Pola Asuh Orang Tua dan Psychological Well-Being

Fima Dwi Huda, Umi Julaihah

Abstract


Salah satu hal yang dapat memengaruhi psychological well-being anak adalah pola asuh mereka. Psychological well-being anak dapat terkena dampak negatif dari pola asuh yang terlalu otoriter atau permisif, namun pola asuh demokratis dipandang sebagai gaya pengasuhan yang paling baik untuk mendorong pertumbuhan psikologis anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara psychological well-being dengan pola asuh yang terdiri dari otoriter, demokratis, dan permisif. Penelitian ini menggunakan desain pendekatan mixed method, yaitu mencampurkan metode kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan, dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa dari sebuah universitas di Kota Malang, untuk menguji dua metodologi penelitian dengan menggunakan desain penelitian sequential explanatory. Di sini, pendekatan awal yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, dengan informasi tambahan tentang data kuantitatif yang disediakan oleh analisis data kualitatif. Mengasuh anak dengan cara yang otoriter tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap psychological well-being, dengan nilai signifikansi sebesar (0,453>0,05). Pola asuh demokratis memiliki nilai signifikansi sebesar 0,124>0,05, yang menunjukkan bahwa pola asuh demokratis tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap psychological well-being. Pola asuh permisif memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap psychological well-being dengan nilai signifikansi (0,042<0,05).




Keywords


pola asuh; otoriter; demokratis; Permisif; psychological well-being

Full Text:

PDF

References


Agus Wibowo. (2017). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban). Pustaka Pelajar

Devita, Y. (2020). Hubungan pola asuh orang tua dengan masalah mental emosional remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jamb, 20(2), 503–513. https://doi.org/DOI 10.33087/jiubj.v20i2.967

Fikriyyah, H. F., Nurwati, R. N., & Santoso, M. B. (2022). Psikososial anak usia prasekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(1), 11–17

Hasanuddin, & Khairuddin. (2021). Dukungan sosial, penyesuaian diri dan kesejahteraan psikologis pada siswa SMA Negeri 2 Binjai. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 148–155

Hidayati, N. I. (2014). Pola asuh otoriter orang tua, kecerdasan emosi, dan kemandirian anak SD. Pesona Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 1–8

Huppert, F. A. (2009). Psychological well-being : evidence regarding its causes and consequences †. Applied Psychology: Health and Well-being,1(2), 137–164. https://doi.org/10.1111/j.1758-0854.2009.01008.x

Indonesia, C. (2019). 4 Jenis Pola Asuh dan Dampaknya Pada Anak. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191021200141-284-441607/4-jenis-pola-asuh-dan-dampaknya-pada-anak

Khusniyah, N. L. (2018). Peran orang tua sebagai pembentuk emosional sosial anak. QAWWAM, Vol.11 No., 87–102. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.782

Longkutoy, N., Sinolungan, J., & Opod, H. (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa smp kristen ranotongkor kabupaten minahasa. Jurnal E-Biomedik, 3(April)

Mustamu, A. V., Hasim, N. H., & Khasanah, F. (2020). Pola asuh orang tua, motivasi & kedisiplinan dalam meningkatkan kesehatan mental remaja Papua. 08(April), 17–25. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/jkmb.v8i1.640

Novianty, A. (2016). Pengaruh pola asuh otoriter terhadap kecerdasan emosi pada remaja madya. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 17–25. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1539

Prastyawati, T., Aji, S. D., & Soraya, J. (2021). Pengaruh pola asuh otoriter , autoritatif , permisif orang tua terhadap perilaku prososial siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 15(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5498

Putri, P. N. A., & Rustika, I. M. (2017). peran pola asuh autoritatif, efikasi diri, dan perilaku prososial terhadap kesejahteraan psikologis pada remaja akhir di program studi pendidikan dokter gigi fakultas kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 151–164

Ramadoni, N. (2019). hubungan pola asuh authoritative terhadap perkembangan percaya diri anak usia 5-6 tahun di tk tunas harapan Kecamatan Merbau-Mataram Lampung Selatan [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/6694/1/SKRIPSI.pdf

Rokom. (2023). Menjaga Kesehatan Mental Para Penerus Bangsa. Sehat Negeriku Sehatlah Bangsaku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20231012/3644025/menjaga-kesehatan-mental-para-penerus-bangsa/

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything , or is it ? explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology. 57(6), 1069–1081.https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069

Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja (Ed. 6). Jakarta: Erlangga

Sarif, M. (2022). Pola Asuh Demokratis Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Pantai Harapan Kec. Wulandoni Kab. Lembata [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/22754/1/Pola asuh demokratis dalam meningkatkan kemampuan anak usia 5-6 tahun di desa pantai harapan kec. wulandoni kab. lembata.pdf

Siagian, V. F., & Wijaya, J. (2023). Hubungan Antara Pola Asuh Otoritatif dengan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa / I SMA Global Prima Medan The Relationship Between Authoritative Parenting Style and Psychological Well-Being in Global Prima High School Medan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 6(1), 427–436. https://doi.org/10.34007/jehss.v6i1.1885

Stadler, C., Feifel, J., Rohrmann, S., Vermeiren, R., & Poustka, F. (2010). Peer-victimization and mental health problems in adolescents : are parental and school support protective ? Child Psychiatry Hum Dev (2010) 41 371–386. https://doi.org/10.1007/s10578-010-0174-5

Stanford. (n.d.). Psychological Wellbeing Scale. Stanford University. https://sparqtools.org/mobility-measure/psychological-wellbeing-scale/#18-item-version

Stratton SJ. (2021) Population Research: Convenience Sampling Strategies. Prehosp Disaster Med. Aug;36(4):373-374. doi: 10.1017/S1049023X21000649. PMID: 34284835

Tamami, A. N. I. (2011). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Pada Siswa MTs N 3 Pondok Pinang. Skripsi. Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i2.27400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.