KONSEP TA’DIB PADA PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP ADAB PERGAULAN TEMAN SEBAYA

Muhammad Surya Pratama, Sri Wahyuni

Abstract


This study aims to identify and analyze the concept of ta'dib in Islamic education from the perspective of Syed Muhammad Naquib al-Attas and the form of its implementation of the application of peer association. The analysis method used is literature research by examining in depth the literature that discusses the thoughts of Syed Muhammad Naquib al-Attas related to Islamic education then analyzing the form of its implementation in the application of peer association. The main reason for choosing the concept of ta'dib Syed Muhammad Naquib al-Attas is because this concept has its own characteristics in Islamic education compared to concepts from other thinkers. Where in the concept of ta'dib this leads to aspects of spirituality, where someone who receives something (adab) is not only limited to his knowledge, but he feels the meaning of a science in the soul of someone who seeks knowledge. The author hopes that there will be an application of the concept of ta'dib in Islamic education, because if Islamic education practices the concept of ta'dib in the process, where there is an effort to seed and plant adab gradually, which involves aspects of spatiality in its order, then the goal of Islam itself is achieved, namely how to produce students with good morals, especially applying adab values in associating to their peers.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis konsep ta’dib pada pendidikan Islam dalam perspektif Syed Muhammad Naquib al-Attas dan bentuk implementasinya terhadap penerapan adab pergaulan teman sebaya. Metode analisis yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan cara mengkaji secara mendalam literatur yang membahas tentang pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas terkait pendidikan Islam kemudian dianalisis bentuk implementasinya pada penerapan adab pergaulan  teman sebaya. Alasan utama dipilihnya konsep ta’dib Syed Muhammad Naquib al-Attas dikarenakan konsep ini memiliki karakteristik tersendiri dalam pendidikan Islam dibandingkan dengan konsep dari pemikir lainnya. Dimana dalam konsep ta’dib ini mengarahkan kepada aspek spiritualitas, dimana seseorang yang menerima sesuatu (adab) tidak hanya sebatas pada pengetahuannya saja, namun ia merasakan sampainya makna dari suatu ilmu tersebut pada jiwa seseorang yang menuntut ilmu. Penulis mengharapkan adanya penerapan konsep ta’dib ini dalam pendidikan Islam, karena jikalau pendidikan Islam mengamalkan konsep ta’dib dalam prosesnya, dimana di dalamnya ada usaha penyemaian serta penanaman adab secara bertahap, yang melibatkan aspek spitualitas dalam tatanannya, maka tercapailah tujuan Islam itu sendiri yakni bagaimana melahirkan siswa yang berakhlak baik, khususnya menerapkan nilai-nilai adab dalam bergaul kepada teman sebayanya.


Keywords


Syed Muhammad Naquib al-Attas; Konsep Ta’dib; Implementasi; Pendidikan Islam; Adab Pergaulan Teman Sebaya.

Full Text:

PDF

References


Ali Syahr, A.Y. (2020). Akidah Akhlak Kelas XII MA. Jakarta: Kemenag RI.

An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gem Insani Press.

Daud, W.M. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan.

Hanafi. (2017). Urgensi Pendidikan Adab dalam Islam. Jurnal Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(1), 59-78.

Hernides. (2019). Pergaulan Remaja dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Lentera, 1(1), 27-44.

Mujib, A., Mudzakkir, J. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Mujtahid. (2013, Oktober 28). Konsep Pendidikan Islam Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Retrieved from

http://www.uinmalang.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2045:konsep-pendidikan-islam-menurut-syed-muhammad-naquib-al-Attas-1&catid=35:artikel-dosen&Itemid=210

Nafis, M.M. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: Teras.

Naquib al-Attas, S.M. (1984). Konsep Pendidikan dalam Islam; Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam; Terjemahan. Bandung: Mizan.

Naquib al-Attas, S.M. (1992). Konsep Pendidikan dalam Islam; Terjemahan. Bandung: Mizan.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Nata, A. (2012). Pemikiran Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanaky, H. (2018). Pembacaan Ulang atas Konsep Pendidikan dalam Islam. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Setiawan, D. (2016, Maret 21). Waspadalah, 72 Persen Perilaku Remaja Dipengaruhi Teman Sebaya. Retrieved from https://jateng.tribunnews.com/2016/03/21/waspadalah-72-persen-perilaku-remaja-dipengaruhi-teman-sebaya

SM, Ismail. (1999). Pemikiran Pendidikan Islam (Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Y, Gunarsa., D, Singgih. (2004). Psikologi untuk Muda-Mudi. Jakarta: Gunung Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v23i3.26173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats