Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Etika Konsumsi Islam

Putriana Putriana

Abstract


Pada zaman sekarang ini, kecendrungan melakukan konsumsi untuk mendapatkan kesenangan diri sendiri, sifatnya yang boros dan mubazir. Kondisi perilaku konsumsi seperti ini sangat bertentangan dengan etika konsumsi, prinsip dan aturan yang telah ditetapkan dalam ajaran Islam. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup terhadap etika konsumsi Islam. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat analisis SEM-Smart PLS. Penelitian dilakukan terhadap 73 orang mahasiswa jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2022 dengan prosedur pengambilan sampel secara proportional sampling. Hasil penelitian ini adalah gaya hidup berpengaruh negatif terhadap etika konsumsi Islam. Gaya hidup dapat menjelaskan etika konsumsi Islam sebesar 14.6% dan memiliki hubungan yang lemah. Secara teoritis hasil penelitian ini dapat dijadikan teori dalam bidang ilmu ekonomi Islam dan secara praktis mahasiswa harus melakukan pola konsumsi sesuai dengan aturan dan ajaran Islam yaitu sederhana, tidak mubazir, berdasarkan kebutuhan dan bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain.

 


Keywords


Kata Kunci: Gaya Hidup dan Etika Konsumsi Islam

Full Text:

PDF

References


Referensi

Aziz, A. (2008). Ekonomi Islam Analisis Mikro dan Makro (1st ed.). Graha Ilmu.

Chaudry, M. S. (2014). Sistem Ekonomi Islam: Prinsip Dasar. Kencana.

Fajirin, F. B., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Tingkat Pendapatan terhadap Perilaku Konsumsi Islami pada New Normal (Studi Kasus Masyarakat Muslim Usia Produktif di Surabaya). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 156–167. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n2.p156-167

Habibullah, E. S. (2018). Etika Konsumsi Dalam Islam. Ad-Deenar, Vol 1, No, 90–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ad.v1i01.230

Imawati, I. & S. & I. (2013). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jupe UNS, 2 No.1(1), 48–58.

Jalaluddin, & Khoerulloh, A. K. (2020). Prinsip Konsumsi dalam Islam : Tinjauan Terhadap Perilaku Konsumen Muslim dan Non-Muslim Consumption Principles in Islam : A Review of Muslim and Non-Muslim Consumer Behavior. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 3(2), 148–160.

Jenita, & Rustam. (2017). Konsep konsumsi dan perilaku konsumsi islam. JEBI: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 83.

Liling, A. (2019). Konsep Utility Dalam Prilaku Konsumsi Muslim. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 71–91. https://doi.org/10.35905/balanca.v1i1.1040

Lisma & Haryono. (2016). ANALISIS PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA DITINJAU DARI MOTIF BERTRANSAKSI (STUDI KASUS PADA MAHASISWI S1 PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN TAHUN 2012). Pendidikan Ekonomi, 09(1), 40–46. https://doi.org/: https://dx.doi.org/10.17977/UM014v09i12016p040 ANALISIS

Maulidizen, A. (2020). Analysis of Islamic Consumption Ethics Critical Toward Causes of Corona Virus in Wuhan, China. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(2), 197. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v19i2.3488

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas Hedonis dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 684–697.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Qardhawi, Y. (2011). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insani Press.

Rano, P. (2017). ANALISIS PERILAKU KONSUMSI MAHASISWI FAKULTAS SYARI’AH DAN EKONOMI ISLAM (FSEI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONTIANAK DALAM MENGIKUTI TREND FASHION (SEBUAH TELAAH TEORI KONSUMSI ISLAM). Al-Maslahah, 13(2), 247–266.

Sangadji & Sopiah, E. M. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Andi.

Tengku Ezni & Setyowardhani, H. (2014). Perilaku Konsumen. Universitas Terbuka.

Yuliany, N., & Rahmatia, R. (2020). Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, Dan Jenis Kelamin Terhadap Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Uin Alauddin Makassar. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 6(1), 12–20. https://doi.org/10.35906/jep01.v6i1.464




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v23i2.25968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats