Sabar dan Stres Akademik pada Mahasiswa

Intan Fara Dilla, Reni Susanti

Abstract


Mahasiswa memiliki kewajiban menyelesaikan berbagai aktivitas akademisi sesuai dengan prosedur perkuliahan, ketika kewajiban tersebut tidak mampu dikelola dengan baik, maka berpeluang mengalami tekanan yang disebut dengan stres akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan sabar dengan stres akademik pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan alat pengumpulan data berupa skala stres akademik berdasarkan teori Lin & Chen (2009) dan skala sabar berdasarkan teori Subandi (2011). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 350 mahasiswa/i UIN Suska Riau dengan teknik pengambilan sampel yaitu stratified cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis product moment Pearson. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan antara sabar dengan stres akademik pada mahasiswa UIN Suska Riau. Sumbangan efektif antara sabar dengan stres akademik pada mahasiswa UIN Suska Riau sebesar 1,3 %. Hal ini berarti tinggi rendahnya sabar pada mahasiswa berkaitan dengan stres akademik.

Kata Kunci : Mahasiswa, Sabar, Stres Akademik


Full Text:

PDF

References


Al-Quran

Abdullah, Muhammad. (2005). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, 4, 5, 6, dan 7. (M. Abdul Ghoffar; Abdurrohim Mu’thi; Abu Ihsan Al-Atsari, Penerjemah). Bogor: Pustaka Imam Syafi’i.

Agolla, J. E & Ongori, H. (2009). An Assessment of Academic Stress among Undergraduate Students: The Case of University of Bostwana. Educational Research and Review, 4, 2, 063-070.

Agte, V. V & Chiplonkar, S. A. (2007). Linkage of Concepts of Good Nutrition in Yoga and Modern Science. Current Science, 92, 7, 956-961.

Al-Jauziyah. (2006). Kemuliaan Sabar dan Keagungan Syukur. Yogykarta: Mitra.

Amin, S. M & Al-Fandi, H. (2007). Kenapa Harus Stres: Terapi Stres Ala Islam. Jakarta: Amzah.

Atiningsih, W & Uyun, Q. (2008). Hubungan antara Kesabaran dengan Prokratinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

(2013). Dasar-Dasar Psikometri. 2013. Yogykarta: Pustaka Belajar.

Dipoalam, M & Uyun, Q. (2008). Hubungan antara Kesabaran dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Habeeb, Khan Tanveer. (2016). A Study of Relationship Between Patience, Confidence and Stress Level Among Adolescents. International Journal of Educational Research Studies, 2, 9, 685-689.

Hafiz, S. E., Rozi, F., Mundzir, I., dan Pratiwi, L. (2012). Konstruk Psikologi Kesabaran dan Perannya dalam Kebahagiaan Seseorang. Naskah publikasi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Hartono. (2013). SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jauziyah, Ibnu Qayyim. (2010). Uddatush Shabirin: Bekal untuk Orang-orng yang Sabar. Jakarta: Qisthi Press.

Krejie, R. V & Morgan, D. W. (1970). Determining Sample Size or Research Activities. Educational and Psychological Measurement, 30, 607-610.

Lin. Y. M & Chen. F. S. (2009). Academic Stress Inventory of Students at Universities and Colleges of Technology. World Transactions on Engineering and Technology Education, 7, 2, 157-162.

Lin, Y. M., Lin, S. C., Wang, M. Y., dan Chen, F. S. (2009). What Causes the Academic Stress Suffered by Students at Universities and Colleges of Technology ?. World Transactions on Engineering and Technology Education, 7, 1, 77-81.

Nurmaliyah, Faridah. (2014). Menurunkan Stes Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Jurnal Pendidikan Humanioran, 2, 3, 273-282.

Paludi, Salman. (2009). Identiikasi dan Pengaruh Keberadaan Data Pencilan (Outlier) Studi Kasus Jumlah Kunjungan Wisman dan Pengunjung Asing ke Indonesia Melalui Pintu Masuk Makasar Antara Bulan Januari 2007 s.d. Juli 2008. Majalah Ilmiah Panorama Nusantara edisi VI, 5-62.

Purwati, Suci. (2012). Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Putri, Saphira., Zulharman., dan Firdaus. (2015). Hubungan Adversity Quotient dengan Tingkat Stres Akademik pada Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Naskah publikasi. Pekanbaru: Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Putri, Vedora. K. H. (2015). Hubungan antara Kemandirian dengan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Merantau di Salatiga. Skripsi. Salatiga: Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana.

Rakhmawati, Indriana., Farida, Pipin., dan Nurhalimah. (2014). Sumber Stres Akademik dan Pengaruhnya terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan DKI Jakarta. Jurnal Keperawatan, 2, 3, 72-84.

Safitri, Ajeng & Kumolohadi, RA Retno. (2008). Hubungan antara Kesabaran dengan Stres Menghadapi Ujian pada Mahasiswa. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Shihab, Quraish. (2004). Tafsir Al-Mishbah Volume 1. Jakarta: Lentera Hati.

Sofian, Mardyan. (2012). Pengaruh Kematangan Emosi dan Kecerdasan Spiritual terhadap Manajemen Stres dalam Belajar Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alaudin Makassar. Naskah publikasi. Makassar: UIN Alaudin.

Subandi. (2011). Sabar: Sebuah Konsep Psikologi. Jurnal Psikologi, 38, 2, 215-227.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v3i3.17382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.