Efektivitas Pelatihan Relaksasi Pernafasan untuk Menurunkan Communication Apprehension pada Mahasiswa di Riau

Nur Fitriyana, Yohan Kurniawan, Fairuz A'dilah Rusdi, Didik Widiantoro

Abstract


Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan serta membantu siswa belajar di kampus, terutama dalam hal menyampaikan ide kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan relaksasi pernapasan untuk menurunkan communication apprehension pada mahasiswa baru. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa baru di Universitas Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala communication apprehension. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest control group design dengan analisis penelitian menggunakan Anava Campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai MD>20.000; p>0.05 yang berarti mengalami penurunan communication apprehension pada hasil pre-post dan follow-up.Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan relaksasi pernafasan dapat menurunkan communication apprehension pada mahasiswa baru.


Keywords


pelatihan relaksasi pernafasan, communication apprehension, mahasiswa baru

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Malang: UMM press.

Ahmadi, Abu & Sholeh, Munawar. (1991). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Allen, M., Hunter, J. E., & Donohue, W. A. (2011). Meta-analysis of Self-report Data on the Effectiveness of Public Speaking Anxiety Treatment Techniques. Communication Education, 38(1), 54-76.

Atkitson R.L., Atkinson R.C., Smith E.E., Bem D.J. 2002. Stres dan Mengatasinya. Dalam: Pengantar Psikologi Jilid 2. Terjemahan Widjaja Kusuma. Batam: Interaksara.

Azwar, S. (2007). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1994). Self efficacy. New york: Academic press.

Bandura, A. (1997). Self efficacy:the exercise of control. New york: W.H Freeman and company.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2003). Psikologi sosial (10 ed.). (W. C. Kristiaji, R. Medya, Penyunt., & R. Djuwita, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Beatty, M. J., & Andriate, G. S. (2015). Communication Apprehension and General Anxiety in the Prediction of Public Speaking Anxiety. Communication Quarterly, 33(2), 174-184.

Chen, Y. F., Huang, X. Y., Chien, C. H., & Cheng, J. F. (2017). The effectiveness of diaphragmatic breathing relaxation training for reducing anxiety. Perspectives in psychiatric care, 53(4), 329-336.

Chiang, L. C., Ma, W. F., Huang, J. L., Tseng, L. F., & Hsueh, K. C. (2009). Effect of relaxation-breathing training on anxiety and asthma signs/symptoms of children with moderate-to-severe asthma: a randomized controlled trial. International journal of nursing studies, 46(8), 1061-1070.

Greenberg, D., & Padesky, C. (2004). Manajemen Pikiran ; Metode Ampuh untuk Mengatasi Depresi, Kemarahan, Kecemasan dan Perasaan Merusak Lainnya. Bandung: Kaifa.

Gunarsa, Singgih & Gunarsa, Yulia. (2001). Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (tidak diterbitkan)

Harris, P. R., & Harris, K. G. (2012). Relaxation Techniques for Reducing Communication Apprehension. Communication Research Reports, 6(1), 55-62.

Hasbi, F. F. (2016). Evektivitas Pelatihan Efikasi Diri Akademik untuk Menurunkan Kecemasan Akademik pada Siswa Akselerasi. Thesis. Universitas Islam Indonesia.

Irwansya. (2008). Hubungan antara Communication Apprehension, Cellophone Apprehension, Usability dan Motif Komunikasi Interpersonal pada Pengguna Telepon Genggam . Thesis. Jakarta, Universitas Indonesia: Tidak diterbitkan.

Johnson, R. (2021). High Anxiety: The Impact of Anxiety Levels on Stress Response in Young Adults. Journal of Anxiety Disorders, 35(4), 678-689. doi:10.1016/j.janxdis.2020.102343

Kartono, K., & Gulo, D. (2003). Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya Press.

Lazarus, R.S. 1976. Paterns of Adjusment, Tokyo: McGraw-Hill, Kogakusha, Ltd.

Lailatushifah, S. N. F. 2004. Peran Efikasi Diri, Optimisme, Dukungan Dosen Pembimbing, terhadap Stres Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Tesis. Fakultas Psikologi UGM. Tidak diterbitkan.

Littlejhon, L., & Foss, K. (2011). Teori Komunikasi (Vol. Edisi 9). Jakarta: Salemba Humanika.

McCroskey, J. C. (2012). Classroom Consequences of Communication Apprehension. Communication Education, 26(1), 27-33.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Myers, A., & Hansen, C. H. 2002. Experimental Psychology. Wadsworth Group.

Cholid Narbuko, dan Abu Achmadi. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta, Bumi Aksara.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2003). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Bumi Askara.

Nurlaila, S. (2011) Pelatihan Efikasi Diri untuk Menurunkan Kecemasan pada Siswa-Siswi yang akan Menghadapi Ujian Akhir Nasional. Jurnal. GUIDENA, Vol 1, No.1 september 2011

Okado Y, De Pace D, Ewing E, Rowley C.(2019). Brief Relaxation Training for the Prevention of Stress-Related Difficulties: A Pilot Study. International Quarterly of Community Health Education. 2020;40(3):193-200. doi:10.1177/0272684X19873787

Ottens, A.J. (1991). Coping with Academic Anxiety. New York: The Rosen Publishing Group.

Pajares. (t.thn.). Overview of social cognitive theory and of self-efficacy. Dipetik Desember 9, 2011, dari http://www.emory.edu/Education/mfp/eff.html

Pennebaker, J. W., & Seagal, J. D. (2013). Forming a Story: The Health Benefits of Narrative. Journal of Clinical Psychology, 55(10), 1243-1254.

Powell. R & Powell. D. (2010). Classroom Communication and Diversity. NewYork : Routledge.

Rachmi, E., & Khotimah, S. (2010). Reducing Public Communication Apprehension by Boosting Self Confidence on Communication Apprehension Competence. Journal Of Risk Factor Communication Apprehension, Vol 1(No 1).

Rahayu, I. (2004). Pengaruh Pelatihan Pengembangan Diri Terhadap Peningkatan Berpikir Positif dan Penurunan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Thesis, Tidak diterbitkan. (U. G. Mada, Penyunt.) Universitas Gajah Mada: Tidak diterbitkan.

Rahayu, I., Ardani, T., & Sulistyaningsih. (2004). Hubungan Pola Berpikir Positif dengan Kecemasan Berbicara di Depan UMum. Jurnal Psikologi UNDIP, VOL.1 No.2.

Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohmah, F.A. (2006). Efektifitas diskusi kelompok dan pelatihan efikasi diri untuk mengurangi stres pada mahasiswa yang sedang skripsi. Tesis. (Tidak Dipublikasikan) Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Santrock, John W. (2002). Life Span Development. Jakarta: Erlangga.

Santoso, H., & dkk. (1998). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Lingkup Akademis.

Sellnow, D., & Ahlfeldt, S. (2005). Fostering Critical Thinking and Teamwork Skills via Problem-based Learning (PBL) Approach to Public Speaking Fundamentals. Communication Teacher, 19 (1), 33-38.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B.N. (2005). Psikologi Eksperimen. Jakarta : PT. Tunas Jaya Lestari.

Siswoyo, Dwi. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2003). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumatri, D., & Komolohadi, R. R. (2015). Pelatihan Rational Emotive Behavior Untuk Menurunkan Tingkat Communication Apprehension. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Utami, R.R. (2004). Efektivitas Pelatihan untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial pada Anak Sekolah Dasar Kelas 5. Tesis (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Wahyudi, & Sugeng. (2009). Tingkat dan Faktor-faktor Kecemasan Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen. Semiotika Jurnal Ilmu, Vol 3(No 1).

Weiten, W., Llyod, M., Dunn, D., & Hammer, E. (2009). Psychology Applied to Modern Life. USA: Wadswort Cingengange Learning.

West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Selemba Humanika.

Widiantoro, D., Sukarti, S., & Budiharto, S. (2017). Pelatihan Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Kohesivitas Kelompok Pada Karyawan Hotel X Yogyakarta. JIP: Jurnal Intervensi Psikologi, 9(2), 155-168.

Wulandari, L. H. (2004). Efektivitas Modifikasi Perilaku-Kognitif Untuk Mengurangi Kecemasan Komunikasi Antar Pribadi. http://library.usu.ac.id.

Yusuf, S. (2007). Teori kepribadian . Bandung: Remaja rosdakarya.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i2.26607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.