Hubungan Academic Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Calon Guru

Sri Wahyuni, Putri Aprililla, Desma Husni, Yuliana Intan Lestari

Abstract


Mahasiswa keguruan memiliki keunikan dibandingkan mahasiswa fakultas lainnya, yang mana selain harus memahami materi kuliah, mereka juga harus mengembangkan keterampilan pedagogik karena mereka adalah calon guru. Hal ini membuat mereka memiliki tekanan yang lumayan berat dan dapat mengakibatkan stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara ketangguhan dan stres akademik pada mahasiswa keguruan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, dengan teknik quota sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 400 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala ketahanan akademik dan skala stres akademik. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment by Pearson, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) -0,302 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (p=0,000<0,01), yang memiliki makna bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara ketangguhan akademik dengan stres akademik pada mahasiswa calon guru, dengan sumbangan efektif sebesar 9,1 persen. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa mahasiswa keguruan harus meningkatkan ketangguhan akademiknya agar dapat menurunkan stres akademik.


Keywords


Ketangguhan akademik, stres akademik, mahasiswa keguruan

Full Text:

PDF

References


Aryani, F. 2016. Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Sulawesi Tengah: Edukasi Mitra Grafika.

Arsyad, M. Sulistiyana,&Elis, S. 2022. Analisis Academic Hardiness pada Mahasiswa FKIP ULM Angkatan 2018. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(Special Ed), 35-43. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i2.60803

Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. 2021. Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemi COVID 19. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(1), 212-223. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i1.39116

Bandura, A. 2010. Self-Efficacy mechanism in Psicological and health promoting behaviour. Prentice hall.

Barus, Efvelin, and Akhmad Muzakki. 2025. “Pengaruh Intervensi Coping Mechanism Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Semester VIII Di IBN Tegal Tahun Akademik 2024/2025).” Jurnal Parktisi Administrasi Pendidikan 9(2):132–37. https://doi.org/10.29303/jpap.v9i2.1098

Benishek & Lopez. 2001. Development And Evaluation Of The Revised Academic Hardiness Scale. Journal Of Career Assessment. 9(4), 333-352. DOI: 10.1177/1069072704270274

Cole, M. S., Feild, H. S., & Harris, S. G. 2004. Student Learning Motivation And Psychological Hardiness: Interactive Effects On Students’ Reactions To A Management Class. Journal : Academy Of Management Learning & Education, 3(1), 64–85. DOI: 10.5465/AMLE.2004.12436819

Kamtisos, S & Karagiannopoulou, E. 2013. Conceptualizing a student's academic hardiness dimensions a qualitative study. European journal of psychology of education, 28, 807-823. DOI: 10.1007/s10212-012-0141-6

Kaplan & Sadock, 2015. Synopsis Of Psychiatry. Behavioral Scienes/Cinical/Psychiatri-Elevent Edition

Kobasa, S. C. 1979. Stressful life events, personality, and health inquiry into hardiness. Journal of personality and social psychology, 37(1), 1-11. https://doi.org/10.1037/0022-3514.37.1.1

Misra and Castillo, 2004. Academic Stress Among College Students: Comparison of American and International Students. International Journal of Stress Management, 11(1), 32-148. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/1072-5245.11.2.132

Mufidah. 2021.Hubungan Antara Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa”. Naskah Publikasi, Surakarta.

Phillips, Sharon Campbell, Deb Proshad Halder, and Wahiduzzaman Hasib. 2020. Academic Stress among Tertiary Level Students: A Categorical Analysis of Academic Stress Scale in the Context of Bangladesh. Asian Journal of Advanced Research and Reports 8, no. 4: 1–16. DOI: 10.9734/AJARR/2020/v8i430203

Putri, R. M. 2023. Hubungan Antara Stres Akademik dan Dukungan Sosial Dengan Psychologycal Well-being Pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ramadhan, M.I & Yuli. 2021. Hubungan Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Universitas X Program Dokter (PSPD) di Kota Bandung. Journal Of Psychological Reasearch, Vol 6, No. 2. DOI: 10.29313/schema.v0i0.5670




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v6i3.33596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.