Intervensi Kecemasan Pada Mahasiswa : Literature Review
Abstract
Mahasiswa yang mengalami kecemasan akan menarik diri dari lingkungan sosial, mudah tersinggung, sulit tidur. Hal-hal ini bisa mengganggu aktivitas dari mahasiswa maupun hasil akademik yang akan diperoleh oleh mahasiswa. Selain itu hal ini juga bisa berdampak negatif terhadap lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi intervensi kecemasan pada mahasiswa. Penelitian ini disusun dengan kajian literatur deskriptif. Kriteria inklusi dalam pencarian literatur yang digunakan 1) artikel diterbitkan dalam rentang waktu 10 tahun terakhir yaitu 2013-2022; 2) subjek penelitian pada literatur yaitu mahasiswa; 3) artikel membahas mengenai intervensi kecemasan pada mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan temuan dan peneliti mengelompokkan 4 kategori intervensi kecemasan pada mahasiswa yaitu (1) cognitive therapy yang mencakup pelatihan berpikir positif, thought stopping, virtual reality, terapi relaksasi nafas, terapi tertawa, (2) behavior therapy yang mencakup expressive writing therapy, terapi relaksasi progresif, (3) art therapy yang mencakup mewarnai mandala, terapi warna hijau, dan (4) aromaterapi lavender.
Kata kunci: intervensi kecemasan mahasiswa, kecemasan, literature review
Full Text:
PDFReferences
Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-Iii Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2), 131-139
Azhari, T. R., & Mirza, M. (2017). Hubungan Regulasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Syiah Kuala.
Carisa, F., & Wahyuni, O. D. (2022). Effect Of Progressive Muscle Relaxation On Anxiety Level Of Medical Faculty Students In Indonesia. E-Clinic, 10(2), 250-256.
Duarsa, H. A. P., & Angraini, D. I. (2020). Hubungan Efikasi Diri Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2018. Medical Profession Journal Of Lampung
Faradina, S., Badal, S. S. A., Natasya, M., Kamilah, K., Oviyani, E., Belangi, M., ... & Sumarno, S. (2019). Pengaruh Mewarnai Mandala Terhadap Menurunnya Kecemasan Pada Mahasiswa Di Banda Aceh. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 2(2), 108-121.
Fatmawati, J., & Laksmiwati, H.(2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi Pada Mahasiswa.
Fitria, R. (2020). Pelatihan Berpikir Positif Untuk Mengurangi Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Hayat, A. (2017). Kecemasan Dan Metode Pengendaliannya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 12(1).
Harini, N. (2013). Terapi Warna Untuk Mengurangi Kecemasan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 291-303.
Herdiani, W. S. (2013). Pengaruh Expressive Writing Pada Kecemasan Menyelesaikan Skripsi. Calyptra, 1(1), 1-19.
Hidayat, E. (2017). Pengaruh Terapi Relaksasi Progresif Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Mahasiswa Tingkat Iii Akper Muhammadiyah Cirebon.Jurnal Keperawatan Soedirman
Kasim, I. L., Widyastuti, W., & Ridfah, A. (2021). Peranan Mewarnai Mandala Dalam Menurunkan Kecemasan Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Journal Of Psychological Science And Profession, 5(2), 140-150.
Khouw, N. S., & Setyawan, A. (2021). Pengaruh Aromaterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Keperawatan Stikes Surya Global Yogyakarta. Nursing Science Journal (Nsj), 2(1), 27-38.
Lianasari, D., & Purwati, P. (2021). Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Teknik Thought Stopping Untuk Mengurangi Anxiety Academic Terhadap Skripsi. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 117-126.
Machmudati, A., & Diana, R. R. (2017). Efektivitas Pelatihan Berpikir Positif Untuk Menurunkan Kecemasan Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa. Jip (Jurnal Intervensi Psikologi), 9(1), 107-127.
Malfasari, E., & Erlin, F. (2017). Terapi Thougth Stopping (Ts) Untuk Ansietas Mahasiswa Praktik Klinik Di Rumah Sakit. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(3), 444-450.
Mas, M. N. F. B. (2019). Pengaruh Pemberian Pelatihan Berpikir Positif Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Pujiati, L., Hartati, B., & Mulya, R. (2022). Pengaruh Terapi Tertawa Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi Di Stikes Flora.Jurnal Kebidanan, Keperawatan Dan Kesehatan (Bikes)
Retnoningtyas, D. W., Atmaja, A. G. A. A., Pratiwi, A. I., & Rahayu, K. D. A. (2019). Pengaruh Expressive Writing Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Mandala, 1(1).
Rinera, I., & Retnowati, S. (2020). Pengaruh Pelatihan Mbsr Terhadap Kecemasan Pada Mahasiswa Baru. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychology (Gamajpp), 6(2), 205-216.
Rohmadani, Z. V. (2017). Metode Future Pacing Hypnotherapy Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru. Jhes (Journal Of Health Studies), 1(2), 125-129.
Rosliani, N., & Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Pengurus Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (Ilmpi). Jurnal Empati, 5(4), 744-749.
Salcha, M. A. (2018). Pengaruh Terapi Tertawa Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa S1 Keperawatan Yang Menghadapi Ujian Akhir Skripsi Di Stikes Binagenerasi Polewali Mandar.
Sari, D. P., Nugroho, H., & Iskandar, A. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Sebelum Menghadapi Osce: An Overview Of Anxiety Levels Of Medical Faculty Students Mulawarman University Before Osce. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(4), 482-488.
Sari, D. W., & Abdullah, S. M. (2021). Thought Stopping Untuk Menurunkan Kecemasan Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jip (Jurnal Intervensi Psikologi), 13(2).
Sari, F. W., & Fauziah, N. (2019). Hubungan Antara Self Monitoring Dengan Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Rantau Minang Di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 8(1), 10-20.
Setyawan, A., & Oktavianto, E. (2020). Efektifitas Aromaterapi Lavender Terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Osce Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Berkala Kesehatan, 6(1), 9.
Siallagan, A. (2020). Pengaruh Terapi Warna Hijau Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian. Elisabeth Health Jurnal
Suharsono, Y., & Anwar, Z. (2020). Analisis Stres Dan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa. Jurnal Online Psikologi, 8(1), 1-12.
Susanti, R., & Supriyantini, S. (2013). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 9(2), 119-129.
Triwahyuni, L., Zukhra, R. M., & Jumaini, J. (2021). Efektivitas Relaksasi Nafas Dalam Dan Aromaterapi Lavender Terhadap Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Ujian Skill Laboratory. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 10(2), 175-182.
Utami, E. S., & Oktarisa, F. (2021). Virtual Reality Berbasis Cognitive Behavior Therapy Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2(2), 259-267.
Walean, C. J., Pali, C., & Sinolungan, J. S. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Biomedik: Jbm, 13(2), 132-143
Wanito, T. S. (2018). Pengaruh Terapi Warna Hijau Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Angkatan 2013 Di Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2017 (Doctoral Dissertation, Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v4i1.20628
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin
Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.