Peranan Self Efficacy dan Konsep Diri terhadap Kematangan Karir Mahasiswa

Betty Suci Intan Sari, Ghozali Rusyid Affandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konsep diri dan self efficacy terhadap kematangan karir pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitaif. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu 2903orang dan sampel digunakan sejumlah 343 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo angkatan 2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Pada penelitian ini alat ukur yang digunakan terdiri dari skala konsep diri, skala self efficacy dan skala kematangan karir. Skala konsep diri yang digunakan peneliti yaitu skala Tennesse  Self Concept Scale (TSCS) yang diadaptasi dari Fitts (1971) yang  kemudian dimodifikasi oleh Shovia Lintina dengan nilai uji Cronbach’s Alpha sebesar 0.931. Adapun skala self-efficacy peneliti menggunakan general self-efficacy scale yang dikembangkan oleh Born, Schwarzer & Jerussalem (1999) yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Riangga Novrianto. Dan untuk skala kematangan karir peneliti menggunakan skala Kuesioner Kematangan Karir, peneliti menggunakan kuesioner Career Maturity yang disusun oleh Putri Nuraini  berdasarkan teori dari Crites, 1976 dengan uji validitas yang telah dilakukannya. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan teknik analisis multiple regression dengan menggunakan bantuan software JASP 0.16 dan SPSS 22.0. Berdasarkan hasil uji regresi ganda menggunakan JASP 16.0 terlihat bahwa nilai koefisien regresi (R) menunjukkan angka 0,337 serta koefisien determinasi (R square) menunjukkan angka 0,113. Hal ini menunjukkan bahwa self efficacy dan konsep diri secara bersama-sama dapat mempengaruhi kematangan karir sebesar 11,3% terhadap kematangan karir. Secara terpisah self efficacy memiliki peranan sebesar 2,1% terhadap kematangan karir sedangkan konsep diri memiliki peranan sebesar 9,8% terhadap kematangan karir. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penelitian ini variabel yang paling mempengaruhi kematangan karir adalah konsep diri.




Keywords


kematangan karir, konsep diri, mahasiswa, self efficacy

Full Text:

PDF

References


Almaida, D. S., & Febriyanti, D. A. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Yayasan Pharmasi Semarang. Empati, 8(1), 87–92.

Azwar, S. (2017). Metode penelitin psikologi (II). Pustaka Belajar.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy : Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. 84(2), 191–215.

Crites, J. O. (1976). A comprehensive model of career development in early adulthood. Journal of Vocational Behavior, 9(1), 105–118. https://doi.org/10.1016/0001-8791(76)90012-9

Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik (R. Guswandi (ed.)). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Dewi, F. N. R. (2021). Konsep Diri pada Masa Remaja Akhir dalam Kematangan Karir Siswa. Journal of Guidance and Counseling, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i1.9746

Efendy, M., & Haryanti, A. (2020). Konsep Diri dan Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 21–29.http://jurnal.untagsby.ac.id/index.php/sukma/article/view/3590

Grashinta, A., Istiqomah, A. P., & Wiroko, E. P. (2018). Pengaruh future time perspective terhadap kematangan karir pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 25. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4981

Hamidah, F. W. (2023). Pengaruh self efficacy terhadap kematangan karir mahasiswa BKI tingkat akhir UIN Surakarta. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Harumi, B. P. Y., & Marheni, A. (2018). Peran Konsep Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karier Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unviversitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 23.https://doi.org/10.24843/jpu.2018.v05.i01.p03

Indriyani, K. S. (2020). Kematangan Karir pada Mahasiswa. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang.Kulsum, U., Witurachmi, S., & Muchsini, B. (2017). Pengaruh Konsep Diri dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Kematangan Karir Mahasiswa. Jurnal “Tata Arta” UNS, 3(2), 21–30.

Lintina, S. (2015). Pengaruh konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen. Jurnal Psikologi, 15(1), 1–9.

Nuraini, P. (2018). Pengaruh work values, parent attachment , dan faktor demografis terhadap career maturity mahasiswi tingkat akhir.

Parsaroan, A. P. (2016). Pengaruh Konsep Diri Dan Locus of Control, Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir [Universitas Negeri Jakarta].http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1976%0Ahttp://repository.unj.ac.id/1976/1/ANDRE PASKA PARSAORAN-8215139079 1.pdf

Paulus, D., & Septiana, E. (2021). Academic self-efficacy dan takut gagal - mana yang lebih berpengaruh terhadap kecurangan akademik? Journal of Psychological Science and Profession, 5(3), 248.

https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i3.31926

Prasasti, A. L. E., & Gufron, M. (2023). Pengaruh efikasi diri dan dukungan keluarga terhadap kematangan karir mahasiswa pendidikan ekonomi universitas bhinneka PGRI. EduCurio, 1(3), 740–746.

Ramadhan, M. H., Purwana, P. D., Bus, M., & Rahmadania, F. (2021). The Relationship Of Self-Esteem And Self-Efficacy With Career Maturity Of Students Faculty Of Economics , Jakarta State University. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akuntansi. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPEPA.007.x.x

Rimm, H., & Jerusalem, M. (1999). Adaptation and validation of an estonian version of the general self-efficacy scale (ESES). Anxiety, Stress and Coping, 12(3), 329–345.https://doi.org/10.1080/10615809908250481

Rini, Q. K., & Atmaja, M. D. (2023). Efikasi Diri Dan Kematangan Karir Pada Remaja. Arjwa: Jurnal Psikologi, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.35760/arjwa.2023.v2i1.7701

Rustanto, A. E. (2016). Kepercayaan diri dan efikasi diri terhadap kematangan karir mahasiswa di politeknik LP3I jakarta kampus jakarta utara. Jurnal Lentera Bisnis, 5(2), 2.

Santrock, J. W. (2007). Adolescence (J. W. Santrock (ed.); English: 1). McGraw-Hill.

Santrock, J. W. (2011). Life-span development (13th ed.). McGraw-Hill.

Sari, Y. K. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Pengembangan Karir dan Self-Efficacy terhadap Kinerja Karyawan PT. Carsurindo Siperkasa. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14843

Sinuraya, J. C., Pranandari, K., & Sartika, S. (2022). Efikasi Diri Dan Kematangan Karir Pada Mahasiswa. Arjwa: Jurnal Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.35760/arjwa.2022.v1i1.7299

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Edisi kedu). Alfabeta.

Susantoputri, Maria Kristina, & William Gunawan. (2014). Hubungan antara efikasi ddiri karier dengan kematangan karier pada remaja di daerah kota tangerang. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(Juni), 59–65.

Umma, F. A. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kematangan karir mahasiswa tarbiyah UIN malik ibrahim malang.

Yuniarti, N. (2019). Pengaruh Self-Concept, Career Self Efficacy, dan Dukungan Sosial terhadap Kematangan Karir Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. In Skripsi




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i1.24995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.