APLIKASI POLA BELANJA DENGAN ATURAN ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Rice Novita, Hafizoh Suha

Abstract


Pola Belanja Konsumen dapat digunakan untuk menggali informasi baru yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan persaingan bisnis. Herba Penawar Alwahida (HPAI) merupakan salah satu perusahaan yang berlabel halal network di Indonesia. Business Center (BC) adalah pusat layanan bisnis dan kegiatan HPAI yang berlaku bagi semua agen HPAI. Salah satu kota yang memiliki beberapa cabang HPAI di Indonesia yaitu di kota Pekanbaru yang terdapat 10 cabang. Pada BC 1 ini ada sekitar 90 item produk herbal. Setiap bulannya BC 1 melayani banyak transaksi penjualan yang dilakukan setiap saat,  datanya akan terkumpul  pada proses manual maupun proses komputasi. Sehingga data yang  ada belum dimanfaatkan dengan baik oleh pengambil keputusan. Berdasarkan kejadian tersebut diperlukan suatu analisis untuk mendukung suatu keputusan. Analisis tersebut menggunakan teknik data mining yaitu asosiasi menggunakan algoritma Apriori dan didukung oleh metodologi pengembangan perangkat lunak. Item yang ditentukan adalah 2, dan 3 item produk. Sedangkan untuk Minimum Support yang digunakan adalah 15% dengan confidence sebesar 70%. Berdasarkan hasil User Acceptance Test, tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi sangat baik (82,7%). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi menggunakan algoritma apriori yang terdiri dari pemilihan itemset dan aturan asosiasi. Hasil dari perangkat lunak ini digunakan sebagai informasi bagi perusahaan untuk menentukan jumlah stok barang serta mengotomatisasi perhitungan analisa penjualan barang menggunakan algoritma apriori

Full Text:

PDF

References


Sumathi, S., dan Sivanandam, S. (2006). Introduction to data mining and its applications (Vol. 29). Springer.

Tana, M. P., Marisa, F., dan Wijaya, I. D. (2018). Penerapan metode data mining market basket analysis terhadap data penjualan produk pada toko oase menggunakan algoritma apriori. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(2).

Ginanjar Mabrur, A., dan Lubis, R. (2013). Penerapan data mining untuk memprediksi kriteria nasabah kredit. KOMPUTA-Jurnal Komputer & Informatika, 1(1).

Aprilla, D., Baskoro, D. A., Ambarwati, L., dan Wicaksana, I. W. S. (2013). Belajar data mining dengan rapid miner. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

diana Sembiring, L. (2018). Sistem pendukung keputusan penerapan algortima apriori & fp-growth untuk pengambilan keputusan di pemko medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(1), 46–54.

Firman, A., Wowor, H. F., dan Najoan, X. (2016). Sistem informasi perpustakaan online berbasis web. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), 29–36.

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., dan Burd, S. D. (2011). Systems analysis and design in a changing world. Cengage learning.

Juansyah, A. (2015). Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted-global positioning system (a-gps) dengan platform android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.

Sepri, D., dan Afdal, M. (2018). Analisa dan perbandingan metode algoritma apriori dan fp-growth untuk mencari pola daerah strategis pengenalan kampus studi kasus di stkip adzkia padang. JSIK (Jurnal Sistem Informasi Kaputama), 1(1), 47–55.

Wibisono, H. (2015). dkk.“. Dalam Rancang bangun sistem komunikasi data game controller menggunakan bluetooth pada robot humanoid soccer,” the 3th indonesia symposium on robot.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i1.12839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.