Refleksi Peran Guru Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Bil Qolam di Lembaga Nonformal

Lailun Nuril Qoyyima, Muhammada Muhammada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam penerapan metode Bil Qolam untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an d TPQ Raudlotul Ulum. Metode Bil Qolam merupakan metode belajar membaca Al-Qur’an yang menekankan pengulangan, pelafalan yang tepat, dan penggunaan irama untuk membantu siswa memahami bacaan secara lebih mudah dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalu

i observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan penerapan metode Bil Qolam. Guru berperan sebagai penyampai materi, fasilitator, motivator, dan evaluator dalam proses pembelajaran. Peran aktif guru mendorong peningkatan kemampuan siswa, mulai dari mengenal huruf hijaiyah hingga membaca ayat-ayat pendek dengan lancar. Penelitian ini menegaskan bahwa keterampilan pedagogis guru, kemampuan beradaptasi, serta pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an di lembaga pendidikan nonformal. Guru juga mampu mengatasi tantangan berupa ketidakhadiran siswa dan perbedaan kemampuan dasar membaca siswa dengan bimbingan khusus. Temuan ini menegaskan bahwa keberhasilan metode Bil Qolam tidak hanya bergantung pada teknik yang digunakan, tetapi juga kesiapan pedagogis dan sensitivitas guru dalam mengelola kelas secara inklusif dan adaptif. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan, Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsiran Al Qur’an, Departemen Agama RI. Jakarta, 1971.

Azri, Qaulan Raniyah. “Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Pendidikan Sosial Dan Humaniora 3, no. 4 (2024): 4859–84.

Budiman, Mamdukh, and | Maharot. “Aksiologi Rekonstruksi Pendidikan Islam Perspektif Al Syaibani.” Maharot: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (2018): 49–70. http://ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot.

Damsir, Damsir, and Muhammad Yasir. “Pemikiran Pendidikan Islam Zakiah Daradjat Dan Konstribusinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia.” An-Nida’ 44, no. 2 (2020): 213. https://doi.org/10.24014/an-nida.v44i2.12947.

Fadila, Inayatul. Peran Guru Al- Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Metode Bil Qolam Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Irsyadul Mubtadi’in Singosari Malang, 2022.

Hariana, Kadek. “Vygotsky’s Sociocultural Theory Constructivism in Art Education.” EJ: Education Journal 2, no. 1 (2021): 48–59. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/eduj.

Moch Dzulfikar Arif , Drs. H. Anwar Sa’dullah, M.Pd.I, Adi Sudrajat M.Pd.I. “Penerapan Metode Bil Qolam Dalam Pembelajaran Al Qur’an Di SMAI Al Maarif Singosari Malang.” VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 5 (2021): 196–202.

Murtadho, Basori Alwi. Buku Panduan Metode Praktis Belajar Al-Qur’an Bilqolam. Malang: Pengurus Pusat Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PIQ) Singosari, 2014.

Nurhidin, Edi. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas.” Edudeena : Journal of Islamic Religious Education 6, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.136.

Prastowo. “Implementasi Metode Bil Qolam Dalam Menginterpretasi Bacaan Al-Qur’an (Studi Kasus) Di Mi Al Maarif 02 Singosari Malang.” Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 4 (2020): 72–81. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/3137/2823.

Ramdani, Nanang Gustri, Nisa Fauziyyah, Riqotul Fuadah, Soleh Rudiyono, Yayang Alistin Septiyaningrum, Nur Salamatussa’adah, and Aida Hayani. “Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran.” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 2, no. 1 (2023): 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31.

Saleh, Sirajuddin. “Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung.” Analisis Data Kualitatif 1 (2017): 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf.

Sudarjo, Aso, Arni Retno Mariana, and Wahyu Nurhidayat. “Makharijul Huruf Berbasis Android.” Jurnal Sisfotek Global 5, no. 2 (2015): 54–60. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2575372&val=24127&title=Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android.

Syaifullah, Adiva, Farah Maulida Rahmah, Fathatus Salamah, and Triana Srisantyorini. “Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Mengembangkan Bacaan Al-Qur’an.” Artikel, 2021, 1–4.

Taufiq, Muhammad. “Penerapan Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Pendidikan Agama Islam : Pendekatan Yang Inklusif” 3, no. 1 (2025): 205–10.

Tomlinson, Carol Ann. “Differentiation of Instruction in the Elementary Grades,” no. 4 (2016): 1–23.

Wahid, Abdurrahmanwahid, Benny Prasetiya, and Heri Rifhan Halili. “Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Ummi Di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsandesa.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan 6, no. 2 (2021): 41–46. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.693.

Wahyuni, Ida Windi. “Penerapan Nilai-Nilai Moral Pada Santri Tpq Al-Khumaier Pekanbaru.” Generasi Emas 1, no. 1 (2018): 51–61. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2256.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v25i1.37285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats