STUDI KELAYAKAN PENERAPAN E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KOMPUTER DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penerapan sistem e-learning schoology dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif siswa. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran menggunakan e-learning schoology pada kelompok eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol. Kemudian dilanjutkan dengan posttest untuk belajar hasil akhir pembelajaran. Hasil penelitian pertama, Penerapan e-learning Schoology pada mata pelajaran sistem komputer siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru layak diterapkan. Diperoleh Dari hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 65,43% lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 37,22%. Kedua, Berdasarkan hasil uji t-tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan E-learning Schoology dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penerapan sistem e-learning schoology dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif siswa. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran menggunakan e-learning schoology pada kelompok eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol. Kemudian dilanjutkan dengan posttest untuk belajar hasil akhir pembelajaran. Hasil penelitian pertama, Penerapan e-learning Schoology pada mata pelajaran sistem komputer siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru layak diterapkan. Diperoleh Dari hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 65,43% lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 37,22%. Kedua, Berdasarkan hasil uji t-tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan E-learning Schoology dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i2.13166
Refbacks
- There are currently no refbacks.