Gambaran Resilensi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19

Anggia Kargenti Evanurul Marettih, Ikhwanisifa Ikhwanisifa, Rita Susanti, Laila Ramadhani

Abstract


Resiliensi akademik merupakan kondisi individu yang mampu bertahan, melewati serta berhasil dalam mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi sepanjang kehidupan akademik. Salah satu hambatan yang terjadi dalam kehidupan akademik pada mahasiswa adalah pengerjaan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resilensi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Resiliensi akademik diukur dengan menggunakan The Academic Resilience Scale (ARS-30) yang disusun oleh Cassidy (2016) yang telah diadaptasi dan dimodifikasi oleh Kumalasari, Luthfiyanni, dan Grasiaswaty (2020). Sampel penelitian berjumlah 517 ditentukan dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memiliki resiliensi akademik yang cukup baik namun belum optimal. Hal ini terlihat juga dari dari 3 komponen, Perseverance (Kategori rendah), Reflecting and adaptive help-seeking (kategori tinggi) dan Negative affect and emotional response (kategori rendah). Hasil independent sample t-test menemukan tidak ada perbedaan resiliensi akademik antara mahasiswa laki-laki dan perempuan (t=1,013, p=0,311). Artinya, baik mahasiswa laki-laki maupun perempuan memiliki resiliensi akademik dalam katagori yang sama. Resiliensi penting bagi mahasiswa, sehingga perlu dilatih agar dapat bertahan dan menghadapi situasi situasi sulit dan yang tidak menyenangkan tidak hanya dalam kehidupan akademik saja melainkan dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Andriani, A., & Listiyandini, R. A. (2017). Peran kecerdasan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat awal. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 67–90. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1261.

Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cassidy, Simon (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7(), –. doi:10.3389/fpsyg.2016.01787

Eva, N., Parameitha, D.D., Farah, F., & Nurfitriana, F. (2021). Academic Resilience and Subjective Well-Being amongst College Students using Online Learning during the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 202–214. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8206

Grayson, Paul A., & Meilman, Philip W. (2008). College Mental Health Practice. New York: Rouledge Taylor & Francis Group.

Harahap, Ade Chita P., Harahap, Samsul R., Harahap, Dinda P. 2020. Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10 (2), 240-247. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8541

Isaacs, Albert J. 2014. Gender Differences in Resilience of Academic Deans. Journal of Research in Education, 24(1), 112-119.

Kumalasari, D., Luthfiyanni., & Grasiaswaty. 2020. Analisis Faktor Adaptasi Resiliensi Akademik Versi Indonesia: Pendekatan Eksploratori dan Konfirmatori. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 9 (2), 353-368.

Krejcie, Robert V., & Morgan, Daryle W. 1970. Determinig Sample Size For Research Activities. Educational and Psychological Measurement, Research Article, 1. http://doi.org/10.1177/001316447003000308.

Lady, Grace M., "How can I help? Investigating the Role of Social Supports in Academic Resilience for Undergraduate Students" (2021). Senior Theses. 429.

https://scholarcommons.sc.edu/senior_theses/429

Latif, Suciani., Amirullah, Muhammad. 2020. Students’s Academic Resilience Profile Based Gender and Cohort. Jurnal Kajian dan Bimbingan Konseling, 5(4),172-182. http://dx.doi.org/10.17977/um001v5i42020p175

Muhyiddin, M. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240-252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118.

Mallick, Mihir K., & Kaur, Simranjit 2016. Academic Resilience among Senior Secondary School Students: Influence of Learning Environment. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities (ISSN 0975-2935) Special Issue, 8(2), 20-27. http://dx.doi.org/10.21659/rupkatha.v8n2.03.

Martono, N. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Depok: Raja Grafindo.

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267–281. https://doi.org/10.1002/pits.20149

Mahat, Marian. 2021. Academic resilience in times of COVID - World leading higher education information and services. https://world.edu/academic-resilience-in-times-of-covid/. Diunduh pada tanggal 16 Maret 2022.

Tambunan, H. 2021. Dampak Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Resiliensi, Literasi Matematis Dan Prestasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 70-76. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2490

Ramadhani, L., & Marettih, A.K.E. 2022. Self Compassion dan Resilensi Akademik Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Radhamani K., & Kalaivani, D. 2020. Academic Resilience among Students: A Review of Literature. International Journal of Research and Review, 8 (6), 360-369. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210646

Reivich K, Shatte A. 2002. The Resilience Factor; 7 Essential Skill For Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. First Edition. New York: Broadway Books.

Sambu, L., Mhongo.(2019). Age And Gender in Relation to Resilience After The Experience Of Trauma Among Internally Displaced Person (IDPS) In Kiambaa Village, Eldoret East Sub-Country, Kenya. Journal of Psychology and Behavioral Sciences, 7(1), 31-40. https://doi.org/10.15640/jvps.v7n1a4

Sari, P.K.P., & Indrawati, E.S. (2017). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14979.

Sari, S.P., Aryansyah., J.E., Sari, K. (2020). Resiliensi Mahasiswa Dalam Menghadapi pandemi Covid-19 dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 17-22. https://doi.org/10.15294/ijgc.v9i1.38674

Sujadi, E., Yandri, H., Juliawati, D. (2022). Perbedaan Resiliensi Siswa Laki-laki dan Perempuan yang Menjadi Korban Bullying. Psychoepicentrum Review, 3(2), 174-186. https://doi.org/10.26539/pcr.32665

Usman, I., Ilham A., Tabo, W. (2020). Pola Pendidikan Keagamaan Dalam Menyikapi Resiliensi di Panti Asuhan Darul Istiqomah. The Theacher of Civilization: Islamic Education Journal, 1(2). https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jpai/article/view/1176

Wahidah. 2018. Resiliensi Akdemik Perspektif Psikologi Islam. Proceeding National Conference Psikologi UGM. Yogyakarta.

Wagnild, G.M. (2010). Discovering Your Resilience Core. Diunduh dari: http://resiliencescale.net/paper/pdfs/Discovering_Your_Resilience_Core.pdf

Wagnild, G.M (2013). Development and Use of Resilience Scale (RS) with Middle-Aged and Older Adults. New York: Springer Science Business Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v3i3.18771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.