Hubungan Academic Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Suska RIAU
Abstract
Stres akademik merupakan suatu kondisi yang dialami oleh individu yang mengalami tekanan atau tuntutan melebihi kemampuan individu yang berkena’an dengan masalah akademik seperti adanya kekurangan pada diri yang mempengaruhi akademik, ketakutan akan kegagalan, kesulitan interpersonal dengan dosen, hubungan dosen-murid/metodologi pengajaran, dan fasilitas belajar yang tidak memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara academic hardiness dan stres akademik pada mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Adapun teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah teknik quota sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 400 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuisioner. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Academic hardiness (Benishek dan Loppez 2001) dan Stres Akademik (Wahyuni, 2022). Berdasarkan hasil analisis product moment pearson, diperoleh nilai (r) sebesar -0,302 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (p= 0,000<0,01). Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara academic hardiness dengan stress akademik pada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Hipotesis diterima dengan sumbangan efektif sebesar 91%.
Keywords
References
Alvin, N. 2007. Handling Study Stres.’Panduan Agar Bisa Belajar Bersama Anak- Anak Anda”. Jakarta Elex Media Komputindo
Arishanti, Novrizki & Amalia Juniarly. (2019). Hardiness, Penyesuaian Diri dan Stres Pada Siswa Taruna. Jurnal Psikologi, vol 4(2). Halm 170-172.
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta PT. Rineka Cipta.
Aryani, F. (2016). Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling.
Arsyad, M. Sulistiyana, Elis, S (2022). Analisis Academic Hardiness Pada Mahasiswa FKIP ULM Angkatan 2018. Semarang.
Azwar, Saifuddin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemi COVID
Jurnal Penelitian Psikologi, 8(1), 212-223.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.
Bandura, A. (2010). Self-Efficacy mechanism in Psicological and health promoting behaviour. Prentice hall.
Benishek & Lopez. (2001). Development And Evaluation Of The Revised Academic Hardiness Scale. Journal Of Career Assessment. 9(4), 333-352.
Benishek, L.A, Feldman, J. M, Shipon, R.W, Mecham, S. D & Lopez, F. G (2005).
Development And Evaluation Of The Revised Academic Hardiness Scale.
Bissonnette, M. (2002). Optimism, Hardiness, And Resiliency. Prepare For The Child And Family Partnership Project. Journal Of Career Assessment,13 (1),59–76
Busari, O. A. (2011). Stress Inoculation Techniques in Fostering Adjusment to Academic Stress Among Undergraduate Students. British Journal of Humanitiesand Social Science, 1, 229-243.
Busari. (2014). Academic Stres among Undergraduate Students: Measuring the Effects of Stres Inoculation Techniques. Journal of Social Sciences, 5 (27), pp.599-699
Cole, M. S., Feild, H. S., & Harris, S. G. (2004). Student Learning Motivation And Psychological Hardiness: Interactive Effects On Students’ Reactions To A Management Class. Journal : Academy Of Management Learning & Education, 3(1), 64–85
Cohen, L. K. (n.d.). (2007) Research Methods in Education. New York: Routledge.D Davison, gerald C, John M. Neale & Ann M. Kring 2006. Psikologi abnormal edisi
Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dweck & Legget (1988). A Social-Cognitive Approach To Motivation And Personality.
Psychological Review. 95,(.2), 256-27.
Ghossani, Ghorsina, Al. (2016) “ Hubungan Kecakapan Diri dan Ketahanan dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama di Uin Maulana Malik Ibrahim Malang”.
Kamtisos, S & Karagiannopoulou, E. (2013). Conceptualizing a student's academic hardiness dimensions a qualitative study. European journal of psychology of education, 28, 807-823.
Kaplan & Sadock, 2015. Synopsis Of Psychiatry: Behavioral Scienes/Cinical/Psychiatri-Elevent Edition
Khumairah (2022). “Hubungan Kepribadian Hardiness dengan Akademik Burnot pada Mahasiswa”.
Kobasa, S. C. (1979). Stressful life events, personality, and health inquiry into hardiness. Journal of personality and social psychology, 37(1), 1-11
Kurnia, A., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Hardiness dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Imiah Psikologi, 9(3), 657-666
Kusuma Pergiwati, P., & Gusniarti, U.(2007). Hubungan antara penyesuaian diri sosial dengan stres pada siswa akselerasi. Naskah Publikasi
Kumar, R. (2014). Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners.
London: Sage Publication.
