jurnal Ekonomi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i1.16180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.