Epistemologi Islam Irfani : Komparasi Al-Ghazali dan Al-Jabiri

Yogi Muhammad Akbar, Achmad Khudori Soleh

Abstract


Kajian tentang irfani sangat penting untuk dibahas sehingga masyarakat tidak hanya mendengar kata irfani diucapkan namun tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan irfani tersebut, maka disini peneliti berusaha memaparkan beberapa pemahaman tentang irfani diantaranya yakni irfani dalam pandangan Al-Ghazali dan Irfani dalam pandangan Al-Jabiri yang merupakan tokoh penting dalam pemikiran irfani ini. Tujuan dari penelitian ini adalah agar para pembaca dapat mengetahui bagaimana irfani dalam pandangan Al-Ghazali dan Al-Jabiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini sepenuhnya didasarkan pada kajian pustaka atau yang biasa disebut dengan studi literatur. Dengan sumber data primer berasal dari buku dan jurnal yang relevan dengan apa yang sedang dibahas. Hasilnya adalah 1). AlGhazali juga berpendapat bahwa ilmu kerohanian berasal dari Allah sedang ilmu intelektual bersumber dari akal manusia. Sedangkan 2). Al-Jabiri mengatakan bahwa irfani terbagi menjadi dua yakni secara sikap yaitu menghiraukan keadaan dunia namun lebih contong kepada keadaan manusia dan cenderung individual dan teori yang mana ini dianut oleh Islam yang terbagi menjadi 2 yaitu irfani dalam i’tiba dan qiyas yang mana diungkapkan dengan kasyf tentang yang tampak dalam teks dan kemudian Irfani disampaikan secara syathahat suatu pengungkapan lisan tentang kemaha kuasaan Tuhan.

Keywords


Al-Ghazali; Al-Jabiri; Irfani; Islam; Pemikiran.

Full Text:

PDF

References


Abshor, Muhammad Ulil. “EPISTEMOLOGI IRFANI (Sebuah Tinjauan Kajian Tafsir Sufistik).” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir 3, no. 2 (2018): 249. https://doi.org/10.32505/tibyan.v3i2.649.

Al-Bustomi, Ahmad Gibson, Iu Rusliana, Neng Hannah, and Maman L Hakim. “Metode Irfaani Dalam Epistemologi Islam.” UIN Sunan Gunung Jati Bandung, 2020, 3.

Amien, Miska M. “Kerangka Epistemologi Al-Ghazali.” Jurnal Filsafat 1, no. 1 (1993): 11–19.

Bahri, Samsul. “Bayani, Burhani Dan Irfani Trilogi Epistemologi Kegelisahan Seorang Muhammad Abid Al Jabiri.” Cakrawala Hukum XI, no. 1 (2015): 1–18. https://e-journal.unwiku.ac.id/hukum/index.php/CH/article/view/171.

Bisri, Kasan, Endang Supriadi, Rizqa Ahmadi, Ilmu Ushuluddin, Aqidatur Rofiqoh, Nadia Zunly, Ahmad Kali Akbar, et al. “Muh. Said.” Spiritualita 2, no. 1 (2014): 142–68. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attahdits/article/view/646.

Dalimunthe, Irwan Saleh. “PENDEKATAN IRFANI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP INKLUSIVISME BERAGAMA Dan BERKEHIDUPAN SOSIAL (Sebuah Jalan Menuju Harmonisasi Bermasyarakat Di Indonesia).” Jurnal Literasiologi 8, no. 1 (2022): 74–87. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i1.349.

Damanik, Nurliana. “Muhammad Abid Al-Jabiri.” Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam 1, no. 2 (2019). https://doi.org/10.51900/alhikmah.v1i2.4843.

Hadikusuma, Wira. “Epistemologi Bayani, Irfani Dan Burhani Al-Jabiri Dan Relevansinya Bagi Studi Agama Untuk Resolusi Konflik Dan Peacebuilding.” Jurnal Ilmiah Syi’ar 18, no. 1 (2018). https://doi.org/10.29300/syr.v18i1.1510.

Hasan, Amin. “Menyusuri Hakikat Kebenaran: Kajian Epistemologi Atas Konsep Intuisi DalamTasawuf Al-Ghazali.” At-Ta’dib 7, no. 2 (2012). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v7i2.71.

Hasan Ridwan, Ahmad. “Kritik Nalar Arab: Eksposisi Epistimologi Bayani, ’Irfan Dan Burhan Muhammad Abied Al-Jabiri.” Afkaruna 12, no. 2 (2016): hlm. 202. https://doi.org/10.18196/AIIJIS.2016.0062.187-221.

Hasyim, Mochamad. “Epistemologi Islam (Bayani, Burhani, Irfani).” Jurnal Al-Murabbi 3, no. 2 (2018): 217–28. https://doi.org/10.35891/amb.v3i2.1094.

Khairina, Arini Izzati. “Kritik Epistimologi Nalar Arab Muhammad Abed Al-Jabiri.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 4, no. 1 (2016): 103–14. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2353.

Kulsum, Ummi. “Epistemologi Islam Dalam Tinjauan Filosofis” 9, no. 2 (2020): 229–41.

KUSUMA. “Epistemologi Bayani , Irfani Dan Burhani Al-Jabiri Dan Relevansinya Bagi.” Syi’ar 18, no. 1 (2018): 19. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar/article/view/1510.

Musliadi. “EPISTEMOLOGI KEILMUAN DALAM ISLAM: KAJIAN TERHADAP PEMIKIRAN M. AMIN ABDULLAH Musliadi.” Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA 13, no. 2 (2014): 160–83.

Nurafifiah, S, Y Yurna, R Erviana, and ... “Studi Pendekatan Islam Filsafat Ilmu Dalam Pengkajian Islam (Rekontruksi Pemikiran Abed Al-Jabiri).” Jurnal … 1, no. 3 (2023). http://ejournal.alhafiindonesia.co.id/index.php/JOUPI/article/view/77.

Rangkuti, Fatima Rahma. “IMPLEMENTASI METODE TAJRIBI, BURHANI, BAYANI, DAN IRFANI DALAM STUDI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM.” Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman 4, no. 1 (2019): 41. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.787.

Rozi, Achmad Bahrur. “Hierarki Ilmu Pengetahuan Al-Ghazali : Suatu Tinjauan Filosofis” 12, no. 2 (2021). http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288.

Rozi, Fathur. “Kritik Al-Ghazali Terhadap Pemikiran Para Filosof.” PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu Dan Hikmah 5, no. 1 (2020): 1–14. https://doi.org/10.51498/putih.v5i1.59.

Soleh, A Khudori. “MODEL-MODEL EPISTEMOLOGI ISLAM.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam 2, no. 2 (2005). https://doi.org/10.18860/psi.v0i0.342.

Sulastriyani, Eva. “Epistemologi Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Muhammad Abed Al-Jabiri Dan James Frederick Ferrier.” Gunung Djati Conference Series 24 (2023): 667–79.

Suriyati, Suriyati. “Islam Dan Ilmu Pengetahuan.” Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 8, no. 2 (2020): 102–18. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.238.

Sutikno. “` IRFANI SEBAGAI PARADIGMA ETIKA KRITIS DALAM POLITIK ISLAM.” Jurnal Imu Al Quran Dan Tafsir 3, no. 1 (2020): 87–108.

Syaifudin, Roziq. “Epistemologi Pendidikan Islam Dalam Kacamata Al-Ghazali Dan Fazlur Rahman.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8, no. 2 (2013). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.323-346.

Wahyudi, Wahyudi. “Epistemologi Tafsir Sufi Al-Ghazali Dan Pergeserannya.” Jurnal THEOLOGIA 29, no. 1 (2018): 85–108. https://doi.org/10.21580/teo.2018.29.1.2070.

Wati, Indah Agus, and Uswatun Hasanah. “Studi Tasawuf Irfani.” Spiritual Healing : Jurnal Tasawuf Dan Psikoterapi 2, no. 1 (2021): 1–8. https://doi.org/10.19109/sh.v2i1.10686.

Yusuf, Mohamad Yasin. “Dimensi Epistemologi Pendidikan Islam.” Jurnal Edukasi STAIM Tulungagung 2, no. 2 (2014): 270. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI/article/view/167/133.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v24i1.29549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats