Pola Asuh Orang Tua dan Psychological Well-Being
Abstract
Salah satu hal yang dapat memengaruhi psychological well-being anak adalah pola asuh mereka. Psychological well-being anak dapat terkena dampak negatif dari pola asuh yang terlalu otoriter atau permisif, namun pola asuh demokratis dipandang sebagai gaya pengasuhan yang paling baik untuk mendorong pertumbuhan psikologis anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara psychological well-being dengan pola asuh yang terdiri dari otoriter, demokratis, dan permisif. Penelitian ini menggunakan desain pendekatan mixed method, yaitu mencampurkan metode kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan, dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa dari sebuah universitas di Kota Malang, untuk menguji dua metodologi penelitian dengan menggunakan desain penelitian sequential explanatory. Di sini, pendekatan awal yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, dengan informasi tambahan tentang data kuantitatif yang disediakan oleh analisis data kualitatif. Mengasuh anak dengan cara yang otoriter tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap psychological well-being, dengan nilai signifikansi sebesar (0,453>0,05). Pola asuh demokratis memiliki nilai signifikansi sebesar 0,124>0,05, yang menunjukkan bahwa pola asuh demokratis tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap psychological well-being. Pola asuh permisif memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap psychological well-being dengan nilai signifikansi (0,042<0,05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Wibowo. (2017). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban). Pustaka Pelajar
Devita, Y. (2020). Hubungan pola asuh orang tua dengan masalah mental emosional remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jamb, 20(2), 503–513. https://doi.org/DOI 10.33087/jiubj.v20i2.967
Fikriyyah, H. F., Nurwati, R. N., & Santoso, M. B. (2022). Psikososial anak usia prasekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(1), 11–17
Hasanuddin, & Khairuddin. (2021). Dukungan sosial, penyesuaian diri dan kesejahteraan psikologis pada siswa SMA Negeri 2 Binjai. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 148–155
Hidayati, N. I. (2014). Pola asuh otoriter orang tua, kecerdasan emosi, dan kemandirian anak SD. Pesona Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 1–8
Huppert, F. A. (2009). Psychological well-being : evidence regarding its causes and consequences †. Applied Psychology: Health and Well-being,1(2), 137–164. https://doi.org/10.1111/j.1758-0854.2009.01008.x
Indonesia, C. (2019). 4 Jenis Pola Asuh dan Dampaknya Pada Anak. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191021200141-284-441607/4-jenis-pola-asuh-dan-dampaknya-pada-anak
Khusniyah, N. L. (2018). Peran orang tua sebagai pembentuk emosional sosial anak. QAWWAM, Vol.11 No., 87–102. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.782
Longkutoy, N., Sinolungan, J., & Opod, H. (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa smp kristen ranotongkor kabupaten minahasa. Jurnal E-Biomedik, 3(April)
Mustamu, A. V., Hasim, N. H., & Khasanah, F. (2020). Pola asuh orang tua, motivasi & kedisiplinan dalam meningkatkan kesehatan mental remaja Papua. 08(April), 17–25. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/jkmb.v8i1.640
Novianty, A. (2016). Pengaruh pola asuh otoriter terhadap kecerdasan emosi pada remaja madya. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 17–25. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1539
Prastyawati, T., Aji, S. D., & Soraya, J. (2021). Pengaruh pola asuh otoriter , autoritatif , permisif orang tua terhadap perilaku prososial siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 15(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5498
Putri, P. N. A., & Rustika, I. M. (2017). peran pola asuh autoritatif, efikasi diri, dan perilaku prososial terhadap kesejahteraan psikologis pada remaja akhir di program studi pendidikan dokter gigi fakultas kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 151–164
Ramadoni, N. (2019). hubungan pola asuh authoritative terhadap perkembangan percaya diri anak usia 5-6 tahun di tk tunas harapan Kecamatan Merbau-Mataram Lampung Selatan [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/6694/1/SKRIPSI.pdf
Rokom. (2023). Menjaga Kesehatan Mental Para Penerus Bangsa. Sehat Negeriku Sehatlah Bangsaku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20231012/3644025/menjaga-kesehatan-mental-para-penerus-bangsa/
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything , or is it ? explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology. 57(6), 1069–1081.https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069
Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja (Ed. 6). Jakarta: Erlangga
Sarif, M. (2022). Pola Asuh Demokratis Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Pantai Harapan Kec. Wulandoni Kab. Lembata [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/22754/1/Pola asuh demokratis dalam meningkatkan kemampuan anak usia 5-6 tahun di desa pantai harapan kec. wulandoni kab. lembata.pdf
Siagian, V. F., & Wijaya, J. (2023). Hubungan Antara Pola Asuh Otoritatif dengan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa / I SMA Global Prima Medan The Relationship Between Authoritative Parenting Style and Psychological Well-Being in Global Prima High School Medan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 6(1), 427–436. https://doi.org/10.34007/jehss.v6i1.1885
Stadler, C., Feifel, J., Rohrmann, S., Vermeiren, R., & Poustka, F. (2010). Peer-victimization and mental health problems in adolescents : are parental and school support protective ? Child Psychiatry Hum Dev (2010) 41 371–386. https://doi.org/10.1007/s10578-010-0174-5
Stanford. (n.d.). Psychological Wellbeing Scale. Stanford University. https://sparqtools.org/mobility-measure/psychological-wellbeing-scale/#18-item-version
Stratton SJ. (2021) Population Research: Convenience Sampling Strategies. Prehosp Disaster Med. Aug;36(4):373-374. doi: 10.1017/S1049023X21000649. PMID: 34284835
Tamami, A. N. I. (2011). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Pada Siswa MTs N 3 Pondok Pinang. Skripsi. Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i2.27400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin
Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.