Urgensi Islamic Parenting dalam Mengembangkan Karakter Religius Remaja

Yuliana Intan Lestari

Abstract


Penelitian tentang karakter religius yang terealisasi pada ranah perilaku terus berkembang. Penelitian tentang karakter religius ini sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan peran remaja di masyarakat. Selain itu, masih minim penelitian sebelumnya yang meneliti tentang pola pengasuhan berdasarkan perspektif Islam yang dapat dilakukan guna meningkatkan karakter religius remaja. Adapun  tujuan penelitian ini, yaitu mengkaji hubungan antara Islamic parenting dengan karakter religius remaja. Penelitian ini dilakukan pada 200 orang remaja akhir yakni mahasiswa. Pengumpulan data penelitian melalui skala Islamic parenting yang disusun penulis berdasarkan teori Nashih Ulwan (2006) dan skala karakter religius yang disusun berdasarkan teori Ibnu Maskawaih (2004). Analisis data menggunakan teknik product moment correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat signifikan antara Islamic parenting dengan karakter religius remaja. Dengan demikian hipotesisdalam penelitian ini yakni “ada hubungan antara Islamic parenting dengan karakter religius” diterima. Artinya, semakin tinggi penerapan pola asuh Islami dari orang tua kepada remaja, maka semakin tinggi karakter religius yang terbentuk. Implikasi pada penelitian ini adalah urgensi dari pentingnya pola pengasuhan orang tua berdasarkan nilai-nilai Islam atau Islamic Parenting dapat digunakan secara optimal untuk membentuk dan meningkatkan karakter religius remaja. 


Keywords


Islamic parenting, karakter religious, remaja

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan terjemahannya, (2008)¬ Departemen Agama RI, Bandung: Diponegoro

Azhari, F. (2021). Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Jaringan. In Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM) (Vol. 2, Issue 1).

Aqil, S.Husin AlMunawar. (2005). Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Ciputat: Ciputat Press

Aprilia, F.D. (2022). Peran Perempuan dalam penanaman nilai karakter pada Anak. UINKHAS, Jember.

Arismantoro. (2008). Tinjauan Berbagai Aspek Character Building. Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Atwater, E. (1992). Adolescence. Toronto Canada Inc: Prectice-Hall.

Aulia, L & Hasibuan, E.J. (2019). Parents Communication Strategy In Developing The Religious Character of Teenagers in A Muslim Family in The Village Of Kenagan Baru, Medan. Proceeding Icopoid, Universitas Medan Area, 22-23 April, 2019: 30-45

Adeyemo, D.A., & Adeleye, A.T. (2008). Emotional intelligence and self-efficacy as predictors of psychological well-being among secondary school Adolescents in Ogbomoso, Nigeria. Electronic Journal, 4(1).

Azwar, Saifuddin. (2011). Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_______. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diane E. Papalia, dkk. (2008). Psikologi Perkembangan (terjemahan) Bagian I s/d IV. Jakarta: Kencana Media Group.

Drajat,Z. (1999). Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia. Jakarta : Bulan Bintang

Fathurrohman, Pupuh. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fahmi & Susanto, (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa SD. Pedagogia: Jurnal Pendidikan.

Fukuyama (2005). Guncangan Besar: Kodrat Manusia dan Tata Sosial Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Hamdan, (2005). Spiritual For Children (agar si buah hati kuat imannya dan taat ibadahnya). Yogyakarta : Diva Press.

Halimatus Sa‟diyah, (2011). “Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih” Jurnal Tadris Volume 6, Nomor 2,

Hurlock. B, E. (2004). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta : Erlangga.

Ibnu Maskawaih, (1994). Menuju Kesempurnaan Akhlak, terj. Helmi Hidayat, Bandung: Mizan.

Iswati. (2018). Karakteristik Ideal Sikap Beragama pada Individu Dewasa .Jurnal At-Tajdid, Vol.2, No.01

Irwan Prayitno, (1998). Kepribadian Muslim, Jakarta : Tarbiyatuna.

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jalaluddin, Dr. (2010). Psikologi Agama. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Kelly, M., Ciarrochi, J., & Murray-Swank. (2007). Spirituality, Religiosity, Shame and Guilt as Predictors of Sexual Attitudes and Experiences . Journal of Psychology and Theology, 35 (3), 222-234.

Lickona, T et.al. (2003). Eleven Principle of Effective Character Education.The Fourth and Fifth RS, Vol.10. Cortland: School of Education.

Muhammad Fikry At-Tamimy, Konsep Parenting dalam Perspektif Surah Luqman dan Implementasinya.

Muhammad Utsman Najati, (2002)Belajar EQ dan SQ dari Sunnah Nabi, terjemahan Irfan Salim, Cet. Ke 3 Jakarta: Hikmah, hal. 3-4

Mahbubi. (2012). Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

McGue, Elkins, Walden, & Iacono. (2005). Perceptions of the Parent–Adolescent Relationship:A Longitudinal Investigation Developmental Psychology. Vol. 41, No. 6, 971–984.

Mukarromah, TT. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Potensia.

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfiroh,Tadkiroatun. (2008). Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter. Tinjauan Berbagai Aspek Character Buiding. Yogyakarta Penerbit Tiara Wacana.

Mustoip, Sofyan. et al. (2018). Impementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jakad Publishing.

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas).Jurnal Psikologi 2(1), 13-19

Santrock, J.W. (2003). Adolescence : Perkembangan Remaja. Alih bahasa oleh : Shinto B.A. dan S. Saragih. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Smetana, J.G.,Barr., Metzger. (2006). Adolescent Development in Interpersonal and Societal Contexts. Annual Review Psychology. 57. 25

Susilawati, S dan Supriyanto, T. (2020). Online Learning Through WhatsApp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic COVID -19. Jurnal Daring: Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan., 5(6), 852—859.

Ulwan.A.N. (1999). Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid I, Jakarta :Pustaka.

Yusuf , Syamsu. (2014). Psikologi Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i1.25753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.