SISTEM PAKAR BERBASIS ANDROID UNTUK DIAGNOSA AWAL PENYAKIT KULIT DERMATOFITOSIS

Muhammad Afdal, Ridwan Candra

Abstract


Kurangnya pengetahuan mengenai penyakit kulit yang di sebabkan oleh infeksi jamur (dermatofitosis) serta kurangnya jumlah dokter spesialis kulit dan kelamin menjadi penyebab rendahnya kesadaran masyarakat mengenai pengakit kulit yang di sebabkan infeksi jamur atau dermatofitosis. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada maka dibuatlah suatu sistem pakar diagnosis awal penyakit kulit dermatofitosis sehingga mempermudah masyarakat mengetahui penyakit kulit yang sedang dideritanya. Metode yang digunakan adalah Dermatofitosis. Sistem pakar diterapkan kedalam platform Android. Terdapat 5 jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang bisa didiagnosis oleh sistem pakar ini. Pengujian blackbox menunjukkan aplikasi berjalan dengan baik (100%). Tingkat penerimaan masyarakat terhadap aplikasi juga di uji menggunakan User Acceptance Test dengan nilai 88,125% dari 20 responden. Dari hasil  kedua pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi diagnosa awal penyakit kulit dermatofitosis menggunakan metode certainty factor mampu membantu masyarakat dalam membantu masyarakat dalam mendiagnosis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur.


Full Text:

PDF

References


Adhi, Djuanda, dkk. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Edisi 6. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. p. 3-4, 7-8. 2011.

Adhi, Djuanda, Hamzah, Mochtar; Aisah, Siti. 2010. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Afif, M, dkk. “Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Jamur Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor”, JSIKA Vol. 5, No. 3. Tahun 2016.

Djuanda S, Sularsito SA. Dermatitis Atopik. Dalam: Djuanda A, editor. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Edisi ke- 6. Jakarta: FK UI; 2007. h.138-47. 2010.

Kemala, V, dkk. “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Kulit Dan Kelamin Berbasis Smartphone Android”, e-Proceeding of Engineering, ISSN: 2355-9365 Vol. 2 Nomor 2. 2015.

Kemenkes. (2011). Kementrian Kesehatan Indonesia. Retrieved from https://www.kemenkes.go.id/

Kusumadewi, Sri. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu 2010. 2003.

Pressman, R.S. Rekayasa Perangkat Lunak Buku Satu. Yogyakarta: Andi. 2012.

Sutojo, T., Edy mulyanto, Vincent. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Offset. 2011.

Wasitaatmadja, S. M. Anatomi Kulit -Faal Kulit. Dalam : Djuanda,A (eds). Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. edisi keenam. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pp: 3-7. 2010.

Yastita,Sri, dkk. “Sistem Pakar Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web”, Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 4. ISSN : 2085-9902. 2012

Yuhandri, dkk. “Perancangan Sistem Pakar Dalam Bidang Kedokteran Untuk Mendiagnosa Penyakit Menular Seksual Pada Manusia Dengan Metode Backward Chaining”, Majalah Ilmiah UPI YPTK ISSN: 1412-5854 Vol. 19 Nomor 1. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.11999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.