AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 PADA PERUSAHAAN PENYEDIA LAYANAN INTERNET

Johanes Fernandes Andry, Francka Sakti Lee, William Darma, Paramita Rosadi, Reynaldi Ekklesia

Abstract


Perusahaan Penyedia Layanan Internet ini terlibat dalam Solusi Teknologi Informasi (TI), seperti Penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP), mengelola layanan (misalnya, lokasi bersama server, hosting web, dan komputasi awan). Fokus utama perusahaan ini adalah mengelola layanan internet, memiliki beberapa sister company seperti Media Akses yang bergerak di bidang NAP (Network Access Provider), dan Media Nusantara Data Global yang bergerak di bidang Data Center. COBIT atau lebih dikenal dengan nama Control Objectives for Information and Related Technology diperkenalkan oleh ISACA (Information Systems Audit and Control Association) untuk tata kelola dan manajemen TI. Tujuannya adalah menjadi alat pendukung bagi manajemen puncak dan menutup kesenjangan antara masalah teknis, risiko bisnis dan persyaratan. Penulis menggunakan salah satu domain COBIT 5 yaitu DSS (Deliver, Service, dan Support), dan fokus pada satu sub domain yaitu DSS03 Manage Problems. Tujuan dari penelitian tentang COBIT 5, yaitu melakukan analisis terhadap hasil wawancara pada user yang didapat dan melakukan konfirmasi atas dokumen-dokumen yang didapat dari pihak perusahaan dan menentukan setiap proses menggunakan kapabilitas level untuk mengetahui level kapabilitas pada perusahaan. Tahapan metode penelitian yang dilakukan adalah studi literatur, state domain selanjutnya adalah collecting data dan interview kepada user, analisis interview dan menghitung capability serta rekomendasi kepada perusahaan.


Full Text:

PDF

References


“Rouse, M. (2020). Definition IT Solution”. Retrieved from Search IT Channel: https://searchitchannel.techtarget.com/definition/solution

“Altemimi, M. A., & Zakaria, M. S. (2015). IT Governance Lanscape: Toward Understanding the Effective IT Governance Decision-Making. Scholedge International Journal of Business Policy & Governance”.

“Amali, L. N. (2013). Tata Kelola TI yang Efektif di Organisasi Pemerintah Daerah. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 37-43”.

“Mangalaraj, G., Singh, A., & Taneja, A. (2014). IT Governance Frameworks and COBIT - A Literature Review . Twentieth Americas Conference on Information Systems, 1-10”.

“IT Governance Institute. (2003). Board Briefing on IT Governancce. Rolling Meadows”.

“ISACA, “COBIT 5: a Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT,” 2012’.

“Setiawan, A. K. dan Andry, J. F. Andry. (2019). Pengukuran Performa Tata Kelola Teknologi Informasi pada Perpustakaan Nasional Menggunakan Framework COBIT 5. JUTEI Edisi Volume.3 No.1.

“Gantz, S. D. (2013). The Basics of IT Audit: Purposes, Processes, and Practical Information. Waltham: Elsevier”.

Lindros, K. (2017, July 31). What is IT Governance? A Formal Way to Align IT & Business Strategy. Retrieved from CIO: https://www.cio.com/article/2438931/governanceit-governance-definition-and-solutions.html.

“Wijaya, R. dan Andry. J. F. (2017). Performance measurement of JP soft application using COBIT 5 framework,” Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 83-93”.

“Andry, J. F. dan Christianto, K. (2018). Audit menggunakan COBIT 4.1 dan COBIT 5 dengan Case Study. Teknosain. 2018, hal 122”.

“Octaviyanti, P., dan Andry, J. F. (2018). Audit Sistem Enterprise Asset Management Menggunakan Framework COBIT 5, IKRAITH-Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 34-42”.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i1.14761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.