Pengambilan Keputusan Karir ditinjau dari Konsep Diri dan Pola Asuh Otoriter Orang Tua pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Destriday Ifriana, Cipto Hadi, Hirmaningsih Hirmaningsih, Desma Husni

Abstract


Sekolah menengah atas merupakan jenjang yang kritis untuk siswa karena pada saat itu siswa telah harus mulai menentukan keputurusan karir yang akan diambil di masa depan sehingga siswa juga lebih mudah menentukan program studi jika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Adapun siswa yang belum memutuskan karir yang akan dipilihnya maka ketika masuk perguruan tinggi akan sulit menyesuaikan diri dengan program studi. Ada beberapa faktor yang berperan dalam pengambilan keputusan karir antara lain konsep diri dan pola asuh yang diterapkan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana siswa salah satu SMA di Teluk Kuantan memandang pengambilan keputusan karir dikaitkan dengan konsep diri dan pola asuh otoriter orang tua. Dengan menggunakan teknik proporsional stratified random sampling, subjek penelitian berjumlah 241 siswa kelas XI dan XII salah satu SMA di Teluk Kuantan. Penelitian ini menggunakan skala konsep diri, skala pola asuh otoriter bagi orang tua, dan skala pengambilan keputusan karir untuk mengumpulkan data. Pendekatan analisis regresi berganda digunakan sebagai teknik analisis data. Temuan analisis menunjukkan bahwa keputusan siswa mengenai kariernya dipengaruhi oleh pola asuh otoriter orang tua dan konsep diri. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk mendorong siswa mempunyai kemampuan pengambilan keputusan karir yang baik salah satunya dengan cara siswa memiliki konsep diri yang positif seperti mempunyai keyakinan terhadap diri sendiri, mampu memandang diri dengan baik, serta mempunyai harapan terhadap karir sepertiapa yang akan diambil di masa depan.


Keywords


Konsep Diri, Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Pengambilan Keputusan Karir

Full Text:

PDF

References


Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2023). Kesulitan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Berprestasi Rendah. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP). 3(1), 131-143.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Baumrind, D. (1991). The Influence Of Parenting Style On Adolescent Competence And Substance Use. The Journal of Early Adolescence. 11(1), 56-95.

Boyd, D., & Bee, H. (2015). Lifespan Development (Seventh Edition). England: Pearson Education Limited.

Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Erlina, D., Sugoto, S., & Yuwanto, L. (2014). Kriteria Pemilihan Karier Antara Orang Tua dan Anak Pada Masa Emerging Adulthood. Mind Set. 6(1), 14-26.

Firdaus, S., A., & Kustanti, E., R. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Pengambila Keputusan Karier Pada Siswa SMK Teuku Umar Semarang. Jurnal Empati. 8(1), 212-220.

Ghufron, M., N., & Risnawati, S., R. (2016). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Pratiwi, I., C., & Sugiasih, I. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Siswa SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 7.

Rogers, M. E., Creed, P. A., & Glendon, A. I., (2008). The Role Of Personality In Adolescent Career Planning And Exploration: A Sosial Cognitive Perspective. Journal Of Vocational Behavior. 73(1), 133-142.

Sharf, R., S. (1992). Applying Career Development Theory To Counseling. California: Brooks/Cole Publishing Company.

Simbolon, N., P., & Rasyid, M. (2021). Konsep Diri Dan Dukungan




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i1.25885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.