Karakteristik Remaja dan Potensi Penyalahgunaan Narkoba

Kemala Fitri, Yulita Kurniawati Asra

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik remaja dan potensinya dalam penyalahgunaan narkoba. Remaja adalah sebuah fase dalam rentang kehidupan yang berada diantara fase anak dan fase dewasa. Masa remaja di tandai oleh perubahan fisik, emosional, intelektual, seksual dan sosial. Remaja memiliki tugas perkembangan yang beragam, namun ketidak mampuan remaja dalam menjalankan tugas perkembangan menjadikan remaja terjerumus dalam bentuk kenakalan remaja. Penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu bentuk kenakalan remaja. Penyalahgunaan narkoba adalah penyalagunaan zat atau obat terlarang secara berlebihan tanpa tujuan medis atau indikasi tertentu. Kemudahan mengakses informasi menjadikan perkembangan penyalahgunaan narkoba semakin marak. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan bagaimana kehidupan remaja agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Karakteristik remaja yang berpotensi dalam penyalahgunaan narkoba adalah yang suka mencoba hal baru, rasa ingin tahu yang tinggi, cenderung melawan peraturan, keinginan membentuk kelompok dan menjadi anggota suatu kelompok, pendirian yang labil dan mudah terpengaruh, perkembangan identitas, pencarian perhatian, konflik dengan keluarga, dan pergaulan yang intens dengan teman sebaya. Penyalahgunaan narkoba membutuhkan penangan dan kepedulian dari berbagai pihak. Bukan hanya dari keluarga namun juga dari lingkungan, baik itu lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Keywords


Remaja; Kenakalan Remaja; Penyalahgunaan Narkoba

Full Text:

PDF

References


Alifia, Ummu. 2008. Apa Itu Narkotika dan Napza?. Semarang: PT Bengawan Ilmu.

Amanda, Maudy, Pritha., dkk. 2017. Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian & PPM, Vol. 4, No.2.

Bachtiar, Arief. 2021. Faktor-Faktor Resiko Penyalahgunaan Obat Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Terapan, Vol. 07, No. 01.

Badan Narkotika Nasional. 2013. Naskah Cetak Biru Pemberdayaan Masyarakat.

Dirjosisworo, Soedjono. 1987. Hukum Narkotika Nasional. Bandung: PT Alumni.

Hawari, Dadang. 1990. Al-Quran: Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

Hurlock, E, B. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hurlock, E, B. 2000. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Rajawali.

Mappiare, Andi. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional

Martono, Harlina, Lydia dan Joewana, Setya. 2008. Belajar idup Bertanggung Jawab, Menangkal Narkoba dan Kekerasan. Jakarta: Balai Pustaka.

Putri, Sahara, Sabilah., Budyanra. 2017. Determinasi Status Penyalahgunaan Narkob Pada Remaja Usia 15-24 Tahun Di Indonesia Tahun 2017. Seminar Nasional Official Statistics 2019: Pengembangan Official Statistic dalam Mendukung Implementasi SDG’s

Soetjiningsih. 2004. Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Sunarwiyati. 1985. Pengukuran Sikap Masyarakat terhadap Kenakalan Remaja. Jakarta: Laporan Penelitian UI.

Tambunan, Roselina., dkk . 2008. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pengguanan NAPZA pada Remaja Di Balai Pemulihan Sosial Bandung. Jurnal Keperwatan Indonesia. Volume 12, No. 2; hal 63-69

Wulandari, Ade. 2014. Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Anak, Vol. 2, No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v4i2.21270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.