Career Decision Self-Efficacy Ditinjau dari Self-Regulated Learning dan Grit pada Mahasiswa
Abstract
Mahasiswa yang merasa yakin akan kemampuannya tentu dapat membuat keputusan karir, berusaha, serta bertahan ketika merasa kesulitan. Career decision self-efficacy menjadi penting pada pengembangan karir, karena sebagai landasan perilaku persiapan karir dan kesulitan pengambilan keputusan karir, terutama pada kehidupan kampus. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh self-regulated learning dan grit terhadap career decision self-efficacy pada mahasiswa Fakultas Psikologi tingkat akhir angkatan 2020 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan uji regresi linear berganda, menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 140 mahasiswa menurut tabel krejie morgan. Alat ukur yang digunakan yaitu skala career decision self-efficacy dengan nilai α= 0,858 skala self-regulated learning dengan nilai α=0,741 dan skala grit dengan nilai α=0,762. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validtas isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self-regulated learning dan grit terhadap career decision self-efficacy dengan Fhitung= 38,635, p=0,000 dan Rsquare=0,361. Hasil tersebut menunjukkan self-regulated learning dan grit secara simultan memberikan kontribusi sebesar 36,1% terhadap career decision self-efficacy
Keywords
References
Alan, S., Boneva, T., & Ertac, S. (2019). Ever Failed, Try Again, Succeed Better: Results From A Randomized Educational Intervention On Grit. 1–30.
Anwar, M. B. (2023). Efek Moderasi Grit Terhadap Student Engagement Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter.
Asrun, M., Herik, E., Sunarjo, I. S., Oleo, U. H., & Stres, T. (2019). bungan Antara Tingkat Kecerdasan Spiritual Di Universitas Halu Oleo. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 1–10.
Astuti, nur naningsih putri. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kematangan Karier Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling UNY. 694–702.
Bandura, A. (1986). Social Foundatio of Thought and Action, a Social Cognitive Theory.
Betz, N. E., & Luzzo, D. A. (1996). Career assessment and the career decision making self-efficacy scale. Journal of Career Assessment, 4(4), 413–428.
Damayanti, D., Widyowati, A., Psikologi, F., & Ahmad, U. (2018). Peningkatan Career Decision Making Self Efficacy( CDMSE ) Melalui Pelatihan Perenacanaan Karir Pada Siswa SMK. 15(1), 35–45.
Duckworth, A. L., Peterson, C., & Matthews, M. D., & Kelly, D. R. (2007). Grit: Perseverance and passion for long-term goals. Journal of Personality and Social Psychology, 6(92), 1087-1101.
Duckworth, A. L., & Quinn, P. D. (2009). Development and validation of the Short Grit Scale ( GRIT-S ) Development and Validation of the Short Grit Scale ( Grit – S ). February. https://doi.org/10.1080/00223890802634290
Hackett, G. (1994). Toward a Unifying Social Cognitive Theory of Career and Academic Interest , Choice , and Performance. August 1994. https://doi.org/10.1006/jvbe.1994.1027
Izdiharunnisa. (2023). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Religiusitas Terhadap Student Engagement Pada Siswa Madrasah Aliyah Swasta Muallimin Univa Medan.
Krejcie, M. (2006). Tabel Sampel Krejcie Dan Morgan. 2006.
Lee, S., Jung, J., & Baek, S. (2022). The Relationship between Career Decision-Making Self-Efficacy , Career Preparation Behaviour and Career Decision Difficulties among South Korean College Students.
Luzzo, D. A. (1996). Assessment and Diagnosis A Psychometric Evaluation of the Career Decision-Making Self-Efficacy Scale. 74(February), 52–55.
Mardhiyah, K. Z., & Indianti, W. (2018). Mediasi Konsep Diri Akademik Dalam Peran Regulasi Diri dalam Belajar Terhadap Komitmen Terhadap Pilihan Karir Siawa. 2(2), 67–83.
Muhibbin, M. A., Airlangga, U., Wulandari, R. S., & Airlangga, U. (2021). The Role of Grit In Indonesian Student. 3(2), 112–123.
Nelson. (2019). he theory of emerging adulthood 20 years later: A look at where it has taken us, what we know now, and where we need to go. Emerging Adulthood,. 9(3). https://doi.org/10.1177/2167696820950884
Pintrich, P. R. (1995). Understanding Self-Regulated Learning.
Pravesti, C. A., Mufidah, E. F., Ardika, D., & Farid, M. (2022). Pentingnya Self-Regulated Learning pada Mahasiswa. April, 8–18.
Presti, A. Lo, Pace, F., Mondo, M., Nota, L., Casarubia, P., Ferrari, L., & Betz, N. E. (2012). An Examination of the Structure of the Career Decision Self-Efficacy Scale ( Short Form ) Among Italian High School Students. 1–11. https://doi.org/10.1177/1069072712471506
Rahmi. (2019). Efikasi Diri Dalam Membuat Keputusan Karir Pada Mahasiswa. 21(1), 12–22.
Rodinda, M. R., & Eva, N. (2023). The Effect of Self-Efficacy on Career Decision Making in Final Year Students. 05, 34–42.
Santrock. (2019). Life-span development. McGraw-Hill Education.
Santrock, J. . (2003). Adolescent- Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. . (2008). Psikologi Pendidikan (Tri Wibowo B.S (ed.); 1st ed.). Kencana.
Selvia Lauren, S. A., Putra, S. P., & Atrizka, dan D. (2019). Regulasi diri dan perencanaan karir pada siswa sekolah agama. 4, 152–162.
Septania, S., & Khairani. (2019). Pengaruh Grit Dan Gender Dalam Pengambilan Keputusan Karir Mahasiswa. 22(1), 19–27.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.CV.
Takiuddin, M., Husnu, M., Pancor, U. H., & Positif, P. (2020). Abstrak. 4(2), 52–58.
Zimmerman, B. J. (1998). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. September 1989. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329
Zimmerman, S. (2008). Motivation and Self Regulated Learning: Theory, Research and Applications (H. O. S. Regulation. (ed.)). New York, Laurence Erlbaum.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v6i2.29713
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin
Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.