Pengaruh Psychological meaning of money terhadap Materialisme dengan Perilaku Menabung Sebagai Variabel Moderator

Aryani Pamukti, Erny Fitroh Nabila Muwafiqi, Fidinda Avitasari, Retno Mangestuti

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh psychological meaning of money terhadap materialisme dengan perilaku menabung sebagai variabel moderator. Materialisme, sebagai pandangan yang menekankan kepemilikan harta benda, dapat berdampak negatif pada perilaku keuangan, sementara psychological meaning of money mencakup makna psikologis dan emosional yang diberikan individu pada uang. Masih terbatasnya penelitian yang lebih berfokus pada hubungan antara materialisme, psychological meaning of money, dan perilaku menabung menjadi dasar penelitian ini. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan causal comparative. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat materialisme mahasiswa berada pada kategori sedang, sementara tingkat psychological meaning of money mahasiswa juga berada pada kategori sedang. Perilaku menabung diidentifikasi sebagai moderator yang signifikan dalam hubungan antara psychological meaning of money dan materialisme. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perilaku menabung memiliki peran moderasi dalam menghubungkan psychological meaning of money dengan materialisme. Mahasiswa yang menabung cenderung memiliki kecenderungan materialistik yang dipengaruhi oleh pemaknaan terhadap uang, sementara tidak terdapat korelasi yang signifikan bagi mereka yang tidak menabung. Hasil ini dapat memberikan wawasan bagi pengembangan program pendidikan keuangan dan intervensi untuk mengelola orientasi materialistik dan mendorong perilaku menabung yang lebih bijak.


Keywords


Psychological meaning of money; Materialisme; Perilaku Menabung

Full Text:

PDF

References


Anastasia, R. A., & Renanita, T. (2019). Nilai Materialistik dan Nilai Hedonistik Pembentuk Kecenderungan Pembelian Kompulsif Online. Psychopreneur Journal. https://doi.org/10.37715/psy.v2i2.868

Astuti, I. R. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah Surakarta. Business Innovation and Entrepreneurship Journal. https://doi.org/10.35899/biej.v2i3.151

Aydin, N., & Manusov, E. (2014). Materialism, hedonism, spirituality, and subjective well-being: An empirical study of Risale-I Nur (RN) Readers. Al-Shajarah. https://doi.org/10.2139/ssrn.2779582

Belk, R. W. (1985). Materialism : in the Material Trait World Aspects of Living. Journal of Consumer Research.

Belk, R. W. (2006). Research in Consumer Behavior. JAI Press is an imprint of Elsevier.

Belk, R. W. (2014). Trait Aspects of Living in The Material World. JSTOR.

Cleveland, M., Rojas-Méndez, J. I., Laroche, M., & Papadopoulos, N. (2016). Identity, culture, dispositions and behavior: A cross-national examination of globalization and culture change. Journal of Business Research, 69(3). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.08.025

Dittmar, H. (2012). The Social Psychology of Economic and Consumer Behaviour. In Applied Social Psychology. https://doi.org/10.4135/9781446250556.n6

Hamdi, M., & Jannah, L. M. (2020). Metode Penelitian . Universitas Terbuka.

Hartono, U., & Isbanah, Y. (2022). Student’s Saving Behaviour: What Are the Motives That Influence Them To Save? Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.26418/jebik.v11i3.56561

Hengo, M. G., Ndoen, W. M., & Amtiran, P. Y. (2021). Dampak Materialisme, Pengendalian Diri dan Motivasi pada Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs). https://doi.org/10.35508/jom.v14i1.3758

Hervey, J. (2012). Psychological Meaning of Money. In Faculty of the College of Graduate Studies. Central Michigan univercity.

Jamila, K. (2019). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Materialisme Terhadap Perilaku Menabung Keluarga Muda Di Jawa Timur Dengan Impulsive Buying Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya. https://eprints.perbanas.ac.id/4865/

Kasser, T., Ryan, R. M., Couchman, C. E., & Sheldon, K. M. (2004). Materialistic values: Their causes and consequences BT - Psychology and consumer culture: The struggle for a good life in a materialistic world. In Psychology and consumer culture: The struggle for a good life in a materialistic world.

Marandika, D. F. (2018). Keterasingan Manusia menurut Karl Marx. TSAQAFAH. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v14i2.2642

Mulyadi, D. R., Subagio, N., & Riyadi, R. (2022). Kemampuan Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Educational Studies: Conference Series. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1186

Polak, E. L., & McCullough, M. E. (2006). Is gratitude an alternative to materialism? In Journal of Happiness Studies. https://doi.org/10.1007/s10902-005-3649-5

Poraj-Weder, M., Pasternak, A., & Poraj, G. (2020). Money, possessions and happiness: The relationships beetwen subjective and relative assessment of young adults’ material situation, materialism and well-being. Educational Psychology. https://doi.org/10.5604/01.3001.0014.2650

Prabaningrum, D. (2018). Happiness Heritage Effect on The Keluarga Cemara 1 Novel: Study of The ‘Secukupnya’ Principles of Suryomentaram. ALAYASASTRA. https://doi.org/10.36567/aly.v14i2.233

Richins, M. L., & Dawson, S. (1992). A Consumer Values Orientation for Materialism and Its Measurement: Scale Development and Validation. Journal of Consumer Research. https://doi.org/10.1086/209304

Rosifa, M. (2022). Konsep Kebahagiaan dalam Perspektif Etika Epikureanism. Moderasi, 2(2), 2808–2376. http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/moderasi/index%0D

Rustiaria, A. P. (2017). Pengaruh pengetahuan keuangan, materialisme, dan locus of control terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga. STIE Perbanas Surabaya.

Saniatuzzulfa, R., & Wijiyanti, A. N. (2019). Smartphone Addiction Ditinjau dari Subjective Well Being, Kecemasan Sosial, dan Materialisme pada Mahasiswa di Universitas “Y.” Psycho Idea. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i2.4029

Shenuski, T. (2022). A Causal Comparative Study of Principal Perceptions of Instructional Leadership Practices in One Central Florida School District. Electronic Theses and Dissertations, 2020-. https://stars.library.ucf.edu/etd2020/1288

Sirgy, M. J. (1998). Matherialism and Quality of Life. Social Indicators Research, 43(3). https://doi.org/10.1023/A:1006820429653

Sitorus, F. K. (2017). Dualitas Idealisme dan Materialisme. Paper ECF “Philosophy of Mind.”

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). In Bandung: CV Alfabeta.

Syahputra, A., Yunus, M., & Mahdani. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme, Materialisme Dan Pendapatan Terhadap Shopping Lifesyle Serta Dampaknya Pada Pembelian Impulsif Online Produk Fashion Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Inovasi Vol. 8, No. 3, Oktober 2017: 65-75.

Tupamahu, F. A. S., & Balik, D. (2020). Efek Moderasi Kontrol Diri pada Hubungan Sifat Materialisme Terhadap Pembelian Impulsif Online. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 1(2). https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v1.i2.p115-136

Wulandari, D., & Budiani, M. S. (2020). Hubungan antara Social Comparison dengan Materialisme pada Pelajar SMK X di Kota Kediri. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(4).

Zaleskiewicz, T., Gasiorowska, A., & Vohs, K. D. (2017). The psychological meaning of money. In Economic Psychology. https://doi.org/10.1002/9781118926352.ch7




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v6i1.28813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.