Laili Mufidah, N., & Karyani, U. (2021). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Maddi, S. R. (1982). Hardiness and healt: A Prospective study. Journal of Personality and Social Psychology, 1(3), 160–168.
Martadinata. (2015). hubungan antara stressor akademik dan prokrastinasi akademik terhadap keyakinan diri siswa kelas XI SMAN 1 Cicurug. Psiko Edukasi, 13(2).158-171.
Misra and Castillo, 2004. Academic Stress Among College Students: Comparison of American and International Students. International Journal of Stress Management, 11(1), 32-148.
Mufidah (2021). “Hubungan Antara Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa”. Naskah Publikasi, Surakarta.
Nurtjahjanti, Herlina., Ratnaningsih,Ika. (2011).”Hubungan Kepribadian Hardiness dengan Optimisme pada Calon TKI Wanita di BLKLN Disnakertrans Jawa Tengah”. Jurnal Psikologi Undip Vol. 10, No.2.
Phillips, Sharon Campbell, Deb Proshad Halder, and Wahiduzzaman Hasib. (2020). “Academic Stress among Tertiary Level Students: A Categorical Analysis of Academic Stress Scale in the Context of Bangladesh.” Asian Journal of Advanced Research and Reports 8, no. 4 (2020): 1–16.
Pratiwi, R. (2019). Academic Hardiness pada mahasiswa aktivis organisasi intra kampus. Surakarta.
Putri, S.A & Sawitri, D.R. 2017. Hubungan Hardiness dengan Stres Akademik Pada Taruna Tingkat II Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Jurnal Empati: 6(4)
Putri, R. M. (2023). Hubungan Antara Stres Akademik dan Dukungan Sosial Dengan Psychologycal Well-being Pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Ramadhani, Brevinda.” Hubungan antara Kepribadian Hardiness dan Motivasi Berprestasi dengan Stres Akademik pada Mahasiswa”. Naskah
Publikasi,Yogyakarta.
Ramadhona, Syifa. Rilla, Sovitriana (2021). “Hubungan Antara Hardiness Dan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas XI Di SMA Budi Mulia Kota Tanggerang”. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, Vol 1(1)
Ramadhan, M.I & Yuli (2021). “Hubungan Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Universitas X Program Dokter (PSPD) di Kota Bandung”. Journal Of Psychological Reasearch, Vol 6, No. 2.
Riawardani (2020). Academic hardiness, skills and psychological well-being on new student. Jurnal Psikologi, Vol. 19(2)
Risana, I. W., & Kustanti, E. R. (2019). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa departemen teknik sipil Universitas Diponegoro (Doctoral dissertation, UNDIP).
Rustam & Tentama. (2020). Creating Academic Stress Scale And The Application For Students: Validity And Reliability Test In Psychometrics. International Journal of Scientific & Technology Research. volume 9, hal. 661 – 667
Schultz & Schultz. (2010). Psychology and Work Today, edisi ke 10. New York: Pearson.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24.
Bandung: Alfabeta.
Sutjiato, Margareth, Kandou, G. D., Tucunan, A. A. T. (2015). Hubungan Faktor- faktor Internaldan eksternal Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Artikel ilmiah. Manado: FKM. Vol, 5. No, 1 Universitas Sam Ratulangi Manado.
Sundari, J. (2012). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Intensitas Olahraga Pada Mahasiswa Reguler 2008 Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia. Skripsi. Depok: FIK UI.
Sarafino, E.P & Smith T. W. 1998. Health Psychology: Biopsychological Interaction
Edisi Ketiga. United States Of America: Jhon Wiley & Sons Inc
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trifiriani, muharrama dan Ivan, M, A (2017). “Academic Hardiness dan Prokrastinasi pada Mahasiswa”. Jurnal Psikologi, Vol 13, No 2.
Wahyuni, Sri (2022). “Pengembangan Model Pelatihan Managemen Stres Dan Rasa Syukur Untuk Meningkatkan Student Wellbeing Berdasarkan Perspektif Islam Pada Mahasiswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pekanbaru Riau.
Wulandari, Annisa F (2021)” Hubungan Efikasi Diri dan Hardinnes dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas XI Man 1 Pekanbaru”.
Zwagery V, R & Ghina Naimatun, N (2021)”Academic Hardiness in students with Leukimia at SMA Terbuka Gambut”. Jurnal konseling dan psikologi pendidikan, Vol. 1 No. 1
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v6i3.33596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin
Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.