Humanisasi Pendidikan Islam Perspektif Kurikulum Merdeka Dan Al-Qur’an

Shania Shania, Sartika Sartika, Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah, Tutut Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep humanisasi dalam pendidikan Islam dengan menggunakan perspektif Al-Qur'an dan Kurikulum Merdeka sebagai landasan teoritis. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif tinjauan pustaka dengan metode deskriptif-analitis, dan menggunakan metode tafsir tematik untuk mengkaji ayat-ayat al-Qur’an secara mendalam dari berbagai sudut pandang permasalahan dalam pembahasannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dalam Islam, yang sering disebut sebagai al-tarbiyah, al-ta'lim, dan al-ta'dib, memiliki tujuan utama untuk memanusiakan individu dan mengembangkan potensi manusia secara keseluruhan. Humanisasi pendidikan Islam perspektif Al-Qur'an dan dalam implementasi Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya membangun manusia secara holistik. Hal ini melibatkan pengembangan spiritual, intelektual, dan sosial, serta penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai humanis dalam pendidikan, Islam menawarkan pendekatan komprehensif untuk mempersiapkan individu menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, sesuai dengan prinsip kemanusiaan yang diwarisi dari ajaran Al-Qur'an

Keywords


Humanisasi; Pendidikan Islam; Kurikulum Merdeka; al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Rijal. “Analisis Teori Dehumanisasi Pendidikan Paulo Freire.” Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam 2, no. 1 (2017): 1–21. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jaqfi/article/view/4247.

Indy, Ryan. “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.” HOLISTIK, Journal Of Social and Culture 12, no. 4 (2019): 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.

Irawan, Hendri. “Hakikat Dan Karakteristik Manusia (Insan, Basyar, an Nas Dan Ummah) Dan Relasinya Dengan Proses Kependidikan.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 119. doi:10.24235/tarbawi.v7i2.11865.

Izzah, Ismatul. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani.” Pedagogik : Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2018): 50–68. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/219.

Ma’zumi, Ma’zumi, Syihabudin Syihabudin, dan Najmudin Najmudin. “Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Sunnah : Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6, no. 2 (2019): 193–209. doi:10.17509/t.v6i2.21273.

Masduki, M. “Orientasi Humanisme Pendidikan Islam.” Madania 2 (2012): 68–91.

Miftah, Zaini. “Warisan Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial.” Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 72–94. doi:10.36840/ulya.v4i1.212.

Muhlasin. “Konsep Manusia Dalam Prespektif Al-Qur’an.” Idarotuna 1, no. 2 (2019): 46–60.

Mulyo, Sumber, Sungai Bahu, Sungai Bahu, dan Muaro Bahu. “Konsep ta’dib dalam pendidikan islam,” n.d., 1–19.

Nafiati, Dewi Amaliah. “Dehumanisasi Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS Semester II pada MTs. Al-Azhar Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.” Desember X, no. 2 (2015): 104–16. http://www.suparlan.com:2005.

paramitha nanu, Rafiyanti. “Pemikiran Syed Naquib Al Attas Dalam Pendidikan Modern.” Tarbawi 6, no. 02 (2021): 14–29. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/3436.

RI, Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro, 2017.

Sabri, Rijal. “Karakteristik Pendidik Ideal dalam Tinjauan Alquran.” Sabilarrasyad II, no. 2548–2203 (2017): 11–30.

Shihab, MQ. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jilid 12., n.d.

———. “Tafsir Al Mishbah Jilid 14.” Diakses 25 April 2024. http://archive.org/details/tafsir-al-mishbah-prof-dr.-m.-quraish-shihab-.

Subaidi, Subaidi. “Konsep Pendidikan Islam dengan Paradigma Humanis.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2017): 26–49. doi:10.21580/nw.2016.10.1.900.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sunardin, Sunardin. “Manusia Membutuhkan Agama di Masyarakat.” Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat 4, no. 1 (2021): 1. doi:10.24853/ma.4.1.1-18.

Turmuzi, M. “Konsep Pendidikan dan Islam Sebagai Alternatif dalam Memanusiakan Manusia.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 19, no. 2 (2021).

Wati, Mila, Era Fazira, dan Abdul Fachruf. “Hakikat Pendidikan Islam (Tarbiyah, Ta’Lim Dan Ta’Dib).” Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains 2, no. 4 (2022): 83–89. doi:10.58432/algebra.v2i4.721.

Yamin, M., & Syahrir, S. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Metode Telaah Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6, no. 1 (2020).

Yohana Sianturi, dan Dinie Anggraeni Dewi. “Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari dan Sebagai Pendidikan Karakter.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no. 1 (2021): 222. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/.

Zaenal, Abidin, Muhammad Taufik, Ismail. “Perbandingan tujuan pendidikan untuk membentuk manusia ideal menurut Paulo Freire dan Muhammad Iqbal.” Suhuf 30, no. 1 (2018): 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v24i1.30683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats