RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DISTRIBUSI BARANG DAN JASA BERBASIS WEB

Siti Monalisa, Dwiki Apsyarin

Abstract


PT Mitra Wahyuni Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang supplai barang dan jasa. Barang yang di supplai adalah pupuk dan bibit pohon sedangkan jasa adalah office boy dan security. Dalam transaksinya perusahaan ini melbatkan lima supplier dalam menyuplai barang dan jasa. Dalam proses supply chain management pihak perusahaan melakukan penawaran harga melalui email kepada supplier. Namun dalam proses supply chain management yang berjalan saat ini terkadang pihak yang melakukan transaksi tidak berada di tempat, sehingga proses persetujuan dilakukan sampai pihak yang bersangkutan ada di tempat. Sebelum ke tahap pembangunan sistem,  analisadalam proses membangun sistem menggunakan fishbone diagram, serta metode pengembangan sistem menggunakan waterfall dan perancangan menggunakan object oriented analyzed and design (OOAD). Untuk mengoptimalkan proses suppy chain management, dibangunlah sistem informasi supply chain management distribusi barang dan jasa. Berdasarkan hasil pengujian  menunjukan sistem ini mampu melakukan proses supply chain management mulai dari proses pengajuan invoice, approve atau  persetujuan transaksi dan mengetahui stok persediaan barang dan jasa. Sistem informasi supply chain management ini mampu mempermudah proses bisnis antara perusahaan dengan supplier.

Full Text:

PDF

References


Indrajit dan Richards Djokopranoto. Konsep Supply Chain Management: strategi mengelola manajemen rantai pasokan bagi perusahaan modern di indonesia. Jakarta :Grasindo, 2006.

Turban, Efraim, David King, Jae Lee, dan Dennis Viehland, Electronic Commerce: Managerian Perspective. New Jersey: Pretince Hall, 2004.

Aldian, Eko dan Adi.(2014). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) Untuk Distribusi Pangan Kabupaten Minahasa Tenggara.Vol 8 Oktober 2014 ISSN : 2302-3740.

Andita,& Tri Ika,.J.(2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasokan Di Pt Argo Pantes Jurnal Teknik Informatika Vol 9 NO. 2, OKTOBER 2016 ISSN 1979-9160.

Andri Adikusumah. (2015). Perancangan Sistem Informasi SCM Produk Pertanian Berbasis Website Vol.7 Juli 2015.

Nugroho, A. (2005). Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: INFORMATIKA.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i2.13143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.