Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Strength Bombardment untuk Meningkatkan Potensi Diri Siswa

Rizka Nisa Aulia Sinaga, Fauziah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan Teknik Strength Bombardment untuk meningkatkan potensi diri siswa kelas XI di MAN 1 Deli Serdang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengenali dan mengembangkan potensi dirinya baik dari aspek berfikir, emosional, fisik, maupun sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest posttest. Sampel berjumlah 8 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan hasil pretest terendah. Instrumen yang digunakan berupa angket potensi diri dengan empat indikator dan telah diuji validitas dan reliabilitas. Intervensi dilakukan melalui empat sesi konseling kelompok menggunakan teknik Strength Bombardment yang berfokus pada pemberian umpan balik positif dari anggota kelompok untuk memperkuat kesadaran diri dan keyakinan terhadap potensi diri siswa. Setelah siswa mengikuti tiga kali sesi konseling kelompok, hasil post-test menunjukkan peningkatan signifikan. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,012 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Penelitian ini membuktikan bahwa konseling kelompok dengan teknik Strength Bombardment efektif dalam membantu siswa mengenali kekuatan pribadinya dan mengembangkan potensi diri secara optimal

Keywords


Konseling Kelompok; Strength Bombardment; Potensi Diri

Full Text:

PDF

References


Agustin, P. R., & Pratiwi, T. I. (2024). Pengembangan Media Career Goals Road Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier Siswa. Jurnal BK UNESA, 14(1).

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan potensi diri peserta didik melalui proses pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45.

Asnawi, A., Rakhmat, C., & Sidik, G. S. (2023). Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1089–1099. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017

Bakhri, M. (2020). Efektivitas Pendekatan Analisis Transaksional Model Script Analysis Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengembangkan Potensi Diri Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Damanik, H. R. (2019). Pengembangan potensi siswa melalui bimbingan dan konseling. Warta Dharmawangsa, 13(4).

Erford, B. T. (2017). Teknik yang harus diketahui setiap konselor. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pustaka Belajar.

Fitri, E. N., & Marjohan, M. (2016). Manfaat layanan konseling kelompok dalam menyelesaikan masalah pribadi siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 19–24.

Imelda, R., & Harahap, M. Y. (2023). Muhasabah An-Nafs untuk Mengenali Potensi Diri Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 400–414. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.748

Kartianti, S., & Asgar, S. (2021). Pelatihan Mengenal Potensi Diri Dan Kualitas Pribadi Bagi Siswa Smk. Jurnal Hirono, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.55984/hirono.v1i1.53

Kurnanto, M. E. (2013). Konseling kelompok. Bandung: Alfabeta. Update, 7–2020.

Mahaardhika, I. M., Putra, P. A. G. S., Dewi, N. P. A. A. K., & Wirsiasih, K. (2022). Pengembangan potensi diri dan perencanaan karir siswa SMK PGRI 3 Denpasar melalui bimbingan karir. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 3(1), 187–194.

Nashori, F. N. (2003). Potensi-potensi manusia. Pustaka Pelajar.

Nurhasanah, N., Endang, B., & Lestari, S. (2016). Analisis layanan bimbingan dan konseling tentang potensi diri pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12).

Nurshakilah, H. (2022). The Cultivation of Morality and Discipline Character in the World of Education. International Journal of Students Education, 1(2), 29–34.

Pratiwi, U., & Karneli, Y. (2024). Pemahaman Mendasar tentang Konseling Kelompok bagi Praktisi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(2), 60–66.

Prihadi, E. K. (2013). My Potency. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=eH5cDwAAQBAJ

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan aplikasi quizziz sebagai media pemberian kuis dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60– 66.

Retnaningrum, W. (2021). Pentingnya keseimbangan pendidikan akademik dan pendidikan karakter yang Islami pada anak usia dini dalam menghadapi perkembangan jaman. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 9(1), 78–97.

Rogers Carl, R. (1961). On Becoming a Person: A Therapist’s View of Psychotherapy. US: Houghton Mifflin.

Salsabila, A., Achmad, S. S., Jais, M., & Helmi, N. (2022). Tingkat Potensi Diri Siswa Sekolah Menengah Atas untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 172–178. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.47690

Sanjaya, W. (2014). Penelitian pendidikan: jenis, metode dan prosedur.

Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utami, M. P. M. P. (2024). Konseling Dengan Pendekatan Teknik Strength Bombardment Dan Syukur Untuk Mengatasi Insecure Pada Remaja. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 7(2), 569–586.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v6i3.37866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.