Kesabaran terhadap Self Acceptance pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau

Dea Nurul Islam, Ahmad Hidayat

Abstract


Mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi akan mengalami berbagai kesulitan seperti permasalahan ingin memiliki citra tubuh yang ideal dan sulitnya menemukan teman yang cocok atau mengalami kesepian. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan self acceptance adalah dengan adanya sifat sabar. Kesabaran memiliki pengaruh terhadap pengendalian diri serta pengendalian emosi yang dirasakan sehingga menjadikan mahasiswa dapat menerima dirinya dengan sepenuhnya tanpa syarat. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kesabaran terhadap self acceptance pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. Subjek penelitian berjumlah 135 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala 3-Factor Patience Scale terdiri dari 11 aitem untuk mengukur kesabaran. Self acceptance diukur menggunakan skala Berger’s self-acceptance scale yang terdiri dari 36 aitem. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software smartPLS 3.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa kesabaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap self acceptance. Artinya, semakin tinggi kesabaran maka semakin tinggi pula self acceptance pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau.


Keywords


Kata Kunci: Mahasiswa, Kesabaran, Self Acceptance.

Full Text:

PDF

References


Arham, S., Ahmad, A., & Ridfah. (2017). Penerimaan diri pada mahasiswa drop out. Jurnal Psikoislamedia, 2(1), 1–14. Diunduh dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/1819 tanggal 20 Januari 2023.

Arraiyah, M. H. (2002). Sabar kunci surga. Jakarta: Khazanah baru.

Astiza, L., Sumarna, N., & Herik, E. (2022). Konsep diri dengan penerimaan diri pada mahasiswa. Jurnal Sublimapsi, 3(2), 162–172. Diunduh dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/sublimapsi/article/view/25513 tanggal 20 Januari 2023.

Berger, E. M. (1952). The relation between expressed acceptance of self and expressed acceptance of others. Journal of Abnormal and Social Psychology, 47(4), 778–782. Diunduh dari https://doi.org/10.1037/h0061311 tanggal 20 Januari 2023.

Bernard, M. E. (2013). The strength of self-acceptance theory, practice and research. In M. E. Bernard (Ed.), (2013). Springer Science+Business Media. Diunduh dari https://doi.org/10.1007/978-1-4614-6806-6 tanggal 20 Januari 2023.

Chamberlain, J. M., & Haaga, D. A. F. (2001). Unconditional self-acceptance and psychological health. Journal of Rational - Emotive and Cognitive - Behavior Therapy, 19(3), 163–176. Diunduh dari https://doi.org/10.1023/A:1011189416600 tanggal 20 Januari 2023.

Ghozali, I. (2011). Structural equation modeling metode alternatif dengan partial least square (pls)(3rd.ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & E, R. A. (2013). Multivariate Data Analysis (seventh ed). SAGE Publications,Inc Diunduh dari https://www.drnishikantjha.com/papersCollection/Multivariate%20Data%20Analysis.pdf tanggal 20 Januari 2023.

Hidayat, A., Azhar, M., Anis, M., Purnomo, H., & Muliadi, R. (2023). Characteristics of Patience in Parents with Autistic Children: A Phenomenological Study. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(1), 86–101. Diundari dari https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17498 tanggal 25 September 2023.

Hurlock. (1976). Personality development. New Delhi:Tata McGraw-Hill Publishing Company LT.

Joseph F Hair, J., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeeling {PLS-SEM). New York: Plenum Press.

Karpika, I. P., & Segel, N. W. W. (2021). Quarter life crisis terhadap mahasiswa studi kasus di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas pgri mahadewa indonesia. Widyadari, 22(2), 513–527. Diunduh dari https://doi.org/10.5281/zenodo.5550458 tanggal 25 September 2023.

Listiari, E. (2011). Hubungan antara tingkat religiusitas dan pengendalian diri pada remaja tingkat SMA. Jurnal Psikologi, 7, 56–66. Diunduh dari https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/129/125 tanggal 20 Januari 2023.

Marettih, A. K. E., Ikhwanisifa, Susanti, R., & Ramadhani, L. (2022). Gambaran resilensi akademik mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi covid-19. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 3(3), 140–153. Diunduh dari https://doi.org/DOI : 10.24014/pib.v3i3.18771 tanggal 25 September 2023.

Maryam, S., & Ifdil, I. (2019). Relationship between body image and self-acceptance of female students. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(3), 129–136. Diunduh dari https://doi.org/10.24036/4.23280 tanggal 20 Januari 2023.

Misrawati, D., Mariyam, R. R., & Deviana, D. (2019). Dampak adiksi media sosial terhadap penerimaan diri dan kelekatan dalam relasi sosial ( Adult Attachment ). Biopsikososial, 2(2). Diunduh dari https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/biopsikososial/article/view/7365 tanggal 20 Januari 2023.

Mubarok, A. (2001). Psikologi Qur’aini. Jakarta: Pustaka firdaus.

Partini, Susatyo Yuwono, Soleh Amini, Adiba Salma, Y. P. S. (2023). Penerimaan diri ditinjau dari kebersyukuran dan kesabaran ibu dengan anak berkebutuhan khusus self-acceptance is seen from the gratitude and patience of mothers with children with special needs. Psycho Idea, 21(1), 36–45. Diunduh dari https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/psychoidea.v21i1.15759 pada tanngal 25 September 2023.

Parwati, N., Yuwono, D., & Sugiharto, P. (2022). Hubungan kontrol diri dan pengalaman mengikuti konseling kelompok terhadap penerimaan diri siswa di sekolah menengah pertama. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 195–203. Diunduh dari https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp/article/view/220 tanggal 20 Januari 2023.

Rachmatullah, T. R. (2021). Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Perantau di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Negeri Islam Ar-Raniry,Banda Aceh.

Rahmawati, S. (2017). Pengaruh Religiusitas Terhadap Penerimaan diri Orangtua Anak Autis di Sekolah Luar Biasa XYZ. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1), 17–24. Diunduh dari https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/248 tanggal 25 September 2023.

Rifai, A. (2015). Partial least square-structural equation modeling ( PLS-SEM ) untuk mengukur ekspetasi penggunaan repositori lembaga ( Pilot Studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ).Al-Maktabah, 14, 56–65. Diunduh dari https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/2251 tanggal 20 Januari 2023.

Salma, A. (2020). Penerimaan Diri Ibu Dengan Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau Dari Kesabaran. (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta,Jawa Tengah.

Santrock, J, W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta:Erlangga.

Schnitker, S. (2012). The Journal of Positive Psychology : Dedicated to furthering research and promoting good practice An examination of patience and well-being. 7(4), 263–280. Diunduh dari https://doi.org/10.1080/17439760.2012.697185 tanggal 20 Januari 2023.

Widiastuti, M., & Yuniarti, K. W. (2017). Penerimaan diri sebagai mediator hubungan antara religiusitas dengan kecemasan pada penyandang diabetes mellitus tipe 2. Psikologika, 22(1), 1–13. Diunduh dari https://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/view/10659 tanggal 25 September 2023.

Yusuf, M., Kahfi, D., & Ibala, M. A. (2018). Sabar dalam Perspektif Islam dan Barat.Al-Murabbi, 4(2), 233-246. Diunduh dari https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3225 tanggal 20 Januari 2023.

Yusuf, U. (2010). Sabar (konsep, proposisi, dan hasil penelitian). Bandung:Fakultas Psikologi Unisba.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v4i3.23822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.