Pemaafan Pada Remaja Perempuan Yang Mengalami Kekerasan Dalam Pacaran

Gracia Yemima Natasya, Luh Kadek Susilawati

Abstract


Kekerasan dalam pacaran (KDP) merupakan fenomena yang masih terus menerus terjadi di masyarakat, dan seringkali kejadiannya tidak disadari baik oleh pelaku maupun korban. Remaja merupakan rentang usia yang paling rentan terhadap KDP karena minimnya pengalaman mereka dalam hubungan romantis atau berpacaran.  KDP terjadi seperti siklus, yang artinya tidak akan berhenti dan terus menerus terjadi dengan pola dan tahap yang sama dan justru akan semakin parah setiap kali terjadi. Sehingga, korban yang merupakan pihak yang paling dirugikan harus berani mengambil keputusan untuk keluar dari hubungan tersebut, namun perjalanan mereka tidak akan berakhir sampai disana. Dampak negatif yang diakibatkan oleh KDP akan mulai bermunculan, baik dampak secara fisik maupun psikologis. Dampak psikologis pada umumnya adalah yang paling membutuhkan perhatian dan perawatan. Dampak psikologis yang disebabkan oleh KDP berupa kecemasan, ketakutan, kehilangan rasa percaya diri, trauma, stres, depresi, hingga paling fatal dapat berakhir pada kematian. Sehingga, korban KDP sangat perlu untuk kembali memulihkan keadaan psikologisnya untuk mencapai kehidupan yang sejahtera, dan sejahtera secara psikologis. Pemaafan atau forgiveness adalah salah satu alternatif cara yang dapat digunakan untuk membantu korban kekerasan dalam pacaran dapat memulihkan keadaannya, tujuan penulisan ini untuk melihat gambaran pemaafan pada remaja perempuan yang mengalami kekerasan dalam pacaran. Melalui forgiveness seseorang dapat semakin baik secara kognitif dalam menghadapi stress, selain itu forgiveness juga dapat memengaruhi kesejahteraan psikologis seseorang, sehingga melalui forgiveness diharapkan korban kekerasan dalam pacaran akan mampu mengembalikan kesehatan mentalnya kepada keadaan yang baik, dan dapat menghindarkannya dari trauma dan stress yang dapat berujung pada depresi. 


Full Text:

PDF

References


Ayu, S. M., Hakimi, M., & Hayati, E. N. (2013). Kekerasan dalam pacaran dan kecemasan remaja putri di kabupaten purworejo. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 6(1).

Dobash, R. E., & Dobash, R. P. (1992). Women, violence and social change. Routledge.

Enright, R. D. (2002). Forgiveness is a choice, a step-by-step process for resolving anger and restoring hope. Washington, DC: American Psychological. Association.

Engel, B. (2003). The emotionally abusive relationship: How to stop being abused and how to stop abusing. John Wiley & Sons.

Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T. A. (2017). Teori Kepribadian Edisi Kedelapan. Jakarta: Salemba Humanika.

Ginting, T. I., & Sakti, H. (2015). Dinamika Pemaafan Pada Remaja Putri Yang Mengalami Kekerasan Dalam Pacaran. Empati, 4(1), 182-187.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2018). Waspada bahaya kekerasan dalam pacaran. Diunduh dari https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1669/waspada-bahaya-kekerasan-dalam-pacaran.

Kenney, K. L. (2012). Domestic violence. United States of America, USA: ABDO Publishing Company.

Khaninah, A. N., & Widjanarko, M. (2016). Perilaku agresif yang dialami korban kekerasan dalam pacaran. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 151-160.

Komisi Nasional Perempuan. (2020). Catatan Tahunan (catahu) Kekerasan Terhadap Perempuan. Jakarta: Komnas Perempuan. Diunduh dari https://www.komnasperempuan.go.id/read-news-catatan-tahunan-kekerasan-terhadap-perempuan-2020.

Lily, H. M. (2012). Dating violence. New York, NY: The Rosen Publishing Group.

Lissette, A., & Kraus, R. (2000). Free yourself from abusive relationship: Seven step to taking back your life. United States of America, USA: Hunter House Publisher.

Murray, J. (2009). But I love him: Protecting your teen daughter from controlling, abusive dating relationships. Harper Collins.

Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Olds, S. W. (2009). Human development. McGraw-Hill.

Rahmandani, A. (2015). Pemaafan dan aspek kognitif dari stres pada mahasiswi jurusan kebidanan tingkat dua. Jurnal Psikologi, 14(2), 118-128.

https://doi.org/10.14710/jpu.14.2.118-128

Ransley, C., & Spy, T. (2005). Forgiveness and the Healing Process: A Central Therapeutic Concern. New York: Taylor & Francis Group.

Rohmah, N. (2017). Pengaruh forgiveness terhadap psychological well-being pada mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rohmah, S. & Legowo, M. (2014). Motif kekerasan dalam relasi pacaran di kalangan remaja muslim. Paradigma. 2(1): 1-9

Rubin, K. H., Bukowski, W. M., & Laursen, B. (2011). Handbook of peer interactions, relationships, and groups. Guilford Press.

Safitri, W.A. & Samai’ (2013). Dampak kekerasan dalam berpacaran (the impact of violence in dating). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa. Universitas Jember, Jawa Timur.

Salsabila, R., Karmiyati, D., & Hijrianti, U. R. (2019). Hubungan antara Forgiveness dengan Resiliensi pada Penyintas Pasca Konflik di Aceh. Cognicia, 7(1).

https://doi.org/10.22219/COGNICIA.Vol7.No1.%25p

Santrock, J.W. (2013). Adolescence, Fifteenth Edition. McGraw-Hill Education.

Stonard, K. E., Bowen, E., Lawrence, T. R., & Price, S. A. (2014). The relevance of technology to the nature, prevalence and impact of adolescent dating violence and abuse: A research synthesis. Aggression and Violent Behavior, 19(4), 390-417.

Taylor, Shelley E., Letitia Anne Peplau & David O. Sears. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Vaknin, S. (2006). Toxic relationships: Abuse and its aftermath workbook (1st ed). Republic of Macedonia: A Narcissus Publications Imprint Prague & Skopje.

Wolfe, D., & Temple, J. R. (Eds.). (2018). Adolescent dating violence: Theory, research, and prevention. Academic Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i3.9913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.