Bagaimana Religiusitas Siswa Madrasah Aliyah Mempengaruhi Kontrol Diri?
Abstract
Kontrol diri pada siswa merupakan suatu problematika yang menjadi sorotan penting bagi sekolah dan orang tua. Kontrol diri berperan sebagai pengendalian perilaku agar individu berperilaku sesuai dengan peraturan sekolah dan sesuai dengan norma masyarakat. Beberapa hal mempengaruhi kontrol diri siswa seperti orientasi, usia, lingkungan sekolah, dan gaya pengasuhan. Religiusitas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kontrol diri siswa. Pada penelitian ini, peneliti membahas tentang bagaimana religiusitas mempengaruhi kontrol diri pada siswa. Subjek pada penelitian ini ialah 129 siswa MAN 1 Rokan Hulu, dengan cara pengambilan data menggunakan stratified random sampling. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala dari Tangney, Baumeister, dan Boone (2004) yaitu Self-Control Scale dan skala Muslim Religiosity Scale dari El-Menouar (2014). Hasil analisi regresi sederhana menunjukkan bahwa religiusitas memiliki hubungan positif dengan kontrol diri pada siswa MAN 1 Rokan Hulu. Religiusitas juga mempengaruhi kontrol diri pada siswa, dimana siswa yang mempunyai tingkat religiusitas yang tinggi akan dapat mengendalikan perilaku seperti berlaku disiplin, mematuhi peraturan sekolah, melakukan tindakan dengan perimbangan yang matang, mengerjakan tugas-tugas sekolah tepat waktu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Quran dan Terjemahan. (2014). Jakarta: Departemen Agama RI.
Desmita. (2013). Psikologi perkembangan. Bandung: Rosdakarya.
El-Menouar, Y,. (2014). The five dimensions of muslim religiosity. Results of an empirical study. Methods, Data, Analyses, 8(1), 53-78. DOI:10.12758/mda.2014.003
Fauzia, R. (2016). Hubungan self control dengan kepatuhan tata tertib pada siswa Madrasah Aliyah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. London: Sage Publication.
French, D. C., Eisenberg, N., Vaughan, J., Purwono, U., & Suryanti, T. A. (2008). Religious involvement and the social competence and adjustment of Indonesian muslim adolescents. Developmental Psychology, 44(2), 597–611. https://doi.org/10.1037/0012-1649.44.2.597
French, D. C., Christ, S., Lu, T., & Purwono, U. (2014). Trajectories of Indonesian adolescents' religiosity, problem behavior, and friends' religiosity: Covariation and sequences. Child Development, 85(4), 1634–1646. https://doi.org/10.1111/cdev.12234
Ghufron, M. N., & Risnawita. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kadri, N. M., Zulkefly, N. S., & Baharudin, R. (2019). Structural relations amongst religiosity, self-control, and externalizing problems of juveniles in malaysia. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 15(1), 68–75.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2018, September 8). KPAI: 202 anak tawuran dalam dua tahun. https://www.kpai.go.id/berita/kpai-202-anak-tawuran-dalam-dua-tahun
Mahudin, N. D. M., Noor, N. M., Dzulkifli, & Janon, N. S. (2016). Religiosity among muslim : A scale development and validation study. Department of Psychology, Vol. 2, No. 2, 109-120.
Mastiyah, I. (2018). Religiusitas siswa madrasah aliyah dan sekolah menengah atas. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 232–246. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.484
Mufidah, W. A. (2017). Hubungan antara religiusitas dan kontrol diri dengan perilaku kenakalan remaja di MA darul karomah Singosari Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Ninin, Retno.H. (2019). Diri Religius: Suatu Perspektif Psikologi terhadap Kepribadian Akhlakul Karimah. Psikis:Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 1-12.
Oliva, A., Suárez, L. A., & Meirinhos, A. R. (2019). Uncovering the link between self-control, age, and psychological maladjustment among Spanish adolescents and young adults. Psychosocial Intervention, 28(1), 49 -55. https://doi.org/10.5093/pi2019a1
Ridder, D.D., Adriaanse, M., & Fujita, K. (2018). The routledge international handbook of self-control in health and well-Being. New York: Routledge.
Smith, C. (2003). Theorizing religious effects among American adolescents. The Journal for the Scientific Study of Religion, 42(1), 17-30. https://doi.org/10.1111/1468-5906.t01-1-00158
Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self-control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 272-322.
World Health Organization. (2019). Global youth tobacco survey. Diunduh dari: https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/indonesia-gyts-2019-factsheet-(ages-13-15)-(final)-indonesian-final.pdf?sfvrsn=b99e597b_2
Zhafira, A. (2017). Efek moderasi kepercayaan politik terhadap hubungan antara religiusitas islam dan intoleransi politik. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v4i2.21944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin
Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.