RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN MAKHRAJ HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID DI TK AZ-ZAHRA TAMBUSAI UTARA

Zarnelly Zarnelly, Siti Romlah

Abstract


Taman Kanak-kanak (TK) Az-zahra merupakan taman kanak-kanak berbasis islam yang berdiri sejak tahun 2012, TK ini terdiri dari 7 guru pada tahun 2018 memiliki jumlah siswa sebanyak 52 orang. Anak-anak TK tersebut harus menguasai tentang makhraj huruf hijaiyah, shalat lima waktu, 10 surah pendek, 15 doa sehari-hari. Pada pembelajaran makhrajal huruf hijaiyah anak-anak masih belum memahami cara pelafalan makhraj huruf hijaiyah dengan baik dan kurang memahami huruf hijaiyah. Tugas akhir ini membangun aplikasi pembelajaran makhraj huruf hijaiyah untuk dapat mengatasi anak-anak yang kurang memahami makhraj huruf hijaiyah tersebut. Metode pengembangan yang digunakan adalah Analysis Design Development Implementation Evaluations (ADDIE). Pemodelan yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML). Teknik pengujian sistem menggunakan Black Box dan User Acceptance Test (UAT). Berdasarkan uji Black Box semua fitur yang dibuat pada aplikasi berjalan 100%. Berdasarkan uji UAT aplikasi memiliki tingkat penerimaan responden 95,8%. Dapat disimpulkan aplikasi ini dapat direkomendasikan untuk media pembelajaran makhraj huruf hijaiyah.

 

 Kata Kunci: ADDIE, Android, Az-Zahra, Pembelajaran, UAT.


Full Text:

PDF

References


Media Pembelajaran Interaktif Seni Origami Berbasis Animasi Untuk Anak Tunagrahita Sedang. Vol. 3, No.2, Agustus.

Budi, Muhammad. A. (2016). Model pembelajaran ICT Literacy M-Learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam. Vol 6, No 2. November.

Hidayah, Ummi. Yamin, M. Hasnudin, La Ode, S.S. (2016). Multimedia Pembelajaran Interaktif Makhraj Huruf Hijaiyah, Wudu dan Shalat Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android. Vol.2, No.2, Juli.

Laksono, Gitadea. Sentinuwo, S. Putro, M.D.(2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Makhraj Huruf Al-Qur’an Untuk Anak-anak. Vol.19, No.1.

Suprianto, Dodit. Rini A. (2012). Pemrograman Aplikasi Android. Penerbit Mediakom, Yogyakarta.

Safaat, Nazruddin. (2012). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Penerbit Informatika Bandung. April.

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Vol.2, No.2, Yogyakarta. Juli




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.10440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.