Dukungan Guru dan Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Pekanbaru

Yola Komalasari, Reni Susanti, Desma Husni, Cipto Hadi

Abstract


Siswa sekolah menengah kejuruan memiliki tuntutan akademik yang khas dan dapat mempengaruhi resiliensi akademiknya. Salah satu faktor lingkungan yang dapat menstimulasi berkembangnya resiliensi akademik siswa adalah guru.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dukungan guru dan resiliensi akademik siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, dengan jumlah sampel sebanyak 170 orang siswa SMK Y, yang dipilih menggunakan teknik two stage cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan skala resiliensi akademik dan skala dukungan sosial. Kedua skala memiliki reliabilitas yang baik yaitu 0,914 dan 0,887. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson product momentdiperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,512 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01). Dapat disimpulkan bahwa dukungan guru memiliki hubungan positif dengan resiliensi akademik. Dengan demikian dengan mengoptimalkan dukungan dari guru  akan dapat meningkatkan resiliensi akademik siswa.


Keywords


Resiliensi akademik, Dukungan Guru, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Ahmed, U., Umrani, W. A., Qureshi, M. A., & Samad, A. (2018). Examining the links between teacher’s support, academic efficacy, academic resilience, and student engagement in Bahrain. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 5(9), 39–46. https://doi.org/10.21833/ijaas.2018.09.008

Almarwani, A., Alanazi, F., Lamphon, H., & Alsulami, S. (2024). The relationship between perceived teacher autonomy support, perceived competence in learning, and academic performance among nursing students. Nursing and Health Sciences, 26(1). https://doi.org/10.1111/nhs.13090

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 491-498. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12285

Cahyadi, S. (2019). Peran Teacher Structure terhadap Engagement melalui Academic Buoyancy pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Studia Insania, 7(2), 122-134. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i2.3234

Chen, J. J. L. (2005). Relation of academic support from parents, teachers, and peers to Hong Kong adolescents’ academic achievement: The mediating role of academic engagement. Genetic, Social, and General Psychology Monographs, 131(2), 77–127. https://doi.org/10.3200/MONO.131.2.77-127

Direktorat Analisis & Pengembangan Statistik. (2024). Indikator Kesejahteraan Rakyat 2024. Badan Pusat Statistik Indonesia. ISSN: 0215-4641

Eva, N., Parameitha, D. D., Farah, F. A. M., & Nurfitriana, F. (2021). Academic Resilience and Subjective Well-Being amongst College Students using Online Learning during the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 2020, 202–214. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8206

Fajar, C., & Hartanto, B. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4 . 0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 163–171.

Fang, G., Chan, P. W. K., & Kalogeropoulos, P. (2020). Social support and academic achievement of Chinese low-income children: A mediation effect of academic resilience. International Journal of Psychological Research, 13(1), 19–28. https://doi.org/10.21500/20112084.4480

Harianti, W. S., & Fadlillah, D. F. (2021). Faktor Protektif Yang Berkontribusi Pada Ketahanan Akademik: Sistematik Reviu. Konferensi Nasional Ke-5 Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 5(5), December. https://www.researchgate.net/publication/351770656

Hwang, E., & Shin, S. (2018). Characteristics of nursing students with high levels of academic resilience: A cross-sectional study. Nurse Education Today, 71(August), 54–59. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.09.011

Irawan, R., Renata, D., & Dachmiati, S. (2022). Resiliensi akademik siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 135–140. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8130

Irmayanti, R., Fatimah, S., & Rayaginansih, S. F. (2022). Stres akademik siswa SMK Negeri se-kota Cimahi. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 82–86.

https://doi.org/10.26539/teraputik.61907

Keo, G. D. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Guru terhadap Resiliensi Akademik Siswa SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7840–7850.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4241

Kumalasari, A. G., & Desiningrum, D. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Dengan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Pada Remaja. Jurnal Empati, 5(4), 640–644. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15420

Maharani, P. C. D., & Hartati, M. T. S. (2021). Hubungan antara Self Efficacy dan Dukungan Sosial dengan Resiliensi Siswa SMK Negeri 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Empati: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 85–95. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7977

Martin, A. J. (2013). Academic buoyancy and academic resilience: Exploring “everyday” and “classic” resilience in the face of academic adversity. School Psychology International, 34(5), 488–500. https://doi.org/10.1177/0143034312472759

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267–281. https://doi.org/10.1002/pits.20149

Meiranti, E., & Sutoyo, A. (2021). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Resiliensi Akademik Siswa SMK di Semarang Utara. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.32939/ijocd.v2i2.601

Permatasari, N., Ashari, F. R., & Ismail, N. (2021). Contribution of Perceived Social Support (Peer, Family, and Teacher ) to Academic Resilience during. Golden Ratio of Social Science and Education, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.52970/grsse.v1i1.94

Prihandini, F. (2021). Peran Teacher Support terhadap School Engagement pada Siswa SMA “ X ” Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 5(1), 27–42.

https://doi.org/10.28932/humanitas.v5i1.2780

Rahayu, R. A., Kusdiyati, S., & Borualogo, I. S. (2021). Pengaruh Stress Akademik terhadap Resiliensi Pada Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Psikologi, 7(2), 398-403. https://doi.org/10.29313/.v0i0.28372

Ramadhana, N. S., & Indrawati, E. (2019). Kecerdasan Adversitas dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Siswa SMP X Jakarta Timur. Ikraith-Humaniora, 3(2), 39–45. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/436

Rohinsa, M. (2023). Peran Dukungan Guru Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Psikologis. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 8(2), 266–273. https://doi.org/10.25105/pdk.v8i2.15456

Satyaninrum, I. R. (2019). Pengaruh school engagement, locus of control, dan social support terhadap resiliensi akademik remaja. Tazkiya: Journal of Psychology, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v2i1.10749

Skinner, E. A., & Belmont, M. J. (1993). Motivation in the classroom: Reciprocal effects of teacher behavior and student engagement across the school year. Journal of Educational Psychology, 8(4), 571-581.https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.85.4.571

Utami, L. H. (2020). Bersyukur dan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Nathiqiyyah, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.69

Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, 1(1), 111-140.

Yu, C., Li, X., Wang, S., & Zhang, W. (2016). Teacher autonomy support reduces adolescent anxiety and depression: an 18‐month longitudinal study. Journal of Adolescence, 49(1), 115-123. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.03.001

Zulfikar, Hidayah, N., Triyono, & Hitipeuw, I. (2020). Development study of academic resilience scale for gifted young scientists education. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 342–358. https://doi.org/10.17478/jegys.664116




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v6i2.32331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.