Menentukan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bayumas

Muhammad Marizal

Abstract


HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang penyakit. Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom). HIV/AIDS dapat menyerang segala kalangan. Pada kesempatan kali ini, penulis membuat hubungan antara kelompok umur, jenis kelamin dan jenis pekerjaan pada penderita HIV/AIDS di Kabupaten Banyumas. Dari data yang diperoleh, jumlah ODHA mengalami peningkatan dari tahun 2013-2015. Untuk mengetahui hubungan antara faktor tersebut digunakan uji independensi chi-square yang diperoleh terdapat hubungan antara Jenis kelamin terhadap umur dan atara Jenis kelamin terhadadp jenis pekerjaan

Full Text:

PDF

References


Ekström, Anna Mia, Anders Ragnarsson, dan Anna Thorson.2004,Gender and HIV/AIDS in Eastern Europe and Central Asia. Sweden : World Health Organization.

Dapartemen Kesehatan Republik Indonesia.2013,Situasi HIV/AIDS di Indonesia Tahun 1987-2006. Jakarta : Current Infectious Disease Reports.

Ewen, Robert B. “Chi Square,” Workbook for Introductory Statistics for The Behavioral Sciences. Hal. 177-186, 1976.

Wahyudi, David, dan A. Djamaris.2018,Metode Statistik Untuk Ilmu dan Teknologi Pangan. Jakarta : Penerbit Universitas Bakrie.

Supriyadi. “Bahan Ajar Teori dan Konsep Dasar Statistika dan Lanjut,” Universitas Udayana. Hal 1-66. 2017.

Trimawartinah. “Bahan Ajar Statistik Non Parametrik” Universitas Muhamadiyah

Prof. DR. Hamka. Hal 35. 2020.

Roselinda, Holy Arif W, dan Vivi S. “Karakteristik Pekerjaan pada Kasus Human Immunodeficiency Virus-1 dan Subtipenya di Tujuh Provinsi di Indonesia pada Tahun 2011,” Kementrian Kesehatan. Hal 1-6. 2015.

Kambu, Yowel, Agung W, dan Kuntarti. “Umur Orang dengan HIV AIDS (ODHA) Berhubungan dengan Tindakan Pencegahan Penularan HIV,” Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 19 No. 3. Hal. 200-207. November 2016.

Yunior, Novita. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian HIV/AIDS

di RSUD Kabupaten Bekasi Tahun 2018,” Karya Tulis Ilmiah. Juni 2018. Negara, Igo Cahya. “Penggunaan Uji Chi Square untuk Mengetahui Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Umur Terhadap Pengetahuan Penasun mengenai

HIV-AIDS di Provinsi DKI Jakarta,” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya. 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v2i3.18343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.