Efektivitas Peningkatan Memori pada Siswa

Novi Alzuhra

Abstract


Memori merupakan kemampuan individu dalam menerima, menyimpan, dan memunculkan kembali ingatan dari apa yang pernah individu alami. Informasi yang diterima siswa tidak bisa hanya diperoleh dengan cepat namun juga harus dapat disimpan di dalam memori siswa. Sehingga, Peningkatan fungsi memori dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas belajar dan kegiatan belajar siswa akan menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode-metode apa saja yang dapat meningkatkan memori, baik itu memori jangka pendek maupun memori jangka panjang. Metode yang digunakan ialah studi literature yang sistematis. Penelitian menemukan hasil bahwa dari 416 artikel yang ditemukan pada tahap awal, terdapat 15 artikel yang relevan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria artikel yang digunakan berada pada rentang 10 tahun terakhir, metode penelitiannya eksperimen untuk meningkatkan memori, dan subjek penelitiannya adalah pelajar. Metode yang efektif dalam meningkatkan memori ialah brain training, strategi mnemonic, brain gym, neurofeedback, senam aerobik, musik, warna, rutin membaca Al-Qur’an,  permainan puzzle, testing effect, menggambar, audio podcast dan video practice. Metode-metode ini efektif saat dibuktikan dengan adanya pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Terdapat peningkatan fungsi memori jangka pendek dan jangka panjang setelah eksperimen dilakukan pada siswa.


Keywords


otak, memori, memori jangka pendek, memori jangka panjang, siswa

Full Text:

PDF

References


Abduh, B., & Tahar, M. M. (2018). The Effectiveness of Brain Gym and Brain Training Intervention on Working Memory Performance of Student with Learning Disability. Journal of ICSAR, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.17977/um005v2i22018p105

Bahari, L. P. J., & Lessy, Z. (2022). Penerapan Neuroscience Dengan Model Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Ma Putri Al-Ishlahuddiny Kediri. Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 3(2), 1–12.

Desiningrum, D. R. (2016). Terapi Senam Otak untuk Menstimulasi Kemampuan Memori Jangka Pendek pada Anak Autis. Jurnal Psikologi, 43(1), 30. https://doi.org/10.22146/jpsi.10643

Dhamayanti, N., Mujiyanto, J., & Suwandi. (2023). Audio Podcast and Video Practical for Short and Long-Term Memory Student. Eternal: English Teaching Journal, 14(1), 62–75.

Firdaus, D. T., Tursinawati, Y., & Kurniati, I. D. (2019). Senam Aerobik Intensitas Sedang Tingkatkan Memori Jangka Pendek Siswa SMK yang Diukur Menggunakan Nonsense Syllable Test. MEDICA ARTERIANA (Med-Art), 1(1), 1. https://doi.org/10.26714/medart.1.1.2019.1-9

Jonides, J., Lacey, S. C., & Nee, D. E. (2005). Processes of working memory in mind and brain. Current Directions in Psychological Science, 14(1), 2–5. https://doi.org/10.1111/j.0963-7214.2005.00323.x

Julianto, V. (2017). Meningkatkan Memori Jangka Pendek dengan Karawitan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 137–147. https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i2.5451

Maulita, R., Suryana, E., & Abdurrahmansyah. (2022). Neurosains Dalam Proses Belajar Dan Memori. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.264

Musdalifah, R. (2019). Pemproses dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar: Short Term and Long Term Memory. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 217–235.

Nazer, M., Mirzaei, H., & Mokhtaree, M. (2018). Effectiveness of neurofeedback training on verbal memory, visual memory and self-efficacy in students. Electronic Physician, 10(9), 7259–7265. https://doi.org/10.19082/7259

Nofindra, R. (2019). Ingatan, Lupa, dan Transfer dalam Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, 4(1), 21–34.

Nugraha, S. H. (2019). Pengaruh musik klasik mozart terhadap Long Term Memory siswa SMA Xaverius Bandar Lampung. Psyche: Jurnal Psikologi, 1(1), 69–77.

Nurfitriani, A., Sari, E. N., Seruni, J. C., Clinton, R., Halomoan, P., Trisnawati, V., Permatasari, W. T., & Merdiaty, N. (2024). Efektivitas Permainan Puzzle Terhadap Peningkatan Short Term Memory Pada Anak. Capitalis: Journal of Social Sciences, 2(1), 17–33.

Pratiwi, M., Lubis, T. T., Pangestuti, D., & Aktalina, L. (2022). Pengaruh Musik Klasik Terhadap Daya Ingat Jangka Pendek Pada Siswa/I Kelas Xi Sma Harapan 1 Medan. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 21(2), 264–272. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v21i2.240

Pratiwi, S. E., Handoko, W., & Rahmatania, R. (2016). Pengaruh Senam Otak terhadap Memori Jangka Pendek Mahasiswa. Jurnal Vokasi Kesehatan, 2(1), 1–9.

Purnamasari, R. (2018). Strategi Pembelajaran Mnemonic untuk Meningkatkan Memori Siswa. Sipatahoenan: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(2), 125–138.

Qinthara, F. N., Alifa, A. N., Iman, M. R., & Ghassani, I. A. (2020). Strategi Menggambar untuk Meningkatkan Kemampuan Long-Term Memory dalam Menghafal Istilah dan Definisi. Jurnal Psikologi, 16(1), 24–38.

Sandi, A. (2021). Ingatan II: Pengorganisasian, Lupa Dan Model-Model Ingatan. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 78–83. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31363

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. CV Pusaka Setia.

Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Siswa Kelas Viii Smp N 37 Palembang. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i1.1391

Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2785

Suwardi, H., Lukman, L., & Indahari, N. A. (2021). Pengaruh Pemberian Tes (Testing Effect) Terhadap Performansi Memori pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Jurnal Psikologi TALENTA, 7(1), 102. https://doi.org/10.26858/talenta.v7i1.23835

Tazkiah, M., Septadina, I. S. S., Zulissetiana, E. F., Nindela, R., & Wardiansah, W. (2023). Peningkatan Memori Jangka Pendek Dengan Menggunakan Pemeriksaan Forward Digit Span Setelah Rutin Membaca Alquran. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan : Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 10(1), 53–60. https://doi.org/10.32539/jkk.v10i1.19736

Yusdiyanti, D., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Memori Diukur Dengan Scenery Picture Memory Test. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 460–469. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/18562




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i3.26438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.