BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI STRATEGI BISNIS PADA RBMS MENGGUNAKAN ANALISA SWOT DAN METODE TOPSIS

Idria Maita, Syarifah Reni Syafitri, syaifullah Syaifullah, Medyantiwi Rahmawita Munzir, Nesdi Evrilyan Rozanda

Abstract


RBM Salsanafa adalah distributor pakaian pria, wanita, serta anak-anak muslim. Persaingan bisnis dalam bisnis ini tidak hanya menjadi bersifat lokal, tetapi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi hingga menyebabkan meningkatnya persaingan yang kuat, menimbulkan permasalahan yang teridentifikasi yaitu bagaimana strategi memperluas pangsa pasar guna menghadapi persaingan yang sudah bersifat global ini didalam bidang penyedia pakaian muslim serta mendesain ulang atau remodeling bisnis RBM Salsanafa agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dewasa ini. Tujuan riset ini guna mengetahui strategi yang terbaik beserta menentukan kriteria yang diprioritaskan dan melakukan desain ulang bisnis model kanvas yang baru di RBM Salsanafa. Analisa SWOT berperan sebagai alat untuk menggambarkan faktor-faktor strategis organisasi seperti kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman. Dan Metode TOPSIS digunakan untuk merekomendasikan kebijakan yang akan diambil dengan menentukan parameter yang dianggap paling utama sebagai visualisasi usulan menggunakan pemodelan Canvas yang baru. Hasil dari riset ini menemukan bahwa startegi yang memiliki nilai preferensi 0.757 berada pada peringkat 1, nilai preferensi 0.598 berada pada peringkat 2, nilai preferensi 0.5167 berada pada peringkat 3 dan nilai preferensi 0.408 berada pada peringkat 4.


Full Text:

PDF

References


Alptekin, N. (2013). Integration of SWOT Analysis and TOPSIS Method In Strategic Decision Making Process. A multidisciplinary journal of global macro trends, 2(7), 1--8.

Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa. Ketahanan Pangan, 2(1), 66--75.

Bas, E. (2013). The integrated framework for analysis of electricity supply chain using an integrated SWOT-fuzzy TOPSIS methodology combined with AHP: The case of Turkey. Electrical Power and Energy Systems, 44, 897--907.

Ghorbani, M., Velayati, R., & Ghorbani, M. (2011). Using Fuzzy TOPSIS to Determine Strategy Priorities by SWOT Analysis. International Conference on Financial Management and Economics, 11, 135--139.

Gunawan, ,. E. (2017). Analisis Startegi Bisnis Pada PT. Omega Internusa Sidoarjo. Agora, 5(1).

Harahap, A. D., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia. Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193--213.

Hartatik, & Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(18), 113--120.

HM, R. (2015). PEMASARAN UDANG BEKU PT. MUSTIKA MINA NUSA AURORA TARAKAN, KALIMANTAN UTARA. Jurnal Galung Tropika, 4(1), 60--67.

Khan, M. A., & Wuest, T. (2019). Upgradable Product-Service Systems: Implications for Business Model Components. CIRP Life Cycle Engineering (LCE) Conference, 80, 768--773.

Kristiani, P. (2015). Analisa Interdependensi Antara Value Chain Dan Business Model Pada Industri Pengolahan Makanan. Agora, 3(2), 6--11.

Kusnandar, V. B. (2021, September 30). Sebanyak 86,88% Penduduk Indonesia Beragama Islam. Retrieved November 29, 2001, from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/30/sebanyak-8688-penduduk-indonesia-beragama-islam

Mabrur, A. Y., & Hernandi, A. (2018). Pengembangan Metode Topsis Dalam Kuadran Matrik Mengatasi Permasalahans Ruang Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Prioritas Dalam Upaya Mengatasi Permasalahan Lahan. Prosiding Seminar Nasional.

Marisa, J., Syahni, R., Hadiguna, R. A., & Novialdi. (2017). Analisa Strategi Rantai Nilai (Value Chain) Untuk Keunggulan Kompetitif Melalui Pendekatan Manajemen Biaya Pada Industri Pengolahan Ikan. Journal of Animal and Science Agronomy Panca Budi, 2(02), 7--17.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. John Wiley and Sons. Inc.

Periansya. (2011). Penerapan Analisis Value Chain Sebagai Strategi Manajemen Biaya Untuk Keunggulan Kompetitif. Teknika, 31(1), 56--60.

Rangkuti, F. (2016). Analisa SWOT: Teknik Membedah Kasus. PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i1.16056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.