Antara Empirisme dan Nativisme; Makna Fthrah dalam Hadits Nabi

Sulastri Sulastri, Azizah Azizah, Alfiah Alfiah, Marlizayani Marlizayani, Faridah Faridah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas komparasi antara Pendidikan Islam dengan aliran empirisme, dan pendidikan Islam dengan aliran nativisme dalam makna fithrah dalm Hadits Nabi. Secara khusus, tulisan ini membahas tentang fitrah seorang anak ketika sebelum dilahirkan ke dunia, dan perkembangannya ketika hidup di dunia dalam beragama. Hadis yang penulis gunakan dalam tulisan ini adalah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan lainnya. Dimana hadis tersebut adalah hadis yang sahih dan memiliki syahid dan mutabi’ sebagai penguat hadis tersebut Tulisan ini diproyeksian sebagai tinjauan bahwa agama (islam) itu fitrah dan bukan merupakan dari keturunan. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka. Data dikumpulkan melalui dokumentasi literatur dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: Persamaan dan perbedaan pendidikan Islam dan aliran empirisme antara lain: pertama, keduanya sepakat bahwa anak yang baru lahir adalah suci, ibarat kertas kosong yang siap ditulis oleh pendidik. Kedua, dengan adanya perbedaan konsep antara konsep fitrah dan teori empiris, maka peranan pendidik dalam konsep pendidikan Islam lebih terbatas dibandingkan dengan peranan pendidik dalam aliran empirisisme dalam membentuk serta mengembangkan kepribadian anak didik tersebut. Persamaan dan perbedaan pendidikan Islam dengan aliran nativisme yaitu: pertama, bahwa keduanya mengakui pentingnya faktor pembawaan, sehingga anak didik mempunyai peran besar dalam membentuk dan mengembangkan kepribadiaannya. Fungsi pendidik dalam hal ini hanya sebagai fasilitator. Kedua,dalam pendidikan Islam, disebabkan nilai agama memiliki kebenaran mutlak, maka pendidik bukan hanya sekedar fasilitator tetapi pendidik juga bertanggung jawab terbentuknya kepribadian muslim pada anak didik

Keywords


Hadith, Ftrah, Human

Full Text:

PDF

References


Agung, A., & Alfiah. (2021). Hadis tentang Fitrah dan Implikasinya dalam Perkembangan Manusia. 2(1), 116-121.

Ahmadi., A. 1995. Metode Penelitian Pendidikan.

Al-Qaradawi, Y., A. 1993. Fitrah Al-‘Aulad. Mesir.

Amiruddin. 2008. Kitab Shahih al-Bukhari. Jakarta: Pustaka Azzam.

Ashraf, A. 2020. Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Integral. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Basyit., A. (2017). Memahami Fitrah Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Rausyan Fikr. 13(1).

Fadilah., Tohopi. (2020). Fitrah dalam Pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung, 5(2).

Ismail. 2013. Fitrah Manusia. Jakarta; Erlangga.

Muthahhari, M. (1989). Fitrah, Jakarta: Paramadin.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sani, R., A., & Kadri, M. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami,

Tosan, D., Z., Rahmah, F., Suryani, S., Bakar, M., Y., A. (2023). Fitrah Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam, 2(1), 2023.

Zainuri. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v24i2.35074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats